Seputar informasi teknologi internet dan Android

10 Tips dan Trik Tersembunyi di WhatsApp Yang Harus Anda Tahu

blogger templates


10 Tips dan Trik Tersembunyi di WhatsApp Yang Harus Anda Tahu


Aplikasi WhatsApp kini semakin tumbuh dan berkembang, sehingga menjadi lebih baik dengan menampilkan berbagai fitur baru yang disematkan kedalamnya dari masa ke masa. Mulai dari tawaran mengirim pesan teks dan melakukan panggilan telpon secara gratis telah menggoda lebih kurang 800 juta orang penggunanya di seluruh dunia untuk menjadi pengguna setia dari aplikasi yang kini telah pula menjadi bagian dari Facebook ini.

Jika Anda adalah salah satu bagian dari mereka, kemungkinan besar ada beberapa hal dari aplikasi ini yang mungkin masih tampak membingungkan bagi anda, atau bahkan mungkin saja belum banyak diketahui oleh Anda.Akan tetapi ada kabar baiknya, semua itu dapat pula diperbaiki jika Anda mengetahui bagaimana caranya.

Berikut dibawah ini ada 10 tips dan trik keren di Whatsapp yang mungkin saja belum Anda ketahui seperti yang telah dikutip dari situs online Techradar. 
1.Ganti Smartphone


Foto: Techcrunch



Jika Anda ingin berpindah menggunakan iPhone baru, ataupun mengganti perangkat Android lama Anda, Anda bisa mengambil riwayat obrolan Anda (chat history). Dan jika Anda menggunakan kartu microSD, selanjutnya langkah yang sederhana adalah dengan cara, pertama anda masuk ke Menu > Settings > Chat settings > Backup conversations.

Berikutnya anda pindahkan microSD ke perangkat Smartphone baru, pasang kembali aplikasi WhatsApp, lalu pulihkan ketika diminta. Namun jika cadangan terdapat pada penyimpanan internal, Anda dapat pula menggunakan menu  file explorer untuk menemukan / sdcard / WhatsApp / folder dan kemudian memindahkan isinya dengan cara manual.

2. Menghilangkan "last seen"


Sewaktu Anda melihat sebuah kontak pada aplikasi WhatsApp, biasanya terdapat tulisan "last seen" yang berada di bawah nama mereka, yang memberi tahu Anda, sejak kapan mereka terakhir membuka  aplikasi WhatsApp.

Dan Jika Anda ingin agar orang-orang tidak bisa melihat kapan Anda terakhir menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda bisa dengan mudah untuk mengaturnya. Caranya, pertama buka menu Settings > Account > Privacy > Nobody.

3. Mengecek kapan Pesan Anda Dibaca


Foto: Techcrunch


Fitur berikutnya adalah Anda dapat mengetahui detil waktu kapan pesan Anda telah dibaca. Caranya adalah cukup tekan dan tahan pada pesan yang telah ditandai dua centang biru, Lalu kemudian tekan ikon Info (huruf i yang ada di dalam lingkaran), dan kemudian Anda akan mengetahui waktu persis kapan pesan Anda telah dibaca. Dan pada perangkat iOS, Anda dapat pula menyentuh dan menyeret (drag) pesan ke kiri dengan tujuan yang sama.

4. Mengunci WhatsApp


Aplikasi WhatsApp bisa dikunci? Jawabannya adalah, bisa. Tapi, hal tersebut tidak mungkin dapat dilakukan pada perangkat iOS tanpa proses jailbreaking. Namun sebaliknya, di perangkat Android Anda mempunyai banyak pilihan aplikasi keamanan yang tentu akan memungkinkan Anda untuk melindungi obrolan WhatsApp Anda dengan menggunakan kata kunci (password) atau PIN. Anda dapat mencoba menggunakan Messenger and Chat Block, AppLock, atau Smart AppLock.

Beberapa dari aplikasi ini bahkan akan dapat mengambil foto, jika ada seseorang yang mencoba untuk mengakses aplikasi Anda tanpa menggunakan kata kunci atau PIN yang tepat, sehingga dengan begitu Anda dapat mengetahui orang yang iseng tersebut. Pada Windows Phone, Anda bisa mencoba menggunakan WhatsApp Locker. Dan jika Anda pengguna dari BlackBerry, Anda bisa mencoba menggunakan Lock for Whats Messenger.

5. Menggunakan WhatsApp di Komputer


Foto: Techcrunch

Jika perangkat komputer atau laptop Anda sudah terpasang aplikasi Chrome, selanjutnya segera anda kunjungi laman WhatsApp Web dan kemudian ikuti petunjuk untuk ponsel Anda.

Berikutnya Anda harus memastikan bahwa perangkat ponsel Anda sudah terhubung ke Internet, utamanya adalah melalui jaringan Wi-Fi, karena aplikasi web tersebut masih menyinkronkan segala sesuatunya dari perangkat ponsel Anda. Kemudian jalankan aplikasi WhatsApp, lalu selanjutnya temukan pilihan WhatsApp Web yang ada di menu, dan kemudian pindai kode QR di Chrome.

