Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Memilih Kartu Micro SD Yang Tepat Untuk Digunakan Pada Smartphone Anda

blogger templates


5 Cara Memilih Kartu Micro SD Yang Tepat Untuk Digunakan Pada Smartphone Anda


Dengan perkembangan perangkat komunikasi khususnya adalah Smartphone yang sekarang ini telah banyak di gunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan pebisnis, pegawai kantoran, pelajar sampai dengan ibu rumah tangga.

Namun seiiring dengan perkembangannya yang kiat pesat ada perangkat pendukung yang seakan wajib untuk di pergunakan yaitu adalah kartu microSD, karena tidak semua perangkat yang smartphone yang dimiliki oleh penggunanya mempunyai memori internal yang luas, sehingga dibutuhkan memori eksternal melalui kartu microSD yang berfungsi sebagai media penyimpanan seperti untuk menyimpan file, gambar maupun video.

Namun walau begitu, sebenarnya perlu anda ketahui bahwa kemampuan dari kartu microSD sangat bergantung pula pada kelas dan kecepatannya, serta kemampuan dari perangkat Smatphone anda.

Jadi apa saja yang perlu diperhatikan ketika anda memilih sebuah kartu micro SD untuk  perangkat smartphone?

Bersumber dari beberapa tips yang dirangkum dari situs Android Pit, maka yang harus anda perhatikan ketika memilih kartu microSD adalah sebagai berikut :

1. Pastikan perangkat mendukung kartu MicroSD


Terkadang tidak semua perangkat smartphone mendukung adanya slot microSD dan justru para produsen nya mengklaim telah menyediakan ruang penyimpanan internal dengan kapasitas besar.

Oleh sebab itulah, pastikan bahwa perangkat smartphone Android anda telah memiliki dukungan untuk slot micro SD agar  supaya bisa memperluas ruang pada penyimpanan internal nya.

Dan ketika anda membeli kartu micro SD, pastikan anda telah mengetahui perbedaan antara kartu SDHC dengan SDXC. Perbedaannya yang pasti adalah terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.


Untuk kartu memori jenis SDHC atau secure digital high capacity mampu menyimpan data hingga 32GB sedangkan untuk kartu SDXC (secure digital extended capacity) akan dapat menampung data mulai dari 64GB keatas.

Tapi sayangnya, Micro SD yang beredar di pasaran tak semuanya asli. Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Karena itu penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu  jenis SDXC.



Perhatikan Class Micro SD

3. Arti Class pada sebuah kartu Micro SD


Sekarang ini kartu micro SD diproduksi dalam beberapa kelas atau class, misalnya class 2, 4, 5, dan 10. Apa maksud dari pembagian class tersebut? Ternyata, class tersebut menunjukkan tingkat minimum di mana kartu MicroSD ini dapat mempertahankan transfer data.

Sebagai contoh untuk kartu microSD dengan Class 2, itu artinya adalah kartu microSD dapat membaca dan juga menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan untuk kartu microSD dengan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada kecepatan 10Mbps.

4. Maksud UHS Pada Kartu Micro SD

Sejak tahun 2009, untuk kartu microSD tertentu sudah kompatibel pada UHS-1 atau dengan UHS-4. Dan secara teori, USH bisa dikatakan adalah kecepatan transfer data yang mencapai 312Mbps.

Namun saat ini, belum ada perangkat smartphone yang telah mendukung standar UHS. Oleh karena itu, kecepatan transfer datanya sangat berbeda dengan kecepatan pada kartu micro SD yang ada saat ini.

5. Micro SD yang lebih baik bisa mempercepat kinerja smartphone

Dan pertanyaan paling utama yang diajukan dalam memilih kartu micro SD adalah, apakah semakin baik kartu micro SD yang kita pergunakan akan bisa meningkatkan kinerja  pada perangkat Smartphone? Maka jawabannya adalah 'iya' tentu saja.

Ketika anda menyimpan aplikasi maupun foto pada kartu micro SD, maka kartu micro SD yang memiliki kecepatan lebih tinggi akan dapat menyimpan foto lebih cepat, serta meningkatkan kecepatan transfer data ketika mentransfer sejumlah  file, serta mampu menyimpan aplikasi dengan lebih cepat.

Sedangkan jika anda membuka aplikasi yang tersimpan di memori internal smartphone pasti lah akan bisa membuat kinerja dari smartphone anda menjadi lebih lambat.

Jadi, apakah sudah siap untuk memilih kartu Micro SD yang tepat untuk digunakan pada Smartphone Anda ?

1 Response to "5 Cara Memilih Kartu Micro SD Yang Tepat Untuk Digunakan Pada Smartphone Anda"

  1. Saya baru tw ternyata hrs memerhatikan beberapa hal ya sebelum membeli micro sd (Y)

    ReplyDelete