Seputar informasi teknologi internet dan Android

Asli atau Hoax? Coba Cek Keaslian Berita Yang Diterima dengan Menggunakan 4 Cara

blogger templates


Asli atau Hoax?  Coba Cek Keaslian Berita Yang Diterima dengan Menggunakan 4 Cara 


Maraknya peredaran berita hoax di berbagai media sosial (medsos) semakin memprihatinkan. Kita sebagai bagian dari netizen , dan tentu saja kita harus  lebih cerdas memilih dan memilah informasi mana yang asli, dan informasi mana yang dikategorikan sebagai berita bohong atau hoax.

Sebab, jika berita hoax dibiarkan semakin 'mewabah', keberadaannya jelas akan semakin mengancam masyarakat karena menyebarkan informasi yang tidak benar. Dan yang lebih miris lagi, kita sementara ini belum punya cara yang pasti untuk bisa membedakan jenis informasi mana yang memang akurat dan yang berita hoax.

Maka dari itu kali ini dikutip dari situs berita liputan6.com akan memberikan tips khusus bagi anda agar bisa membedakan mana berita yang asli atau hoax. Bagaimana caranya? Berikut  dibawah ini tips-nya sebagaimana  yang telah disampaikan langsung dari seorang  Praktisi Anti Hoax dan  juga Alumnus TI ITB yaitu Dimaz Fathroen.

Elemen Berita Hoax

Pertama pastikan berita yang anda baca tidak mengandung kalimat-kalimat yang janggal, seolah persuasif dan bersifat memaksa seperti: kalimat "Sebarkanlah!", "Viralkanlah!", dan lain sejenisnya. Artikel yang penuh dengan huruf besar dan juga tanda seru pun disinyalir mengandung informasi mengandung hoax.

Bukan hanya itu, artikel berita hoax biasanya juga merujuk pada beberapa kejadian dengan istilah seperti misalnya kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu. Tidak ada tanggal dan hari yang jelas dicantumkan.

Sebuah artikel bahkan terkadang mengklaim sumbernya berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu seringkali juga, artikel hoax biasanya lebih merupakan opini yang berasal dari seseorang, bukan sebuah fakta.

Verifikasi Sumber


Selain itu pastikan anda verifikasi sumber dan juga konten berita dengan cara mencarinya di  laman Google. Anda cari tema berita secara lebih spesifik dengan mencantumkan kata hoax di belakangnya.
Dan biasanya, jika memang benar itu berita hoax, maka akan muncul artikel pembahasan yang terkait.

Cek Gambar dan Cek dengan Aplikasi


Anda dapat memastikan sumbernya dari foto yang diunggah pada artikel berita terkait. Jadi, anda bisa mengecek kembali apakah foto yang diunggah tersebut asli atau tidak. Caranya cukup mudah untuk di jalankan, anda hanya perlu untuk memanfaatkan menu tool milik Google, yaitu Google Images.
Langkah pertama, buka laman Google Images.

Kemudian coba anda simpan foto berita yang mengandung hoax yang ingin anda verifikasi yaitu dengan cara melakukan proses screenshot pada artikelnya.

Selanjutnya, pada laman Google Images, anda dapat sisipkan foto yang telah disimpan dengan cara men- drag foto tadi ke bagian kolom pencarian.

Lalu akan muncul hasil dari  pencarian yang kemudian akan ditampilkan situs pertama yang telah mengunggah dari foto tersebut, Berikutnya situs tersebut akan muncul pada posisi pencarian paling atas.

Dari hasil proses ini anda dapat mengetahui siapa saja yang telah  menyebarkan gambar tersebut untuk pertama kalinya. Kemudian anda cari tahu apakah situs web yang telah menyebarkan gambar itu pertama kali kredibel atau tidak.

Cek dengan Aplikasi


Anda pun dapat mengecek artikel yang mengandung hoax dengan menggunakan aplikasi khusus yang bernama Hoax Analyzer. Akhir kata semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Response to "Asli atau Hoax? Coba Cek Keaslian Berita Yang Diterima dengan Menggunakan 4 Cara "

Post a Comment