Seputar informasi teknologi internet dan Android

Terungkap..Lupakan Batas Waktu 7 Menit, Begini Cara Untuk Menghapus Pesan WhatsApp Yang Terlanjur Dikirim

blogger templates


Terungkap..Lupakan Batas Waktu 7 Menit, Begini Cara Untuk Menghapus Pesan WhatsApp Yang Terlanjur Dikirim


Pada akhir bulan Oktober yang lalu, raksasa aplikasi pengirim pesan WhatsApp akhirnya meresmikan fitur baru nya yaitu “unsend” yaitu fitur untuk menghapus pesan yang salah kirim. Akan tetapi, kemampuan dari fitur ini cuma berlaku untuk pesan yang baru terkirim saja, dan paling lama durasi waktunyanya sampai dengan 7 menit.

Jika lewat dari jangka waktu yang singkat tersebut, maka pesan yang telah terkirim tidak akan bisa dihapus. Pada aplikasi WhatsApp ini tidak akan ditampilkan pilihan menu “delete for everyone” untuk fitur unsend ketika pengguna whatsapp telah menyentuh dan menahan pesan yang dipilih, lalu kemudian memilih ikon tong sampah. 

Pertanyaannya apakah ada cara untuk mengakali batasan waktu 7 menit tersebut? Dan jawabannya ternyata ada, juga cukup mudah untuk dilakukan dengan memanfaatkan adanya sebuah celah.

Cara demikian ini bisa dilakukan pada aplikasi WhatsApp untuk pengguna Android dan juga iPhone. Seakarang mari kita simak langkah-langkahnya dibawah berikut ini

1. Langkah pertama anda matikan koneksi internet dari perangkat ponsel (Wi-Fi dan jaringan data).

2. Lalu matikan pula aplikasi WhatsApp dengan cara menutup jendela aplikasinya.

3. Selanjutnya anda buka menu Settings ponsel dan kemudian anda ubah tanggal menjadi tanggal sebelum hari pengiriman pesan yang akan dihapus (contohnya dirubah menjadi tanggal kemarin).

4. Langkah berikutnya buka aplikasi WhatsApp dan cari pesan yang ingin anda hapus.

5. Kemudian lakukan langkah penghapusan pesan seperti biasanya, yaitu dengan cara menyentuh dan menahan pesannya, lalu selanjutnya memilih ikon tong sampah. 

Pada aplikasi WhatsApp akan kembali menampilkan pilihan menu “delete for everyone” yang tadinya sudah menghilang, jika pesan berdurasi waktu lebih dari 7 menit.

6. Langkah selanjutnya anda kembalikan Settings tanggal pada perangkat ponsel ke waktu yang benar.

7. Terakhir nyalakan kembali sambungan internetnya.


Ketika perangkat ponsel kembali lagi ke tanggal semula dan kemudian tersambung ke jaringan internet, maka pesan WhatsApp yang dihapus dengan menggunakan cara ini akan tetap terhapus, sehingga dengan secara efektif melewati batasan durasi waktu 7 menit untuk unsend. 

Pada tempat pesan yang sudah dihapus, pada aplikasi WhatsApp akan tetap menampilkan komentar “you deleted this message” maka dengan begitu lawan bicara didalam sebuah chat/grup akan tetap dapat mengetahui, bahwa pengguna tersebut telah menghapus pesan yang terkait. 

Selain itu pesan tersebut akan tetap terhapus meskipun pengguna membuka chatting melalui WhatsApp Web. Akan tetapi, trik ini harus dilakukan dari perangkat ponsel, dan tidak bisa dilakukan dari WhatsApp Web di perangkat desktop.

Cara ini telah dicoba di perangkat smartphone Android dan berhasil menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit, dengan cara memutar balik setting waktu pada perangkat ponsel menjadi tanggal kemarin. 

Dengan menggunakan cara seperti diatas dapat digunakan untuk menghapus pesan yang telah dikirim sampai dengan 2 hari lalu (kemarin lusa) terhitung dari tanggal saat ini. Lebih dari tanggal tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan menolak untuk dibuka dan akan menampilkan pesan jika tanggalan pada ponsel tidaklah akurat.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Terungkap..Lupakan Batas Waktu 7 Menit, Begini Cara Untuk Menghapus Pesan WhatsApp Yang Terlanjur Dikirim"

Post a Comment