Seputar informasi teknologi internet dan Android

Koneksi Internet Anda Lambat? Biar Paham Coba Cek Perbedaan Mbps dengan MBps!

blogger templates


Koneksi Internet Anda Lambat? Biar Paham Coba Cek Perbedaan Mbps dengan MBps!




Sekarang ini penggunan internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat milenia diseluruh dunia, karena dengan adanya internet maka semua menjadi mudah, seperti contohnya jika anda ingin membeli sebuah produk elektronik maka tidak usah repot-repot untuk pergi ke took elektronik, anda hanya cukup menekan tombol yang ada di aplikasi toko online, maka barang yang anda inginkan segera dikirim tentunya setelah ada kesepakatan pembayaran, karena ada berbagai pilihan untuk membayar produk yang anda pilih.

Namun untuk keperluan belanja secara online tersebut tentunya anda membutuhkan koneksi internet yang baik, oleh sebab itu anda perlu untuk membeli paket internet yang ditawarkan dari berbagai operator seluler. 

Di berbagai iklan paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler, anda tentunya sering melihat operator seluler tersebut menyertakan kecepatan koneksi internetnya. Bukan hanya untuk mencari  harga paket internet saja yang murah, anda juga tentunya menginginkan paket internet yang menawarkan koneksi internet yang stabil dan juga cepat,bukan?

Namun, kebanyakan dari anda pastilah sering merasa bingung karena kecepatan koneksi internet yang diterima ternyata tidak sesuai dengan yang di iklankan. Pertanyaannya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Mungkin diantara anda banyak yang belum paham mengenai perbedaan antara kecepatan koneksi internet Mbps dan MBps.

Perbedaan Kecepatan Internet


Ketika anda melihat iklan paket internet yang ditawarkan oleh berbagai operator selular dengan menuliskan kecepatan koneksi internet up to 3,1 Mbps dibandingkan ditulis 387,5 KBps; paket internet mana yang akan anda pilih? Padahal paket internet yang ditawarkan tersebut pada keduanya ternyata memiliki kecepatan koneksi internet yang sama, Wah kok bisa ya?

Bedanya Mbps dan KBps

Namun kalau ternyata kecepatan koneksi internet yang telah anda terima itu lebih lambat daripada yang telah diiklankan, anda tidak perlu langsung merasa kecewa. Karena itulah coba  simak tabel dibawah ini dulu:

Satuan







Arti









MBps







Mega Byte per second
Mbps







Mega bit per second
KBps







Kilo Byte per second
Kbps







Kilo bit per second
MB







Mega Bytes untuk besaran file
B







byte
b







bit
1 byte







8 bit
Bisa anda lihat, walaupun memang terlihat sama akan tetapi nilainya ternyata tak sama, antara MBps dan Mbps masing-masing memiliki sifat dan makna yang berbeda satu dengan lainnya. Bisa jadi anda selama ini salah untuk mengartikan dari iklan yang ditawarkan tersebut, sehingga menjadi marah dan kecewa ketika koneksi internet anda menjadi lambat.


Misalnya disaat anda berlangganan dengan memilih paket internet dari salah satu operator seluler yang menawarkan koneksi internet dengan kecepatan untuk download up to 185Mbps. Itu berarti saat mendownload anda akan mendapat kecepatan koneksi internet senilai itu lho! Tapi ternyata bisa anda perhatikan di bawah ini:

185Mbps = 185000kbps, ini nilainya sama dengan 185000/8 = 23.125 KBps atau bernilai sekitar 23MBps

Jadi, ketika anda mendownload sebuah file atau aplikasi, kecepatan per detik dari file atau aplikasi yang anda unduh nilai maksimalnya adalah 23MB per detik, dan bukan 185MB per detik.``


Tentunya anda menjadi bertanya-tanya mengapa rata-rata operator selular memilih dengan menggunakan angka 185Mbps daripada angka 23MBps? Walaupun kecepatan koneksi internet dari keduanya bernilai sama. Namun jika anda melihat angkanya, maka jelas akan membuat anda menjadi tertarik karena tentunya nilainya terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan?

Maka dari itulah dengan melalui artikel ini semoga anda mengerti akan perbedaan antara Mbps dan MBps, sehingga anda tidak perlu marah dan kecewa lagi jika ternyata koneksi internet anda menjadi lambat.

0 Response to "Koneksi Internet Anda Lambat? Biar Paham Coba Cek Perbedaan Mbps dengan MBps!"

Post a Comment