Seputar informasi teknologi internet dan Android

10 Fitur Tersembunyi Di WhatsApp Yang Paling Keren Namun Jarang Digunakan

blogger templates


10 Fitur Tersembunyi Di WhatsApp Yang Paling Keren Namun Jarang Digunakan 


Fitur Rahasia WhatsApp Yang Jarang Digunakan. Dewasa ini berbagai aplikasi bermunculan seiring dengan kemajuan akan teknologi terutama teknologi yang berhubungan dengan komunikasi.
Berbagai aplikasi di ciptakan untuk mempermudah manusia dalam kehidupan sehari-harinya, mulai dari sekedar berkirim pesan sampai dengan aplikasi untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

Cukup dengan mengusap layar yang ada di dalam perangkat pintar yang sekarang ini dikenal dengan Smartphone maka barang yang diinginkan bisa sampai ketempat anda. Namun untuk urusan berkirim pesan aplikasi yang paling populer sekarang ini adalah WhatsApp 

Karena WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan yang sangat ringan, simpel, dan mudah dipergunakan semua kalangan, mulai dari anak sekolah dasar sampai dengan orang tua mampu menggunakannya, karena berbagai fitur yang terdapat didalamnya mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Aplikasi WhatsApp tersedia bagi semua jenis Sistem Operasi mulai dari OS Android, IOS, Blackberry, maupun Nokia. Sampai dengan tahun 2016 aplikasi WhatsApp sudah digunakan oleh sekitar 1 milyar penggunanya diseluruh belahan dunia.

Maka dari itulah semakin lama, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia, bahkan sampai dengan sekarang WhatsApp masih berada pada peringkat pertama sebagai aplikasi pengirim pesan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, terutama yang berbasis Android. 

Dan yang paling menarik dari aplikasi WhatsApp ini adalah, tidak adanya iklan sama sekali didalamnya,berbeda dengan aplikasi sejenisnya, selain itu tidak adanya notifikasi untuk permainan sama sekali. Dengan begitu artinya aplikasi WhatsApp bebas dari adanya iklan.

Tentu menjadi salah satu pertanyaan juga bagi semua pengguna aplikasi WhatsApp ini tentang bagaimana WhatsApp bisa memperoleh uang? Terus terang saya pun  belum mengerti. Intinya adalah aplikasi WhatsApp ini tidak menyediakan untuk ruang iklan sama sekali.

Jika anda bandingkan dengan aplikasi sejenis seperti BBM (Blackberry Messenger) mungkin sangat jauh berbeda,karena didalam aplikasi ini banyak terdapat iklan, walaupun aplikasi BBM telah menguasai pasar pengguna di Indonesia, akan tetapi WhatsApp sudah terlebih dahulu menguasai pasar penggunanya di Amerika Serikat, Inggris, dan  juga Negara – Negara eropa lainnya
.
Fitur Terbaik Whatsapp Di Smartphone Android

Aplikasi WhatsApp ini telah menyediakan berbagai fitur yang sangat menarik. Seperti apakah fitur rahasia yang menarik dari aplikasi WhatsApp ini, berikut kami sajikan ulasannya untuk anda.


1. Fitur Broadcast Seperti BBM
 


Fitur Broadcast bukan hanya dimiliki oleh aplikasi BBM saja, namun ternyata WhatsApp juga memilikinya fitur tersebut. Broadcast dapat pula di artikan sebagai pesan siaran yang berfungsi sebagai cara untuk mengirimkan pesan yang sama ke nomer kontak teman yang kita inginkan dengan cara bersamaan.

Cara untuk mengirim pesan siaran di aplikasi WhatsApp sangatlah mudah, pertama anda tap pada tombol 3 titik yang terdapat pada bagian pojok kanan atas, selanjutnya anda pilih “Siaran Baru”. Berikutnya adalah masukkan atau pilih kontak teman yang ingin anda kirimkan pesan siaran. Langkah terakhir tinggal anda tap “Buat” untuk menuliskan pesan siaran anda.

2. Melihat Apakah Pesan Kita Sudah Dibaca Atau Belum

Kadang kala untuk seorang pengguna WhatsApp memiliki trik jitu supaya pesan yang diterima  sudah dibaca atau belum. Akan tetapi kita sebagai pengguna yang sudah familiar tentunya kita juga harus mempunyai trik jitu supaya kita tahu pesan yang telah kita kirim sudah dibaca oleh penerima ataukah belum. Terdapat rahasia kecil yang mungkin jarang digunakan oleh sebagian pengguna WhatsApp.


Untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim oleh kita sudah dibaca oleh penerima atau belum, anda bisa melakukannya dengan cara menekan pada pesan ataupun text yang anda kirimkan selama beberapa detik saja. Maka nantinya akan ada pilihan yang muncul pada bar bagian atas. Selanjutnya anda tap ikon “i” pada menu opsional tersebut. Dan dari situlah anda dapat melihat pesan yang anda kirim sudah dibaca atau belum. Pada bagian tersebut akan terlihat tanggal pesan yang diterima dan dibaca.

3. Menghilangkan Tanda Centang “Biru”

Tanda centang biru yang dimaksud disini adalah adanya tanda pada pesan yang anda kirimkan yang artinya pesan tersebut telah terbaca oleh penerima pesan. Tanda centang biru tersebut dapat anda hilangkan agar supaya tidak menggangu penglihatan. Cara untuk menghilangkannya sangatlah mudah, pertama anda masuk pada bagian menu Setelan » Akun » Privasi » Langkah selanjutnya anda hilangkan tanda “Centang” pada menu pilihan Laporan dibaca.


