Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Untuk Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terlanjur Terhapus

blogger templates


Cara Untuk Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terlanjur Terhapus 


Di jaman digital sekarang ini, menuntut semua orang bergerak cepat, tak terkecuali pada bidang telekomunikasi, sehingga sangatlah dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu pergerakan manusia terutama untuk berkomunikasi, karena itulah dengan hadirnya aplikasi untuk mengirim pesan multimedia seperti aplikasi WhatsApp ini sangatlah berguna bagi manusia.Maka itulah WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer,saat ini,  hampir pada setiap pengguna perangkat smartphone menggunakan  aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi chatting yang utama. Mungkin termasuk anda.

Tentunya pada penggunaan aplikasi WhatsApp anda mempunyai pesan percakapan yang bersifat sangat penting, akan tetapi bagaimana jika anda mengalami percakapan yang sangat penting tiba-tiba tanpa sengaja terhapus atau mungkin juga hilang. Penyebabnya karena telah ganti perangkat smartphone atau mungkin kehilangan perangkat kesayangan anda dan  karena sebab yang lainnya. Karena itulah kali ini akan di sajikan cara untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang Terlanjur Terhapus.

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus

Cadangkan Data WhatsApp


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus sudah memastikan bahwa pencadangan data secara otomatis telah anda aktifkan. Fitur Cadangan lokal akan dengan secara otomatis dilakukan pada setiap jam 02.00 dini hari dan database anda akan disimpan di sebuah file pada memori perangkat telepon. Selain itu anda juga dapat mencadangkan data anda melalui Google Drive.

Cadangkan ke Google Drive


Anda bisa melakukan pencadangan pesan maupun media gambar, video, dan juga suara ke Google Drive. Apakah anda sudah menggunakannya? Jika belum , sebaiknya anda mulai melakukaknnya. Manfaatnya jika anda kehilangan perangkat telepon kesayangan ataupun telah mengganti dengan perangkat yang baru, maka riwayat chatting yang lampau tetaplah aman. Caranya adalah:
  • Langkah pertama anda buka  aplikasi WhatsApp.
  • Lalu anda pilih tombol Menu > Setelan > Chatting dan panggilan > Cadangan chat.
  • Selanjutnya Klik pada menu Cadangkan ke Google Drive kemudian pilih frekuensi cadangan yang anda inginkan, atau bisa anda klik pada Cadangkan untuk segera melakukan proses pencadangan.
  • Berikutnya anda akan diminta untuk memilih sebuah akun Google yang akan dipakai untuk mencadangkan riwayat chatting pada aplikasi WhatsApp.
  • Terakhir anda Klik pada menu Cadangkan guna memilih jaringan yang ingin anda gunakan untuk melakukan proses pencadangan data atau pun percakapan chat.
Cara Memulihkan Pesan WhatsApp dari Google Drive


Selanjutnya setelah anda meng-install aplikasi WhatsApp dan kemudian memverifikasi nomor telepon yang telah didaftarkan, kemudian WhatsApp akan menawarkan anda untuk memulihkan riwayat dari chatting percakapan dan media lain dari cadangan yang pernah anda buat. Lalu anda pilih menu "Pulihkan" ketika diminta WhatsApp untuk melakukannya.

Jikalau WhatsApp tidak bisa mendeteksi adanya cadangan, besar kemungkinan disebabkan karena anda mungkin tidak terhubung ke akun Google yang sama. Namun bisa juga dikarenakan anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang anda gunakan untuk membuat cadangan data.

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Lama di Memori Telepon


Jika pada Google Drive hanya akan menyimpan cadangan yang terbaru, WhatsApp akan menyimpan cadangan di memori telepon pada waktu 7 hari terakhir. Caranya adalah:
  • Pertama anda buka aplikasi Manajer File.
  • Lalu anda tuju ke sdcard/WhatsApp/Databases.
  • Namun jika data tidak disimpan di kartu SD, kemungkinan ada terletak di penyimpanan internal
  • Selanjutnya anda namakan ulang file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 ke msgstore.db.crypt8.
  • Selanjutnya hapus aplikasi WhatsApp.
  • Berikutnya anda pasang kembali aplikasi WhatsApp.
  • Terakhir pilih menu pulihkan ketika diminta.
Maka dengan cara ini semua pesan beserta media yang terdapat di dalam aplikasi WhatsApp akan menjadi aman, walaupun anda telah kehilangan perangkat telepon ataupun telah mengganti perangkat telepon.

Akhir kata terima kasih telah berkunjung di blog ini, semoga artikel yang di sajikan ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Untuk Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terlanjur Terhapus "

Post a Comment