Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Jitu Bikin Password Yang Tidak Mudah Dibobol!

blogger templates


Cara Jitu Bikin Password Yang Tidak Mudah Dibobol! 


Di era digital ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, hampir semua lini kehidupan telah terkoneksi dengan jaringan internet, mulai dari urusan kantor sampai dengan urusan rumah tangga.

Seperti contohnya ketika kita ingin mencari barang-barang kebutuhan rumah tangga misalnya kita ingin membeli peralatan dapur, maka dengan adanya jaringan internet kita hanya perlu membuka aplikasi toko online saja, semua kebutuhan yang kita inginkan tersedia disana, kita tinggal klik barang yang diinginkan, maka tanpa menunggu lama barang akan diantar ketempat tujuan.
Maka dari itu internet telah mempermudah dalam kegiatan sehari-hari sehingga tidak salah jika manusia diera digital ini menempatkan internet sebagai kebutuhan utama. 

Karena itulah sekarang ini Internet telah menjadi bagian dari hidup kita selama hampir 35 tahun. Akan tetapi, untuk urusan pembuatan password atau kata sandi secara online rupanya masih banyak orang yang masih belum memiliki kesadaran untuk membuat kata sandi yang cukup aman untuk digunakan. 

Berdasarkan dari hasil riset Security study, kata sandi yang paling umum digunakan adalah “123456”. Kata sandi seperti itu tentu akan mudah untuk diingat, sekaligus juga mudah untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Karena itulah agar tak mudah dibobol, caranya anda perlu memberikan password yang kuat pada akun Anda sehingga tidak gampang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Jika Anda menggunakan kata sandi yang mudah diingat untuk banyak akun, hal ini akan menimbulkan resiko bagi data anda. Berikut dibawah ini adalah 5 tips guna memastikan kata sandi Anda cukup kuat untuk digunakan. Buatlah password yang panjang

Bagi para Hacker mereka menggunakan berbagai metode agar bisa masuk ke dalam akun  milik Anda. Dan salah satu caranya adalah dengan memasukan secara manual huruf, angka, dan simbol yang bertujuan untuk menebak kata sandi Anda. Namun ada metode yang lebih maju caranya adalah  dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai "brute force attack". Dalam Teknik yang dipakai ini, sebuah program komputer berjalan dengan melalui setiap kemungkinan kombinasi pada setiap huruf, angka, dan juga simbol secepat mungkin untuk memecahkan kata sandi  yang Anda buat. Maka semakin panjang dan lebih kompleks kata sandi yang Anda buat, menyebabkan semakin lama proses ini berlangsung. Kata sandi yang anda buat yang panjangnya tiga karakter akan membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dipecahkan oleh para hacker.

 Buat Kata Sandi Anda  Frasa yang tidak masuk akal

Dengan cara membuat kata sandi yang panjang adalah merupakan suatu keputusan yang tepat. Akan tetapi lebih baik lagi jika kata sandi yang panjang tersebut berupa kata acak atau sebuah frasa. Jika kombinasi huruf yang anda buat Anda tidak ada dalam kamus, frasa Anda tidak terdapat dalam literatur yang diterbitkan, dan juga tata bahasa yang tidak benar, hal tersebut akan lebih sulit untuk diretas. Jangan juga  anda menggunakan karakter yang sejajar dari keyboard perangkat smartphone  maupun perangkat computer anda seperti angka yang berurutan atau “qwerty”.

 Kombinasikan Angka, Simbol, dan Huruf Besar dan Huruf Kecil.

Cara selanjutnya adalah campurkan secara acak simbol, angka dan huruf. Anda bisa menukar angka nol dengan menggunakan huruf O atau @ untuk huruf A, misalnya. Jika kata sandi  yang Anda buat adalah frasa, maka pertimbangkan menggunakan huruf besar di setiap kata baru, sehingga menjadi lebih mudah untuk anda ingat.

 Hindari menggunakan informasi pribadi yang  mudah dikenal

Kalau ada informasi pribadi tentang Anda yang mudah untuk ditebak dan ditemukan – seperti misalnya tanggal ulang tahun, anniversary, alamat, tempat lahir, sekolah menengah atas, dan nama sanak saudara maupun binatang peliharaan – ingat jangan masukan hal – hal tersebut ke dalam kata sandi anda. Hal tersebut hanya akan membuat kata sandi yang telah Anda buat menjadi mudah untuk ditebak. Dalam catatan tersebut, jika Anda diminta untuk memilih pertanyaan dan jawaban keamanan saat membuat akun online seperti media sosial, maka pilihlah yang tidak terlalu mudah untuk dikenali bagi seseorang yang menjelajahi akun dimedia sosial Anda.

 Ganti kata sandi secara berkala

Ketika semakin sensitif informasi  mengenai Anda, maka anda harus semakin sering mengganti kata sandi. Namun ketika kata sandi tersebut diubah, maka sebaiknya anda jangan menggunakan kata sandi itu lagi untuk jangka waktu yang lama.

0 Response to "Cara Jitu Bikin Password Yang Tidak Mudah Dibobol! "

Post a Comment