Seputar informasi teknologi internet dan Android

7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Kuota Data Internet di Perangkat Android Anda

blogger templates


7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Kuota Data Internet di Perangkat Android Anda

Tidak dapat kita pungkiri, memang Internet di jaman digital sekarang  ini sudah menjadi hal yang sangat penting dan utama. Bahkan diantara kita jikalau tidak bertemu sehari saja bisa bikin suasana hati berantakan.  Akan tapi pemakaian kuota data internet sangat berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan. Semakin banyak dan cepat koneksi internet yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harganya. Bisa kebobolan kantong kita jika begitu terus. Maka dari itulah, kali ini akan berbagi artikel menarik tentang 7 Cara Ampuh  Untuk Menghemat Kuota Data Internet di Perangkat Android Anda.

Kalau memang anda tidak bisa meminta provider penyedia layanan internet untuk menurunkan harga paket datanya, yang bisa anda lakukan hanya mengutak-atik perangkat ponsel anda agar dapat mengurangi pemakaian data internet anda. Selain itu anda pun juga bisa browsing menggunakan browser hemat memori untuk mengurangi penggunaan datanya.

Berikut adalah 7 Cara Menghemat Kuota Data di Android:

1. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing.


Jika anda adalah pengguna Chrome browser, maka anda dapat memotong penggunaan dari kuota data dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini anda dapat menuju ke menu Settings > Data Saver > ON. Dengan Fitur ini akan bisa mengompres data anda sampai dengan 50% sehingga bisa mengurangi pemakaian data di perangkat Smartphone Android anda.


Chrome Browser 57.0.2987.132 

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.


Salah satu cara untuk menghemat penggunaan kuota data adalah dengan cara menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak anda pergunakan secara berkala. Untuk memulainya, caranya adalah anda bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini akan menghemat pemakaian kuota data anda karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke jaringan internet.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.


Anda pasti mengetahui fitur data usage warning dan limit system yang memang sudah dibenamkan di tiap perangkat Smartphone Android? Anda dapat memanfaatkan fitur ini guna memberikan anda peringatan saat pemakaian data internet anda sudah melampaui batas. Untuk menggunakan fitur ini anda bisa masuk ke  menu Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Lalu Klik untuk mengaktifkannya.

4. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).


Jika anda merasa benar-benar merasa boros untuk pemakaian kuota data internet, maka salah satu cara untuk menghematnya adalah dengan memberhentikan penggunaan data yang ada  di background. Untuk membatasinya caranya anda bisa menuju ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Cara  ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data ketikat mereka berjalan di background, akan tetapi kendalanya adalah notifikasi anda menjadi terlambat datang.

5. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.


Sekarang ini banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita untuk koneksi ke internet akan tetapi hal itu tentu saja bisa membuatnya memakan banyak kuota data. Karena itu untuk mengetahui aplikasi yang memang banyak menyedot kuota data, anda bisa menuju menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan kemudian temukan daftar aplikasi yang memang memakan banyak data anda. Solusinya adalah anda bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian bisa menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat pemakaian kuota data.

6. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi.


Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

7. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi.


Jika anda menggunakan aplikasi yang berasal dari Google Play Store, maka perangkat Smartphone akan meng-update secara otomatis aplikasi yang telah terinstal di situ. Update yang ditawarkan dari berbagai aplikasi terkadang memakan kuota data internet yang sangat besar, hal ini tentu saja akan bisa membuat boros penggunaan kuota. 

Untuk mensiasati hal ini, anda bisa untuk mengaktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat perangkat smartphone anda terkoneksi dengan WiFi saja. Untuk mengaktifkannya anda bisa masuk ke Play Store dan kemudian anda pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Dengan cara tersebut di atas bisa anda lakukan untuk menyiasati perangkat smartrtphone anda agar dapat menghemat pemakaian kuota data. Sehingga bisa membuat anda menghemat pengeluaran uang setiap bulannya.

0 Response to "7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Kuota Data Internet di Perangkat Android Anda"

Post a Comment