Seputar informasi teknologi internet dan Android

Awas..!Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial Yang Tanpa Anda Sadari

blogger templates


Awas..!Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial Yang Tanpa Anda Sadari 


Berabagai cara di lakukan oleh sebagian orang untuk membunuh waktu dan juga untuk mengusir rasa bosan salah satunya dengan melalui media sosial yang mungkin sering kita lakukan. Dan salah satunya adalah melalui media sosial  yang paling popular saat ini yaitu facebook tentunya,  di mana melalui aplikasi facebook ini banyak yang bisa kita lakukan, seperti  bisa melihat tayangan video lucu, bermain berbagai game, ataupun menuliskan curhatan kita di halamannya dan kemudian membaginya ke semua yang berteman dengan kita di social media Facebook.

Akan tetapi, sudahkah anda mengetahui jika ternyata para penjahat cyber juga memanfaatnya untuk melakukan pencurian uang maupun informasi penting dari kita? Berikut dibawah ini berbagai bentuk penipuan  terutama yang ada di social media facebook yang mungkin saja seringkali tidak kita sadari sebelumnya :

1. Fitur kuis Facebook

Dengan bermain kuis yang ada di facebook terkadang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih fresh. Akan tetapi, beberapa fitur kuis yang ada di facebook akan meminta akses menuju profil Anda. 

Menurut Adam Levin, seorang pendiri dari The Global Indentity Protection and Data Risk dan sekaligus seorang penulis buku Swiped, mengatakan bahwa fitur kuis tersebut akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih jauh lagi  mengenai semua data diri kita.

"Fitur-fitur yang ada tersebut murni guna mengumpulkan data dengan melalui pertanyaan keamanan," begitu menurut Adam Levin.

Adam Levin memberi saran agar jika kita bermain kuis hanya melalui laman yang terpecaya saja. Selain dari itu, alangkah baiknya jika kita membuat jawaban palsu untuk sebuah pertanyaan soal pemulihan dari kata kunci sehingga memungkinkan password kita sulit untuk dipecahkan.

Mungkin akan cukup mudah bagi para penjahat cyber ini untuk memancing agar supaya  Anda mengatakan nama masa kecil dari  ibu Anda, kode yang sering anda gunakan untuk mengkonfirmasikan suatu akun tertentu. Jadi sebaiknya, berikan saja jawab palsu yang mudah untuk  diingat. Modus penipuan melalui pertanyaan keamanaan ini adalah salah cara paling mudah dilakukan.

2. Hadiah yang tidak masuk akal

Pertanyaannya, siapa orang yang tidak mau mendapat hadiah gratis?. Apalagi jika hadiah yang akan diberikan tersebut bernilai jutaan rupiah. Mungkin saja kita akan gampang tergiur oleh suatu giveaway (undian) tersebut. Bahkan, mungkin dengan begitu mudahnya kita akan mengarahkan kursor pada suatu link bertuliskan 'Sign me up!' untuk mendapatka hadiah tersebut.Namun, kita perlu mewaspadai akan hal tersebut.

Menurut Eva Velasquez, seorang CEO dan presiden The Indentity Theft Resource Center mengatakan agar kita harus  benar-benar memastikan apakah undian yang ditawarkan itu benar-benar nyata sebelum kita mulai untuk ikut bermain.

"Ya, memang ada bentuk undian yang sah dan ada juga undian yang palsu. Akan tetapi, biasanya akan selalu ada maksud yang tersembunyi di balik semua undian tersebut," ujarnya.

iPad, tiket penerbangan, atau pun perhiasan mewah gratis yang dijanjikan oleh sebagian besar perusahaan sponsor memang sangat menggiurkan. Dengan syarat-syarat yang sangat mudah seperti  dengan cara mendaftar newsletter atau dengan cara  membeli berbagai produk perusahaan tersebut akan menjadi kita terbuai dan dengan begitu mudahnya memberikan informasi data pribadi kita.

Namun sebelum anda melakukan itu semua, sebaiknya anda pertimbangkan dulu peluang untuk menang  kuis tersebut dan berbagai risiko besar apa saja yang akan menimpa dengan melepaskan informasi pribadi kita. Maka sebaiknya anda abaikan saja tipuan media sosial yang mengadakan undian dengan menggunakan cara  seperti ini.

3. Teman lama yang baru

Sebaiknya anda lebih bersikap skeptis jika menerima permintaan pertemanan baru dari akun seseorang yang sebelumnya memang sudah berteman dengan Anda melalui media sosial facebook. Pada beberapa orang memang kadang mereka suka membersihkan akun yang lama  dan membuat akun yang baru. Akan tetapi anda harus waspada, karena tidak semua permintaan pertemanan baru itu jujur, sebab cara seperti itu juga digunakan oleh para penipu dengan cara berpura-pura menjadi teman Anda pada media sosial.

Umumnya para penipu itu akan mengkloning seluruh profil facebook seseorang dan kemudian mereka menciptakan akun palsu yang kemudian mengatasnamakan  akun orang tersebut. Dari akun seseorang yang mengaku 'teman' anda, kemudian para hacker bisa mengirimkan tautan yang menipu, misalnya seperti tautan 'cara agar supaya cepat kaya raya' atau sebuah kutipan lucu yang ternyata mengandung virus.

Adam Levin mengatakan agar supaya kita menghindari segala macambentuk penipuan tersebut termasuk  juga email anonim yang masuk dalam menu inbox kita. 

