Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Unik Dan Menarik Untuk Kembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang Terhapus

blogger templates


Cara Unik Dan Menarik Untuk Kembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang Terhapus


Dengan menggunakan cara ini maka Anda tak perlu merasa khawatir lagi.
Ketika berganti perangkat smartphone, maka secara otomatis semua file pribadi akan hilang. Termasuk file yang berupa catatan atau pesan yang telah anda kirim maupun terima pada aplikasi WhatsApp

Jika pesan-pesan yang ada dalam aplikasi WhatsApp anda itu tidak terlalu penting mungkin wajar-wajar saja kalaupun hilang atau terhapus. Akan tetapi lain halnya jika pesan atau catatan penting di aplikasi WhatsApp yang hilang itu adalah berisi obrolan dengan klien penting maka akan bisa sangat menyusahkan.

Namun anda tak perlu galau, ada cara unik dan menarik yang bisa anda lakukan guna mengembalikan pesan di dalam aplikasi WhatsApp yang sudah hilang bersamaan dengan ketika anda mengganti perangkat smartphone yang anda gunakan. Simak caranya.

Backup data atau obrolanmu ke Google Drive.


Jadi, ketika menggunakan aplikasi WhatsApp alangkah baiknya anda selalu mem-backup semua file (termasuk juga dengan isi pesan anda) ke dalam Google Drive. Cara seperti ini sekarang telah tersedia secara otomatis pada aplikasi WhatsApp.

Disaat anda harus berganti perangkat smartphone atau misalnya ketika ada masalah pada aplikasi WhatsApp yang mengakibatkan semua chatting menjadi hilang maka secara otomatis akan dapat dikembalikan. Maka dari itu, anda wajib mengaktifkan terlebih dulu fitur backup data yang ada pada aplikasi WhatsApp ini ke dalam Google Drive.

Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp
  2. Lalu anda pilih tombol Menu yang ditandai dengan simbol titik tiga di pojok atas > Settings > Chats > Chat Backup.
  3. Kemudian klik pada menu Backup to Google Drive dan berikutnya pilih frekuensi backup data yang anda inginkan atau bisa klik langsung pada menu Backup untuk segera melakukan proses backup data.
  4. Selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih sebuah akun Google yang anda gunakan untuk mem-backup semua riwayat chatting pada aplikasi WhatsApp.
  5. Terakhir, anda klik pada menu Backup untuk memilih jaringan yang ingin anda gunakan untuk melakukan proses backup data.
Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk backup data atau obrolan pada aplikasi WhatsApp ke Google Drive?


Setelah proses backup data, maka secara otomatis chatting- yang ada pada Whatsapp tidak akan hilang walaupun anda telah berganti perangkat smartphone sekali pun!

Ya, jika anda telah melakukan langkah-langkah di atas maka secara otomatis pesan anda akan tersimpan dan setiap anda berganti perangkat smartphone atau ketika ada kerusakan pada aplikasi WhatsApp maka secara otomatis pula pesan lama yang bersifat penting tidak akan hilang dan dapat anda akses kembali.

Namun perlu anda ingat, untuk mengembalikan pesan yang telah di cadangkan di Google Drive itu maka anda wajib untuk melakukan langkah-langkah ini.

Jadi, ketika berganti perangkat smartphone dan anda menginstal aplikasi WhatsApp baru maka dengan secara otomatis pihak WhatsApp akan menawarkan anda pemulihan untuk riwayat chatting dan juga media yang berasal dari backup data yang pernah anda buat sebelumnya.

Selanjutnya pilih menu Pulihkan ketika anda diminta untuk melakukannya. Maka secara otomatis pencadangan atau backup data yang berisikan semua chatting dan juga dokumen didalam aplikasi WhatsApp sebelumnya atau yang ada pada perangkat smartphone sebelumnya dapat anda buka lagi.

Akan tetapi, jika aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi adanya backup atau cadangan data, ada kemungkinan penyebabnya karena anda tidak terhubung dengan akun Google yang sama. Namun ada kemungkinan juga, anda tidak memakai nomor telepon yang sama dengan yang anda gunakan untuk membuat backup data.

Maka dari itu, pastikan akun Google ataupun nomor telepon anda haruslah sama, ketika berganti perangkat smartphone ataupun menginstal ulang aplikasi WhatsApp, agar supaya pesan ataupun chat lama anda yang bersifat penting dapat dipulihkan dan dibuka kembali.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil !

0 Response to "Cara Unik Dan Menarik Untuk Kembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang Terhapus "

Post a Comment