Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Untuk Melindungi Flashdisk Dengan Menggunakan Password

blogger templates


Cara Untuk Melindungi Flashdisk Dengan Menggunakan Password



Perangkat Flashdisk dewasa ini bisa dibilang merupakan salah satu aksesori yang wajib  dimiliki oleh para pengguna laptop maupun komputer. Fungsi dari flashdisk ini adalah sebagai media penyimpanan maupun untuk menyalin file dari satu perangkat ke perangkat  yang lainnya.

Kapasitas dari perangkat flashdisk ini pun seiring dengan berbagai kemajuan dibidang teknologi menjadi semakin besar. Beberapa belas tahun yang lewat, kapasitas dari perangkat flashdisk masih berada pada kisaran puluhan maupun ratusan MB saja, namun kini kapasitas dari perangkat flashdisk sudah mencapai satuan TB.

Untuk anda ketahui TB merupakan singkatan dari Terabyte yang merupakan satuan tertinggi sekarang ini, dengan perbandingan 1 TB (Terabyte) = 1000 GB (Gigabyte). Merk yang dikenal untuk perangkat Flashdisk sebut saja Kingston yang pada awal tahun 2017 telah memamerkan flashdisk yang berkapasitas 2TB pada acara CES 2017.

Nah, jika memang anda sering menyimpan berbagai file dan folder yang sangat penting di dalam flashdisk,  maka sebaiknya anda harus melindunginya dengan menggunakan kata sandi (password). Caranya sangatlah mudah, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, unduh dan kemudian pasang program yang bernama DiskCryptor. Ketika program DiskCryptor ini dijalankan, maka ia akan mendeteksi semua disk drives yang ada di perangkat laptop atau komputer, termasuk perangkat flashdisk.


Kemudian anda pilih flashdisk drive, berikutnya klik tombol Encrypt, maka akan muncul sebuah kotak dialog yang bisa memungkinkan anda untuk memilih metode enkripsi. Akan tetapi, sangatlah disarankan bagi anda untuk tidak mengubah setelan apa pun didalamnya, maka dari itu anda sebaiknya langsung untuk meng-klik tombol Next.

Pada kotak dialog berikutnya, segera ketik dan kemudian konfirmasi kata sandi yang ingin anda gunakan. Pastikan bahwa kata sandi yang anda masukkan tersebut tidak mudah untuk ditebak. Langkah selanjutnya klik tombol OK, maka proses enkripsi pun akan  segera dimulai dan kemudian anda tunggu sampai dengan selesai. Untuk anda ketahui, proses tersebut tergantung pada seberapa besar kapasitas yang ada pada  flashdisk anda.

Berikutnya setelah perangkat flashdisk terenkripsi, Windows tidak akan bisa mengenalinya. Maka yang ada adalah Windows justru akan meminta anda untuk menformat flashdisk tersebut, sebaiknya anda abaikan saja hal itu.

Dan yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah buka kembali program DiskCryptor, lalu klik di drive flashdisk yang dituju, selanjutnya klik Mount. Langkah terakhir anda ketik kata sandi ( password ) yang sudah anda tetapkan sebelumnya.

Yang harus anda pahami untuk mencabut perangkat flashdisk, anda bisa mengklik Unmount dengan melakukan proses serupa, atau anda bisa langsung klik Safely Remove.

Yang penting untuk anda ketahui, orang lain memanglah tidak akan bisa untuk mengakses perangkat flashdisk anda, akan tetapi mereka masih bisa untuk menformat flashdisk tersebut. Sepertin yang telah dirangkum dari situs Ubegizmo, Selasa (8/8/2017).

Oleh karena itu, maka sebaiknya anda telah mempersiapkan cadangan file dan folder yang anda anggap penting untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. 
Sumber berita Liputan6.com

0 Response to "Cara Untuk Melindungi Flashdisk Dengan Menggunakan Password"

Post a Comment