Seputar informasi teknologi internet dan Android

Gini Caranya Cari Tau Kebiasaan Teman Lewat Aplikasi WhatsApp

blogger templates


Gini Caranya Cari Tau Kebiasaan Teman Lewat Aplikasi WhatsApp


Di era digital ini perkembangan telekomunikasi berkembang sangat pesat,terutama perkembangan alat komunikasi seperti perangkat ponsel,  jika dahulu orang menggunakan perangkat ponsel hanya bisa digunakan untuk menelpon atau sekedar berkirim pesat singkat saja. 

Namun sekarang ini dengan berkembangnya jaman perangkat ponsel mengalami banyak perkembangan, sekarang bukan hanya untuk menelpon saja namun ponsel sekarang dapat digunakan untuk video call atau pun chatting dan juga dapat digunakan sebagai media sosial, sehingga dapat berbagi cerita ataupun meluaskan pertemanan dengan jejaring social, seperti contohnya Facebook.

Selain sebagai media jejaring sosial, perangkat ponsel pintar atau biasa sekarang ini disebut Smartphone juga jamak digunakan sebagai media Chatting atau berkirim pesan multimedia, dengan melalui aplikasi yang populer sekarang ini yaitu aplikasi WhatsApp. 

Dan dengan melalui fitur yang ada di aplikasi WhatsApp ternyata andapun bisa mengetahui kebiasaan orang lain melalui aplikasi WhatsApp.
Melalui Aplikasi chatting terpopuler saat ini yaitu  WhatsApp, mengklaim memiliki fitur enkripsi end-to-end.

Dengan Fitur ini menerangkan bahwa pengguna maupun pihak WhatsApp tidak ada yang bisa mengintip isi pesan yang dikirim oleh para penggunanya.

Namun ternyata baru-baru ini seorang software engineer yang bernama Robert Heaton telah berhasil menemukan celah keamanan dari aplikasi pesan tersebut.

Robert telah menemukan celah yang dapat memungkinkan pihak ketiga untuk memantau kebiasaan dari para pengguna aplikasi WhatsApp.

Seperti  yang dikutip dari situs online Phone Arena, pada Jumat (13/10/2017), celah keamanan ini muncul dari fitur status online dan last seen dari akun user aplikasi Whatsapp.

Perlu anda diketahui, fitur last seen telah memungkinkan orang lain untuk mengetahui kapan seseorang sedang online di Whatsapp.

Lantas bagaimana informasi itu bisa diolah guna mengetahui kebiasaan orang lain dengan menggunakan aplikasi Whatsapp?

Ternyata Robert Heaton melakukan langkah dibawah ini untuk mengetahui dari kebiasaan seseorang.
Langkah pertama, Robert Heaton membuat sebuah ekstensi di Aplikasi Chrome agar dapat mengetahui dari kontak WhatsApp yang sedang online.

Lalu kemudian Robert Heaton memanfaatkan empat baris Javascript pada Aplikasi WhatsApp Web.
Kemudian munculah data dari aktivitas dari kontak Whatsapp yang dimiliki Robert.

Robert selanjutnya mengolah data itu dan kemudian membandingkannya.
Apa yang dilakukan oleh kontak yang satu dan lainnya semua terekam dengan jelas!
Robert Heaton bisa mengetahui waktu ketika seseorang berkomunikasi dengan siapa dan kapan seseorang itu sedang tidur.

Walaupun tak begitu membahayakan, data ini bisa dikumpulkan danabisa saja dijual ke pihak ketiga dengan tujuan pemasaran.

Para pengguna aplikasi ini tentu mengetahui bahwa Whatsapp memiliki fitur yang dapat mengetahui kapan pengguna lain melihat atau membuka Whatsapp.

Akan tetapi terkadang pengguna aplikasi ini memiliki privasi yang berlebih sehingga perlu untuk 'menghilangkan' status last seen pada aplikasi Whatsapp-nya.

Namun sebenarnya  fitur last seen dapat pula dinonaktifkan, sehingga pengguna lain tidak dapat mengetahui kapan kita terakhir menggunakan aplikasi pesan WhatsApp tersebut.


Berikut dibawah ini cara untuk menonaktifkan fitur last seen di Whatsapp.

Untuk pengguna Smartphone Android

1. Pertama anda buka aplikasi whatsapp yang sudah terinstall pada perangkat  smartphone/tablet
2. Kemudian klik buka menu lalu selanjutnya pilih setting -> Privacy -> Last seen, disini terdapat tiga pilihan yaitu fitur Last seen ini dapat dilihat oleh
– everybody
– contacts
– nobody
3. Selanjutnya anda pilih nobody jika memang anda tidak ingin siapapun dapat melihat kapan terakhir kali anda menggunakan aplikasi whatsapp
4. perlu untuk diketahui , jika anda  telah menonaktifkan/disable fitur ini maka anda juga tidak dapat melihat Last seen pengguna whatsApp lain.

Untuk Pengguna IPhone

1. Buka aplikasi whatsapp yang telah terinstall, lalu kemudian buka chat setting dan selanjutnya pilih Advanced
2. Langkah berikutnya klik fitur  Last seen dan  kemudian anda pilih turn it “off”

0 Response to "Gini Caranya Cari Tau Kebiasaan Teman Lewat Aplikasi WhatsApp"

Post a Comment