Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tidak Selalu Yang Salah Operatornya, Kenali 5 Penyebab Sinyal Smartphone Anda Jelek

blogger templates
Tidak Selalu Yang Salah Operatornya, Kenali 5 Penyebab Sinyal Smartphone Anda Jelek 


Di era digital sekarang ini, perangkat smartphone sudah menjadi suatu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang, baik tua maupun muda, yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari untuk keperluan bisnis maupun hanya untuk sekedar browsing maupun chatting dengan teman ataupun keluarga. 

Walaupun kenyataannya sekarang ini banyak ditemui berbagai merek smartphone kini berjajar di pasaran, mulai dari harga yang murah sampai yang termahal pun banyak kita temui. namun sayangnya hal itu masih dirasa oleh sebagian orang tidak berbanding lurus dengan kekuatan jaringan yang ada terutama di Indonesia. Bahkan masih sering kita dengar jika  beberapa operator cuma menyajikan kualitas sinyal yang rendah, bahkan menjadi terkesan jelek.

Akan tetapi anda jangan buru-buru untuk menilai jika pihak operator seluler nya yang salah. Karena terdapat beberapa alasan yang mungkin saja terdapat di perangkat smartphone anda, akan tetapi anda tidak menyadarinya. Hal-hal berikut ini mungkin adalah yang menjadi alasan di balik jeleknya kualitas sinyal pada perangkat smartphone anda, Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Tidak Selalu Yang Salah Operatornya, Kenali 5 Penyebab Sinyal Smartphone Anda Jelek 

1. Kebanyakan Aplikasi


Coba anda cek berapa banyak aplikasi yang terdapat didalam perangkat smartphone anda? Mungkin untuk mereka yang hanya memiliki perangkat dengan kapasitas ROM yang kecil tidak banyak menggunakan aplikasi. Akan tetapi, berbeda dengan mereka yang mempunyai perangkat smartphone dengan kapasitas memori yang besar.

Tapi sangat disayangkan, jumlah aplikasi yang berlebihan ternyata bisa menjadi alasan mengapa sinyal di jaringan perangkat smartphone anda hanya bertahan di 1 atau 2 bar saja. Karena semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka  kemungkinan semakin sedikit pula sinyal yang bisa di terima oleh perangkat smartphone anda. Maka dari itu, segera lah untuk membatasi jumlah aplikasi yang ada di dalam perangkat smartphone anda.

2. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Gratis


Aplikasi gratis ternyata tidaklah sepenuhnya gratis. Karena di dalam beberapa aplikasi gratis sudah tentu ditemukan berbagai iklan. Karena iklan tersebut merupakan sumber pendapatan dari para pengembang aplikasi yang mereka buat. Namun sayangnya, iklan di dalam aplikasi gratis akan bisa menjadi salah satu alasan di balik rendahnya kualitas sinyal operator yang anda raih.

Karena iklan yang ada di dalam aplikasi yang didapat secara gratis membutuhkan jaringan untuk menampilkan konten mereka. Jika anda lupa untuk menutup aplikasi gratis setelah digunakan, iklan tersebut tetap mencari sinyal, karena mereka mengira penggunanya masih menggunakan aplikasi yang terkait. Maka dari itu, janganlah merasa heran jika sinyal anda seakan berat walau perangkat smartphone dalam keadaan tidak digunakan.

3. Sistem Operasi



Sistem operasi yang disebutkan di sini bukan bermaksud untuk menyudutkan dari system operasi Android maupun iOS. Yang dimaksud di sini adalah versi dari sistem operasi yang telah dikirimkan oleh para penciptanya. Jadi walaupun versi OS di dalam perangkat smartphone anda adalah yang  paling baru, akan tetapi bisa jadi OS tersebut kurang cocok dengan berbagai komponen yang ada di dalamnya. Disaat tidak adanya kecocokan di antara software dan juga hardware, bukanlah hal yang tidak mungkin jika antena smartphone, yang aslinya merupakan sebuah komponen dari  perangkat smartphone, tidak bisa bekerja maksimal  sebagaimana mestinya.

4. Tidak Menutup Jendela Aplikasi Sesudah Digunakan


Ternyata inilah kebiasaan buruk bagi kebanyakan pengguna perangkat smartphone, yaitu tidak menutup aplikasi yang sudah selesai mereka gunaka, karena aplikasi yang tidak ditutup oleh perangkat akan dianggap masih digunakan sehingga dengan begitu perangkat masih akan terus mengirimkan sinyal yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

5. Adanya Malware


Malware merupakan sejenis software jahat yang bertugas sebagai pencuri data yang ada di dalam perangkat yang dimasukinya. Cara kerjanya adalah dengan membuka seluruh akses dan  juga menggunakan jaringan yang diterima oleh perangkat selular, untuk kemudian nantinya bertugas mengirimkan data yang sudah mereka terima.

Ketika sebuah perangkat smartphone telah mengemban sebuah malware, akibatnya sinyal jaringan akan dipusatkan kepada aktivitas malware tersebut. Dengan begitu, anda wajib untuk mencari aplikasi guna mendeteksi malware tujuannya untuk menghindari adanya beberapa kemungkinan ini.

Akhir kata, itulah 5 kemungkinan penyebab sinyal smartphone anda menjadi lemah. Namun jika anda telah mengikuti cara yang telah disebutkan diatas akan tetapi masih gagal, itu artinya memang sinyal dari operator seluler anda yang buruk.

0 Response to "Tidak Selalu Yang Salah Operatornya, Kenali 5 Penyebab Sinyal Smartphone Anda Jelek "

Post a Comment