Seputar informasi teknologi internet dan Android

4 Tips Super Jitu untuk Cegah Jadi Korban Pencurian Password

blogger templates


4 Tips Super Jitu untuk Cegah Jadi Korban Pencurian Password




Penggunaan berbagai perangkat gadget dewasa ini semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi itu sendiri, berbagai macam gadget bermunculan, dan penggunaan perangkat gadget tidak terlepas dari adanya jaringan internet. 

Karena itulah sebagai pengguna gadget khususnya perangkat Smartphone memerlukan akses internet secara aman maka penting bagi para pengguna internet untuk menggunakan password atau kata sandi untuk mengamankan data pribadi akun nya.

Password atau kata sandi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk anda para pengguna internet. Sebab, dengan mengetahui akan password pada sebuah akun seseorang, maka orang yang tidak bertanggung jawab akan dapat membobol akun milik kita dan bisa melakukan apa pun di dalamnya sehingga akan merugikan kita.

Maka dari itulah, kombinasi dari kata sandi atau password harus dibuat  dengan sedemikian rupa, serumit dan seunik mungkin agar keamanannya dapat terjamin sehingga password tidak bisa dicuri oleh orang lain. Lalu, hal apa saja yang seharusnya dihindari oleh pengguna internet agar mereka tidak menjadi korban dari pencurian password ?

Berikut dibawah ini ada empat tips guna menghindarkan diri dari kejahatan pencurian password seperti yang dikutip  dari situs Make Use Of.

1. Gunakan Password Unik

Untuk para pengguna internet, disaat anda membuat sebuah akun, sebaiknya pastikan untuk menggunakan kata kunci atau password yang berbeda dengan yang telah dipakai oleh orang lain dan usahakan tidak mudah untuk ditebak.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2016, ada sekitar 20 kombinasi password yang paling mudah untuk ditebak dan sudah pasti, paling rawan dicuri. Maka dari itu, pastikanlah untuk tidak menggunakan berbagai kombinasi password  yang ada di bawah ini.

Gunakan Simbol

2. Gunakan Kombinasi Simbol Saat Menentukan Password

Tahukah anda para penjahat cyber akan rela untuk melakukan apa pun agar bisa mencuri password, termasuk dengan mencoba berbagai huruf  guna mendapatkan kombinasi kata kunci atau Password yang cocok.

Contohnya saja ketika para penjahat cyber menggunakan kata-kata yang memang umum gunakan seperti "password", "5q4w3e2r1t", ataupun dengan menebak kata-kata yang lainnya.

Karena itu cara untuk menghindarinya, adalah anda bisa menggabungkan karakter huruf dan angka serta menyisipkan satu karakter simbol (contohnya tanda baca ataaupun tanda hubung) hal itu berguna untuk membuat password anda menjadi kian kuat dan tidak mudah untuk dicuri.

3. Pastikan Tidak Asal Mengeklik Link yang Dikirim Lewat Email

Mungkin anda pasti sudah pernah mendengar jika pencurian password  dapat dilakukan dengan menggunakan cara phishing atau laman palsu yang akan meminta penggunanya untuk memasukkan dari kotak isian login.


Dan biasanya link yang mengarahkan para pengguna menuju ke laman palsu tersebut dikirimkan ke alamat email pribadi anda oleh para penjahat cyber yang mengiming-imingi dengan sejumlah hadiah.
Contohnya, adanya Email pemberitahuan jika anda menjadi pemenang sebuah undian, tapi disertai dengan link yang mencurigakan dan berasal dari pihak yang sama sekali tak dikenal oleh anda.

Maka cara untuk menghindarinya adalah dengan meningkatkan filter SPAM ke setelan yang tertinggi. Selain itu juga para pengguna juga dapat lebih jeli dan teliti saat memeriksa link yang telah diterima. Jika memang terlihat mencurigakan dan kemudian dengan menawarkan sejumlah  hadiah, pastikan anda untuk tidak mengeklik link tersebut..

Pasang Antivirus

4. Pasang dan Selalu Perbarui Software atau Antivirus

Bagi para penjahat cyber mereka memilik banyak cara untuk mencuri password, salah satunya adalah dengan melalui keylogger. Keylogger merupakan sebuah software yang bisa dengan mudah untuk mendapatkan data pribadi dari para pengguna internet.

Keylogger adalah software yang dapat merekam segala macam aktivitas dari para pengguna komputer. Jika kemudian software ini diaktifkan, maka semua aktivitas termasuk juga mengetik kata sandi atau password juga akan dapat terekam.

Karena itulah untuk menghindarinya, anda dapat memasang dan juga memperbarui software, antivirus, ataupun antimalware anda ke versi terbaru dengan secara berkala.

Akhir kata semoga dapat bermanfaat. Wassalam

0 Response to "4 Tips Super Jitu untuk Cegah Jadi Korban Pencurian Password"

Post a Comment