Perlu anda ketahui bahwa menghilangkan tanda tersebut akan membuat anda tidak tahu bahwa pesan yang anda kirim sudah dibaca atau belum. Untuk obrolan pada grup, tanda centang biru tersebut akan tetap ada untuk selamanya.

4. Buat Jalur Pintas Percakapan Favorit

Maksud dari adanya jalur pintas percakapan tersebut adalah, anda dapat menetapkan satu kontak ataupun percakapan pada teman anda yang dianggap sangat penting. Satu kontak tersebut dapat anda buat menjadi sebuah widget pada layar Home Screen Android anda. Cara tersebut bisa memudahkan anda dalam mengakses percakapan secara cepat.


Untuk melakukannya cukup mudah, masuk pada menu pintasan yang ada pada android anda (Setiap Android memiliki cara yang berbeda – beda), kemudian pilih “Chatting WhatsApp”, maka secara otomatis, ikon pintasan percakapan WhatsApp akan muncul pada Home Screen Android anda.

5. Bisukan Percakapan Anda

Fitur untuk membisukan percakapan yang dimaksud disini adalah disaat ada pesan masuk maka tidak akan terdengar berbunyi, hanya tampil notifikasinya saja. Cara seperti ini dapat anda terapkan pada beberapa kontak yang anda inginkan,saja  jadi anda bisa memilih satu persatu kontaknya.


Cara untuk melakukannya cukuplah mudah, pertama anda pilih kontak atau chat yang diinginkan, selanjutnya anda pilih tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih menu “Bisu”, selanjutnya anda bisa atur waktunya menjadi 8 Jam, 1 Minggu, Atau bisa 1 Tahun. Terakhir anda Klik “Ok” guna mengakhiri perintahnya.

6. Atur Privasi WhatsApp

Setiap orang  sudah barang tentu mempunyai privasi yang harus dijaga. Privasi yang dimaksud tersebut dapat berupa foto pribadi, data diri, status, dan lain-lain. Anda pun bisa menyembunyikan privasi tersebut atau andapun dapat membatasi privasi anda untuk dibagikan ke beberapa kontak teman saja yang boleh melihatnya.


Dan cara untuk mengatur privasi tersebut adalah pertama anda bisa masuk pada bagian menu Setelan » Akun » Privasi » Langkah berikutnya anda bisa atur privasi sesuai dengan keinginan anda. Pada bagian menu tersebut, anda bisa mengatur Last Seen, Foto Profil, Status, daftar blokir, dan lain sebagainya.

7. Hemat Data Internet Saat Melakukan Panggilan

Kalau anda tidak mau kehabisan kuota data internet saat melakukan panggilan di aplikasi WhatsApp maka anda dapat menghematnya. Walaupun suara yang diterima tidak sejernih,namun tetap bisa anda dengarkan dan tidak begitu menyulitkan bagi penggunanya.


Cara untuk menghemat penggunaan kuota data internet, yaitu anda bisa masuk pada bagian menu Setelan » Akun » Penggunaan Data. Selanjutnya anda bisa tambahkan ceklis pada bagian “Gunakan Data Minimum”. Maka dengan cara tersebut anda akan dapat lebih hemat dalam menggunakan kuota data internet.

8. Backup Semua Pesan Whatsapp

Agar supaya pesan anda tidak menjadi hilang, anda dapat mencadangkan semua pesan tersebut secara online. Caranya adalah gunakan fitur “Cadangkan Chat” untuk mencadangkan semua chat supaya menjadi lebih aman. Fitur Backup pada aplikasi WhatsApp akan terintegrasi secara langsung dengan Google Drive.



Yang harus diperhatikan pastikan sebelumnya anda sudah mempunyai akun Google.  Caranya pertama anda masuk pada menu Setelan » Akun » Chatting » Cadangkan Chat, kemudian anda tap “Cadangkan” yang berguna untuk mencadangkan semua pesan dan media ke Google Drive anda.

9. Membuat Jadwal Kirim Pesan

Bagi anda yang bermaksud mengirim pesan kepada seseorang pada jadwal tertentu misalnya pada jam 2 siang ataupun jam 12 malam, anda dapat melakukan pengaturan sendiri. Jadi  dengan cara otomatis, pesan tersebut akan terkirim sesuai dengan jadwal waktu yang telah anda tentukan. Namun anda membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga untuk melakukannya.

Caranya adalah gunakan aplikasi Message Scheduler bagi pengguna iPhone. Sedangkan untuk para pengguna perangkat Android dapat mengunduh Whatsapp Messanger Scheduler Lite. Aplikasi tersebut bisa membantu anda dalam berkirim pesan sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan.

10. Mengetahui Siapa Yang Online Dan Tidak Online

WhatsApp memang sangat berbeda dengan aplikasi chat lainnya yang sejenis. Jika dibandingkan dengan aplikasi facebook messenger, mungkin anda dapat melihat siapa yang sedang online dan siapa saja yang sedang offline. Namun untuk Aplikasi WhatsApp, fitur tersebut tidak pernah ada.

Untuk melihat siapa saja para pengguna yang sedang online dan tidak online di WhatsApp, anda bisa menggunakan aplikasi WhatsDog. Aplikasi tersebut bisa membantu anda untuk melihat semua teman (Kontak) yang anda punyai, baik yang sedang online ataupun offline.

Demikian ulasan secara singkat mengenai Tips Dan Trik Aplikasi Whatsapp Android yang jarang digunakan.

Akhir kata semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua.
Wassalam,Terima kasih dan Selamat mencoba!!!!

0 Response to "10 Fitur Tersembunyi Di WhatsApp Yang Paling Keren Namun Jarang Digunakan "

Post a Comment