Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Cepat dan Tepat Untuk Menghapus Data Pribadi pada Smartphone Anda yang Hilang

blogger templates


Cara Cepat dan Tepat Untuk Menghapus Data Pribadi pada Smartphone Anda yang Hilang


Mungkin hal yang pertama kali terpikirkan oleh kebanyakan orang ketika kehilangan smartphone kesayangan nya adalah data pribadi ataupun data-data penting lainnya yang ada dalam perangkat smartphone tersebut. Guna mencegah orang yang tidak bertanggung jawab melihat data pribadi tersebut, banyak aplikasi yang dapat memungkinkan orang yang tidak diinginkan tersebut sehingga tidak dapat melihatnya. 

Seperti yang dilansir dari situs Gizbot, cara untuk menghapus konten, mengunci perangkat, dan juga untuk menemukan perangkat anda yang hilang, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur yang bernama Find My Device yang berada pada perangkat Android anda. Agar fitur tersebut dapat berfungsi dengan maksimal, caranya adalah perangkat Anda harus terus dalam keadaan hidup, Akun Google Anda dalam keadaan aktif, fitur lokasi pada perangkat harus anda hidupkan, dan yang terpenting harus tetap terhubung pada jaringan internet.

Langkah pertama yang harus anda lakukukan setelah memastikan semua aspek di atas dalam keadaan aktif dan terhubung dengan jaringan internet, Anda dapat menuju ke android.com/find, selanjutnya masukkan akun Google Anda. Lalu setelah itu, Anda akan diberikan daftar perangkat mana saja yang pernah terhubung dengan akun Google Anda, langkah berikutnya adalah anda pilih perangkat yang hilang. 

Setelah anda memilih perangkat yang hilang, maka kemudian akan muncul pada peta lokasi di mana perangkat Anda terakhir kali berada. Selanjutnya Anda akan diberikan 3 pilihan fitur yang bisa Anda lakukan pada perangkat android yang telah hilang, pilihannya yaitu Sound, Lock, dan Erase.

Jika Anda memilih menu Sound, maka perangkat Anda yang hilang akan membunyikan suara atau dering dengan volume penuh dengan durasi selama 5 menit. Yang lebih unik suara atau dering tersebut akan tetap akan berbunyi walaupun perangkat Anda yang hilang tadi dalam posisi diam atau getar sekalipun. 

Berikutnya jika Anda memilih menu Lock, maka selanjutnya perangkat Anda akan secara otomatis mengunci dengan menggunakan PIN, pola, ataupun kata sandi. Selain itu, Andapun  dapat menambahkan pesan pemulihan atau menambahkan nomor telepon tertentu pada layar perangkat yang telah terkunci. 

Sedangkan jika anda melakukan pilihan pada menu Erase, maka yang terjadi adalah seluruh data pada perangkat Anda yang hilang tersebut akan dihapus secara permanen. Maka pilihan ini adalah pilihan yang teraman namun memiliki banyak risiko, sebab mungkin saja Anda belum pernah sekalipun mem-back up data-data pribadi pada perangkat ponsel Anda dan akan menyebabkan data-data penting yang ada dalam perangkat ponsel tersebut akan hilang untuk selamanya selamanya.

0 Response to "Cara Cepat dan Tepat Untuk Menghapus Data Pribadi pada Smartphone Anda yang Hilang"

Post a Comment