Sekarang Anda dapat mulai untuk chatting dan kemudian mendapatkan pemberitahuan pada perangkat komputer Anda. Dan sebagai catatan yang harus anda ketahui, trik ini tidak bekerja pada perangkat iOS.

6. Berhenti Menampilkan Gambar di Aplikasi Foto


Mungkin saja Anda tidak menginginkan semua gambar dari aplikasi WhatsApp muncul di Camera Roll Anda, Pada perangkat iOS, ataupun di Galeri dan aplikasi foto lainnya pada perangkat Android. Di perangkat iOS, cara untuk tidak menampilkan gambar tersebut sangat lah mudah. Langkah pertama Anda buka menu Settings> Privacy> Foto dan kemudian pilih alihkan WhatsApp menjadi off.

Dan pada perangkat Android, Anda gunakan file manager seperti pada ES File Explorer, lalu kemudian  pergi ke sdcard / WhatsApp / Media, selanjutnya ketuk New di bagian kiri bawah di folder yang tidak ingin Anda bagikan, Lalu kemudian buat file yang bernama .nomedia. Amazing! Gambar Anda tidak akan tampil di galeri lagi.

7. Menyetel Percakapan Grup Menjadi Senyap


Foto: Techcrunch

Kadang kala percakapan di grup WhatsApp membuat berisik sehingga membuat anda terganggu. Namun Anda mungkin tidak mau keluar dari percakapan, akan tetapi Anda juga mungkin tidak mau mendapat pemberitahuan setiap kali seseorang mengirimkan pesannya di grup.

Jika Anda menggunakan perangkat iPhone, caranya pertama anda buka grup chat, kemudian tekan subjek untuk mendapatkan layar Group Info, selanjutnya tekan Mute.

Sedangkan pada perangkat Android, caranya anda buka Chat, lalu tekan Menu, selanjutnya tekan Mute. Disini Anda dapat menentukan jangka waktunya, atau Anda dapat menghapus centang yang ada pada kotak Show notifications guna mematikan pemberitahuan secara permanen sesuai dengan jangka waktu yang telah anda pilih.

8. Memulihkan Pesan yang Dihapus


WhatsApp menyokong pesan pada perangkat Smartphone Android Anda pada setiap pukul 4:00 pagi. Cara  yang termudah untuk memulihkan pesan yang baru saja dihapus adalah dengan cara mencopot aplikasi WhatsApp dari perangkat Smartphone Anda dan kemudian memasangnya kembali. Selama proses itu, Anda kemudian akan ditanya apakah Anda ingin memulihkan pesan dari cadangan. Proses dari pemulihan ini akan mencakup pesan yang dihapus selama tujuh hari terakhir.

Jika Anda memang ingin mengembalikan riwayat obrolan yang lebih lama lagi di perangkat Android anda, caranya adalah gunakan aplikasi seperti ES File Explorer dan kemudian anda pergi ke sdcard / WhatsApp / Database untuk melihat semua cadangan riwayat obrolan Anda Anda. Lalu ganti nama file yang Anda inginkan menjadi msgstore.db.crypt, selanjutnya anda menuju ke menu Settings > Apps > WhatsApp > Clear data, langkah berikutnya adalah mulai kembali WhatsApp Anda lalu pulihkan ketika diminta.

9. Membuat Jalan Pintas untuk Obrolan


Foto: Techcrunch

Jika memang ada chating tertentu yang mungkin setiap hari Anda akses,maka  akan menghemat waktu jika Anda membuat sebuah jalan pintas pada menu home sceen Anda, dan akan langsung mengarah ke sana.

Dan yang perlu Anda lakukan adalah pertama adalah tekan dan tahan pada obrolan tersebut, kemudian anda pilih  Add conversation shortcut dari menu pop-up. Maka selanjutnya, jalan pintas ini akan muncul di home screen Anda. Anda dapat menekan dan kemudian menahan jalan pintas itu untuk menyeretnya (drag), seperti halnya ikon aplikasi atau pun widget lainnya. Namun cara ini hanya bekerja di Android.

10. Mengirim pesan secara massal


Mungkin saja anda ingin menghemat waktu dengan cara mengirimkan pesan secara massal, namun  itu tidak berarti juga bahwa Anda ingin agar semua penerima pesan Anda mengtahui bahwa itu merupakan pesan grup. Adalah Fitur broadcast yang dapat memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak yang dipilih, namun akan muncul sebagai pesan pribadi antara Anda dan si penerima pesan saja.

Caranya adalah pada perangkat Android, pertama anda tekan Menu, lalu kemudian tekan  New Broadcast. Sedangkan pada smartphone yang menggunakan iOS,  Caranya Anda cukup ketuk Broadcast List di layar Chatting, selanjutnya ketuk New List. Dan jika penerima pesan membalasnya, pesan balasan tersebut hanya akan terkirim ke Anda,  dan tidak akan terkirim ke semua daftar kontak penerima pesan tadi.

0 Response to "10 Tips dan Trik Tersembunyi di WhatsApp Yang Harus Anda Tahu"

Post a Comment