Seputar informasi teknologi internet dan Android

3 Cara Ampuh Dan Cepat Mengatasi Aplikasi Facebook Yang Berhenti Secara Tiba – Tiba, Atau Force Close

blogger templates


3 Cara Ampuh Dan Cepat Mengatasi Aplikasi Facebook Yang Berhenti Secara Tiba – Tiba, Atau Force Close


3 Cara Ampuh dan Cepat Mengatasi Aplikasi Facebook dan Muncul Pesan Error “Sayangnya, Facebook telah berhenti”. Tidak bisa kita pungkiri Facebook adalah merupakan salah satu media sosial yang paling populer pada saat ini. Mulai dari kalangan muda, orang-orang tua, para pebisnis online, sampai dengan artis hingga para pejabat menggunakan aplikasi facebook ini sebagai media untuk berbagi dan berkomunikasi dengan teman,kerabat maupun rekan bisnis. Namun akhir – akhir ini banyak keluhan mengenai aplikasi facebook yang ada pada perangkat android dengan mengalami masalah seperti adanya komentar “Sayangnya, Facebook telah berhenti”.

Kita sebagai pengguna dari aplikasi facebook yang aktif tentunya hal demikian membuat anda menjadi bertanya – tanya, mengapa sering sekali terjadinya Error pada aplikasi Facebook?. Akan tetapi pada setiap masalah sudah pasti ada penyebabnya. Maka dari itulah anda harus mencari  akar penyebab dari masalah yang terjadi.

Namun pada umumnya aplikasi facebook yang sering mengalami error atau adanya pesan error hal yang demikian itu disebabkan oleh karena memori RAM Android yang melebihi kapasitas yang artinya memori RAM Android  sudah penuh dan tidak bisa lagi untuk memuat Aplikasi facebook sehingga dengan begitu akan membuat aplikasi facebook menutup secara otomatis. Dan hal yang seperti ini sering sekali terjadi pada perangkat smartphone android yang memiliki ukuran RAM yang relatif kecil, dengan ukurannya dibawah 1 GB.

Namun RAM pada perangkat Android Saya Cukup Besar? Pada RAM Android yang cukup besar juga kadang kala mengalami permasalahan yang sama. Salah satu penyebabnya oleh karena kesalahan dari pengguna Android itu sendiri. Mungkin saja mereka tidak pernah menghapus file cache dan file history  pada aplikasi facebook sehingga membuat  perangkat Smartphone Android menjadi terasa berat dan kemudian secara otomatis aplikasi facebook memberikan peringatan berupa pesan error. Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Maka dari itu untuk mengatasinya, anda bisa menyimak beberapa cara dibawah berikut ini.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Telah Berhenti

Guna mengatasinya permasalahan ini, caranya adalah anda harus menghapus data aplikasi pada  facebook dan  kemudian menghapus cache android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi Clean Master agar supaya nantinya masalah seperti ini tidak terjadi lagi. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Hapus Cache Android


Tujuannya adalah agar supaya nantinya tidak kembali terjadi error pada aplikasi facebook maupun pada aplikasi lainnya. Cara nya adalah dengan menggunakan Aplikasi Clean Master untuk menghapus file-file cache pada aplikasi dengan mudah dan cepat. Sebaiknya anda lakukan pembersihan file cache secara rutin, minimal anda lakukan 1 hari sekali. Anda bisa mendapatkan aplikasi Clean Master ini dengan cara download secara gratis melalui Google Play Store.


  • Langkah yang harus anda kerjakan adalah pertama buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Facebook” » Langkah selanjutnya tap “Hapus Cache”.
Catatan : Cara di atas  telah di coba pada Smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Namun jika anda memakai Smartphone yang berbeda system OS nya, maka anda bisa menyesuaikan sendiri caranya.

2. Hapus Data Aplikasi Facebook

Menghapus data aplikasi artinya adalah menghapus file Cache aplikasi, pada history pencarian, dan kemudian menghapus semua konfigurasi yang ada pada aplikasi itu sendiri. Caranya adalah Pertama anda masuk ke menu Pengaturan » Aplikasi » Selanjutnya anda cari Aplikasi Facebook yang digunakan. Kemudian pilih menu “Paksa berhenti” dan menu “Hapus data”.



  • Caranya buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Facebook” » Lalu kemudian anda tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
3. Install Ulang Aplikasi Facebook

Jika memang dengan menggunakan metode diatas tidak juga berhasil maka dengan sangat terpaksa anda harus menggunakan cara terakhir yaitu dengan menghapus aplikasi facebook dan kemudian install ulang dengan aplikasi facebook yang baru. Untuk memperoleh fitur dan keamanan yang terbaik, anda dapat men-download aplikasi facebook langsung dengan melalui Google Play Sore.


  • Caranya anda buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Facebook” » Lalu kemudian tap “Hapus Instalasi”.
Demikian  tadi ulasan secara singkat mengenai 3 Cara Cepat dan Ampuh Mengatasi Aplikasi Facebook Yang Muncul Pesan Error Pada Smartphone Android.

Akhir kata semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kesulitan Selamat mencoba dan semoga bisa berhasil!

0 Response to "3 Cara Ampuh Dan Cepat Mengatasi Aplikasi Facebook Yang Berhenti Secara Tiba – Tiba, Atau Force Close"

Post a Comment