"Masalahnya, adalah saat Anda klik,  maka link tersebut dapat mengirim malware ke komputer anda. Sebelum  anda menerima permintaan pertemanan yang terkesan aneh, kita harus screenshoot teks email tersebut atau  dengan cara mengkontak orang yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi bahwa ini bukanlah akun palsu," tambahnya lagi.

4. Permintaan aneh dari teman

Walaupun Anda belum menerima permintaan pertemanan dari seseorang, sebaiknya anda jangan langsung mempercayai pesan aneh dari seseorang yang belum pernah kita temui atau kita kenal. Para Hacker bisa menemukan password seseorang dan kemudian masuk ke akun mereka, lalu mereka mengirim pesan kepada teman-temannya yang lain.

Mereka  bisa jadi mengaku telah kehilangan dompet di negara lain dan kemudian meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah uang. Dan mungkin hal ini cukup jelas untuk menunjukan akan sebuah penipuan, tapi yang jadi permasalahan kadang pesan dari teman itu bisa membuat Anda  menjadi ceroboh dan gegabah sehingga tidak mampu untuk berpikir secara jernih.

Jika anda mau memastikan bahwa bahwa memang pesan tersebut benar-benar asli, sebaiknya hubungi  teman anda tersebut dengan menggunakan platform lain selain aplikasi facebook. Bila Anda  memang ingin menelpon, ketahuilah juga bahwa kalau ringtone terdengar berbeda suaranya  di berbagai negara. Jadi, andapun dapat mengetahui tempat atau negara dimana teman Anda sedang berpergian dengan cara meneleponnya walaupun dia tidak mengangkat telepon  dari anda. 

5. Pesan tak jelas

Anda mengenal ataupun tidak dengan orang yang memposting tautan tersebut, Anda pasti akan tergoda ketika seseorang mengirimkan pesan tautan dengan kalimat seperti "Lihat apa yang mereka katakan tentang kamu' dan kemudian klik apa yang terjadi selanjutnya.

"Secara tak langsung bentuk dari penipuan tersebut pasti akan menarik rasa penasaran anda," kata Eva Velasquez.

Selanjutnya Eva juga menyarankan, jangan pernah anda membuka tautan palsu yang tidak jelas tersebut. Tautan tak jelas tersebut patut untuk anda curigai, dan dengan mengkliknya akan bisa membuat malware ke dalam komputer anda.

"Lebih baik konfirmasikan dulu mengenai pesan tersebut pada teman anda," imbuhnya lagi.

6. Kupon undian

Dengan mengikuti fanspage sebuah restoran ataupun toko favorit adalah merupakan cara yang tepat agar supaya kita mengetahui mengenai informasi apapun terkait dengan toko atau restoran tersebut. 

Ketika fanspage tersebut memposting kode promo dan Anda kemudian memenangkan sejumlah uang, maka sangat beruntunglah Anda.

Tapi, sebaiknya jangan langsung percaya begitu saja  jika kemudian diminta untuk memberi data pribadi ataupun no pin bank Anda. Pada beberapa kasus, bentuk penipuan pada social media facebook, sebagian dari website muncul pada fanspage yang asli namun kemudian halaman yang muncul adalah merupakan halaman palsu.

"Carilah informasi melalui laman google. Carilah situs resminya dan lihatlah apa yang sebenarnya telah terjadi. Jika memang benar sedang ada promo maka pasti situs resmi toko tersebut akan memberi tahu Anda," ucap Velasquez.

7. Penggalangan dana

Biasanya, setelah terjadi suatu tragedi besar, Anda akan melihat banyaknya iklan dan postingan  di media social tentang  berbagai kegiatan amal untuk membantu para korban.

Adam levin kemudian mengatakan bahwa ada beberapa badan amal yang memang benar  menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban suatu bencana atau tragedi, tetapi ternyata juga ada yang bermaksud menipu dan memanfaatkan kepedulian dari orang lain.

Selain  dari itu, link amal ini juga dapat memuat malware pada komputer milik anda. Dan yang lebih parahnya lagi, uang Anda tidak akan sampai kepada korban tragedy atau bencana tersebut dan malah masuk ke kantong para penjahat cyber tersebut. Maka untuk lebih amannya, sebaiknya anda mencari situs-situs amal dengan melalui google daripada menggunakan facebook.

8. Secret Santa

Hal ini memang terdengar seperti ide bagus. Anda mengirim sejumlah hadiah dengan nominal tertentu kepada seseorang yang tidak anda kenal dan kemudian tiga orang lainnya yang tidak anda kenal juga akan mengirim sejumlah hadiah untuk Anda, inilah yang dikenal  dengan 'Secret Santa'.

Tapi, mirip dengan praktik penipuan dengan gaya menggunakan kupon undian, tidak ada jaminan bahwa Anda akan memperoleh kembali hadiah yang bernilai sama dengan jumlah nominal yang sudah Anda keluarkan.

"Anda hanya akan memberikan alamat rumah anda kepada orang asing dengan daftar barang yang anda sukai. Ini adalah merupakan sebuah invetasi yang buruk," kata Velasquez lagi.

Maka sebaiknya anda lebih waspada lagi akan adanya penipuan di sejumlah media sosial yang tanpa disadari agar anda tidak dirugikan dan kemudian menyesal dikemudian hari.

Akhir kata terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga dapat membawa manfaat bagi anda semua.
Wassalam 

Sumber berita : http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/28/225951420/8-penipuan-lewat-media-sosial-yang-tidak-anda-sadari

0 Response to "Awas..!Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial Yang Tanpa Anda Sadari "

Post a Comment