Seputar informasi teknologi internet dan Android

6 Cara Ampuh Guna Mempercepat Koneksi Internet Sampai Dengan 10 Kali Lipat di Android

blogger templates


6 Cara Ampuh Guna Mempercepat Koneksi Internet Sampai Dengan 10 Kali Lipat di Android


Tak dapat kita pungkiri memang di era digital ini kebutuhan akan penggunaan internet telah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sekarang, karena internet sekarang ini merupakan sesuatu hal yang sangat berpengaruh besar dalam pemanfaatannya di semua lini kehidupan.

Seperti contohnya adalah internet sekarang ini banyak dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk berbelanja secara online, sehingga tidak perlu lagi untuk keluar masuk toko hanya untuk sekedar mencari barang kebutuhan sehari-hari, karena sekarang ini segalanya menjadi mudah dengan adanya internet, anda hanya tinggal membuka aplikasi toko online dan semua yang anda butuhkan ada disana, hanya cukup mengusap layar pada perangkat smartphone anda, maka barang yang anda butuhkan akan segera dikirim ke tempat tinggal anda.

Hal diatas adalah merupakan salah satu contoh dari pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari -hari. Ada banyak hal yang lainnya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Namun semenjak perangkat smartphone terutama yang berbasis Android mulai menjamur dipasaran dengan harga yang ditawarkan bervariasi, maka Internet pun sekarang ini berubah menjadi kebutuhan yang utama sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. 

Apalagi ketika Internet mulai diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, maka menjadikan kita menjadi semakin ketergantungan akan Internet.

Dan ketika koneksi jaringan Internet menjadi lambat, maka kita pun menjadi marah-marah karena menyebabkan tidak bisa download suatu aplikasi ataupun sesuatu yang memang sedang anda butuhkan maupun sekedar eksis di media sosial lagi. Untuk itulah agar eksistensi anda di Internet tidak terganggu, maka kali ini disajikan mengenai trik guna mempercepat koneksi Internet sampai dengan 10 kali lipat di Android.

Cara Ampuh  Guna Mempercepat Koneksi Internet di Android

Akan tetapi selain dipengaruhi oleh operator dari  penyedia jaringan Internet, kecepatan koneksi Internet di perangkat smartphone anda juga ditentukan oleh berbagai hal lainnya. Maka dari itu, coba anda lakukan hal-hal berikut ini agar supaya koneksi Internet di perangkat smartphone Android anda menjadi semakin cepat!

1. Blokir Iklan





Anda tentu sudah mengetahui kalau iklan itu menyedot sampai dengan 80% kuota? Nah, selain akan membuat kuota boros, keberadaan beberapa iklan di dalam suatu halaman web juga akan membuat koneksi Internet menjadi lambat karena harus memuat data yang lebih banyak lagi. Karena itu, guna mempercepat koneksi Internet di perangkat smartphone Android anda, sebaiknya anda coba untuk memblokir iklannya.

Guna memblokir iklan di browser, anda dapat menggunakan browser yang didalamnya terdapat Ad Blocker, seperti contohnya Opera Browser atau UC Browser. Sementara itu jika anda ingin memblokir semua jenis iklan yang ada didalam perangkat smartphone Android, anda bisa menggunakan aplikasi AdAway tapi syaratnya perangkat smartphone anda harus memiliki akses root.






Opera Browser for Android 37.02178.54








UC Browser for Android 

2. Kompres Gambar



Umumnya browser telah dibekali dengan fitur Data Saving. Tujuannya selain untuk menghemat penggunaan kuota, fitur Data Saving ini sangat berguna untuk mempercepat koneksi jaringan Internet anda. Dengan cara mematikan muatan gambar atau dengan cara mengompres gambar di browser kedalam ukuran yang paling kecil, maka dengan begitu proses loading halaman akan menjadi semakin cepat.

3. Hapus Cache

Sekarang ini, hampir 80% aplikasi yang telah terinstal di perangkat smartphone Android pastilah membutuhkan koneksi jaringan Internet agar dapat berfungsi dengan cerdas. Nah, semakin sering anda gunakan, aplikasi-aplikasi ini pasti akan menyimpan cache yang jika anda diamkan akan semakin menumpuk dan akan memberatkan performa perangkat smartphone anda Selain performa, cache yang telah banyak menumpuk akan bisa membuat proses muatan data menjadi semakin  berat.

Agar supaya koneksi Internet di perangkat smartphone Android anda semakin cepat, lakukan lah dengan rutin untuk membersihkan cache-yang ada pada perangkat smartphone anda.Namun jika anda sering membuka satu per satu aplikasi yang telah terinstal, sesekali anda bisa memanfaatkan bantuan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau pun Clean Master. Selain itu, anda pun dapat dengan mudah menghapus cache dengan melalui menu Settings - Storage - Cache, lalu terakhir anda pilih Clear Cache.









Clean Master (Boost & AppLock) 5.15.5







App Cache Cleaner - 1Tap Clean 6.0.2

4. Gunakan VPN


Ada kalanya koneksi jaringan Internet di suatu area sangat lambat, hingga ketika dipakai untuk browsing saja tidak sanggup. Untuk mensiasatinya,anda dapat menggunakan bantuan VPN agar dapat terhubung ke alamat IP di negara lain.

Selain dapat digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir oleh pemerintah, mengubah alamat IP dengan VPN juga dapat mempercepat koneksi Internet anda, dengan syarat terhubung dengan IP yang tepat.

5. Atur User Agent


Sebagian besar website sudah dibuat responsif  tujuannya agar dapat otomatis menyesuaikan tampilan ketika dibuka di perangkat smartphone maupun di komputer. Akan tetapi sayangnya terkadang ada saja pengguna smartphone yang kukuh ingin mencoba tampilan web yang ada di komputer pada perangkat smartphone, sehingga dapat membuat koneksi Internet-nya lambat. Maka dari itu, agar supaya koneksi Internet di browser anda semakin cepat, caranya atur User Agent di browser menjadi  setelan Mobile. Tujuannya  adalah agar supaya data dikompres agar sesuai untuk tampilan Mobile.

6. Pakai Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Khusus bagi anda yang memiliki perangkat smartphone yang sudah di-root, anda dapat mempercepat koneksi Internet sampai dengan 200% dengan menggunakan bantuan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Aplikasi ini bekerja yaitu dengan cara memberikan tweak khusus yang memberikan anda keleluasaan untuk mengatur dan juga memilih kecepatan koneksi Internet sesuai dengan kebutuhan.








3G/4G Speed Optimizer 1.3.0 

Akhir kata dengan anda coba untuk menerapkan cara-cara yang sudah diuraikan di atas, maka dijamin Internetan di perangkat smartphone Android anda tidak akan lambat lagi. Simpel bukan cara mempercepat koneksi Internet di perangkat smartphone Android anda. Maka Selamat mencoba semoga berhasil!

0 Response to "6 Cara Ampuh Guna Mempercepat Koneksi Internet Sampai Dengan 10 Kali Lipat di Android"

Post a Comment