Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Yang Bisa Bikin Hasil Foto Di Smartphone Makin Oke

blogger templates


5 Tips Yang Bisa Bikin Hasil Foto Di Smartphone Makin Oke 


Sejalan dengan perkembangan teknologi terutama perangkat smartphone, maka semakin banyak pula berbagai hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat tersebut. Salah satunya adalah mengabadikan gambar dalam bidikan kamera smartphone atau yang dikenal dengan nama fotografi mobile.

Perangkat Smartphone mahal bukan menjadi jaminan utama untuk bisa menghasilkan gambar  yang bagus. Anda masih harus tetap harus belajar dan terus mengeksplorasi berbagai cara memotret dengan menggunakan perangkat smartphone, sehingga bisa menghasilkan foto yang lebih baik dan bagus.

Dibawah ini ada lima tips untuk membantu anda untuk menjadi "fotografer mobile profesional", seperti yang dikutip dari situs Life Wire.

1. Pilih pencahayaan yang tepat

Pencahayaan adalah merupakan salah satu bagian yang penting dalam seni fotografi. Karena hal tersebut akan bisa membuat gambar menjadi tampak lebih indah hasilnya.

Anda bisa merekam momen indahnya bayangan yang dihasilkan dari matahari pada berbagai subjek. Kemudian pantulan cahaya di gedung-gedung juga bisa anda jadikan objek foto yang menarik. Selain dari itu, cahaya yang masuk melalui jendela ke dalam ruangan juga bisa menjadi sesuatu hal yang indah untuk dibidik untuk dijadikan obyek yang menarik.

Anda dapat memanfaatkan "golden hour" untuk mencoba mempraktikkan pengambilan gambar dengan menggunakan cahaya. Golden hour dalam seni fotografi adalah waktu singkat setelah matahari terbit atau waktu sebelum matahari terbenam.

Dan hal yang harus anda ingat adalah perangkat smartphone bukan pilihan yang terbaik untuk mengambil foto dengan  keadaan kondisi minim cahaya. Oleh sebab itu, anda harus mencoba memanfaatkan berbagai fitur  yang ada pada kamera smartphone semaksimal mungkin.

Angle

2. Jangan menggunakan fitur zoom

Tips selanjutnya adalah sebaiknya anda jangan menggunakan fitur zoom pada perangkat smartphone saat melakukan proses pemotretan. Jika anda menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera smartphone biasanya hasil foto menjadi tidak begitu bagus karena menyebabkan noise terlihat cukup jelas.

Ketika  anda merasa terlalu jauh melihat obyek saat memotret, maka sebaiknya anda mendekatlah ke objek tersebut atau pada subjek fotonya. Percaya deh, hasil foto dari  kamera smartphone akan jauh lebih bagus hasilnya tanpa menggunakan fitur zoom.

3. Tentukan angle menarik

Jangan merasa takut untuk mengubah pandangan anda semua pada berbagai hal. Pesan ini pun berlaku juga saat anda memotret, termasuk dalam hal fotografi smartphone.

Berani mengubah untuk angle akan memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus lagi. Jadi jangan merasa takut untuk bereksplorasi dengan mengubah berbagai sudut pandang. Coba lah sebanyak mungkin angle dalam pengambilan gambar.

Selain itu, anda juga harus lebih jeli untuk melihat lingkungan sekitar yang dapat menjadikan foto menjadi lebih menarik. Cermin, kaca dan berbagai benda yang  berkilau lain, misalnya, akan dapat memberikan refleksi yang indah pada hasil foto anda.

4. Aplikasi pengeditan


Kegiatan Fotografi mobile akan menjadi lebih menyenangkan berkat bantuan  banyak aplikasi pendukung. Aplikasi-aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis di Google Play Store, tapi ada pula aplikasi yang berbayar.

Pilihlah aplikasi fotografi yang sesuai dengan selera anda. Selanjutnya anda bisa mengedit foto-foto dari perangkat smartphone untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi.

5. Bersihkan lensa


Pastikanlah tidak adanya noda yang menempel pada lensa kamera. Ini merupakan aturan praktis yang sederhana. Karena lensa yang bersih bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam.
Oleh sebab itu, pastikan lensa kamera anda sudah dalam keadaan bersih sebelum proses pengambilan gambar. Anda tentu tidak mau  ada 'noda' yang mengganggu pada hasil gambarnya bukan?

Sejumlah tips ini akan dapat membantu anda untuk menghasilkan gambar yang bagus dengan kamera smartphone. Akan tetapi anda jangan merasa tertekan dengan berbagai aturan-aturan dalam fotografi. Terlepas dari berbagai tips dan aturan-aturan yang ada, anda harus bergembira agar bisa menikmati serunya aktivitas fotografi mobile.

Sebaiknya bergabunglah dengan komunitas yang ada di lingkungan anda untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru lagi. Akan selalu membahagiakan ketika anda bisa bergabung dengan banyak orang, yang juga sama-sama mempelajari dan menikmati dari seni fotografi.

0 Response to "5 Tips Yang Bisa Bikin Hasil Foto Di Smartphone Makin Oke "

Post a Comment