Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cari Tau, Kenapa Gadget Semakin Lama Dipakai Menjadi Makin Lambat

blogger templates


Cari Tau, Kenapa Gadget Semakin Lama Dipakai Menjadi Makin Lambat


Jika anda menggunakan perangkat elektronik khususnya adalah perangkat gadget seperti Smartphone, Tablet maupun Laptop sudah barang tentu keluhannya adalah semakin lama usia perangkat yang kita pakai maka performanya biasanya akan turut pula menurun. Hal yang demikian ini berlaku pula untuk berbagai perangkat yang lain, entah gadget perangkat smartphone maupun  PC desktp/laptop atau computer jinjing.

Walaupun demikian, ada beberapa gadget yang masih bisa untuk di upgrade agar tetap menjaga kualitas perfoma nya sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. 

Baru-baru ini, Adalah yang bernama Robert Merkel, merupakan seorag ahli Ahli Komputer yang berasal dari Monash University seperti  seperti yang dikutip dari KompasTekno dan berdasarkan pada situs berita yang bermuara pada Senece Alert, Kamis (26/10/2017), Sudah menjelaskan 3 penyebab utama yang bisa mengakibatkan performa dari berbagai gadget setelah sekian lama di dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Memori yang overload

Ketika anda setiap kali  melakukan pembaharuan pada aplikasi,maka ukuran sebuah aplikasi biasanya akan menjadi lebih besar. Semua itu disebabkan karena bertambahnya informasi dan juga fitur yang disediakan oleh berbagai aplikasi tersebut.

Walaupun pembaruan pada sejumlah aplikasi tersebut digadang bisa meningkatkan kinerjanya, akan tetapi semua itu tidak akan terjadi tanpa dibarengi dengan adanya cadangan ruang penyimpanan yang memadai. 

Umumnya setiap perangkat gadget mempunyai jumlah memori utama (RAM) yang sangat terbatas. Ketika kapasitas memori RAM menjadi berkurang dan menipis, maka semua data akan dialihkan menuju ruang penyimpanan yang lain, sehingga  menyebabkan proses pengolahan informasinya menelan waktu yang lebih lama pula.

Pada beberapa perangkat PC, kondisi yang demikian ini disebut dengan "trashing". Umumnya kondisi tersebut ditandai dengan terdengarnya suara berisik yang berasal dari  pelat hard-disk pada PC.

Cache yang berlebih

Cache adalah memori berukuran kecil yang sifatnya sementara. Walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun kecepatan baca/tulisnya tinggi. 

Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memori berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antar-prosesor dengan RAM yang biasanya memiliki kecepatan lebih rendah.

Akan tetapi terkadang kegiatan dari cache ini menganggu performa dari perangkat. Jika semakin tinggi pemakaian gadget oleh  penggunanya maka menjadi semakin banyak pula cache yang memenuhi memori  RAM. Oleh karena itulah, pengelolaan cache dengan cara tepat perlu untuk dilakukan.

Pengguna  perangkat bisa menghapus cache dengan cara menggunakan beberapa aplikasi tambahan yang berasal dari pihak ketiga seperti contohnya C-Cleaner. Sebaiknya anda hindari proses penghapusan cache dengan secara langsung karena akan semakin memperlambat kinerja dari perangkat.

Kebanyakan software

Banyaknya software tambahan yang berupa aplikasi atau juga program dalam sebuah perangkat akan sangat berpengaruh pada kapasitas memori. Apalagi lagi jika ada software tambahan seperti halnya adds-on ataupun anti-virus.

Berbagai software tambahan akan bisa memperlambat kinerja sistem dengan beberapa cara, seperti proses mengisi penyimpanan secara permanen, menggunakan RAM tanpa melalui persetujuan, sampai dengan menggunakan CPU komputer tanpa anda sadari. 

Hal tersebut yang kemudian akan berdampak memperlambat performa dari gagdet, karena perangkat hanya mempunyai memori dalam jumlah yang sedikit guna memproses perintah yang diberikan oleh penggunanya. 

Biasanya untuk perangkat baru, masih mempunyai akumulasi data tersimpan yang masih belum begitu banyak. Karena itulah mengapa pada perangkat baru mereka cenderung memiliki lebih banyak sumber daya dan juga memori untuk mengerjakan berbagai tugas, sesuai dengan keinginan dari para penggunanya. 

Mengingat cara kerja untuk perangkat baru dan lama yang terkadang jauh berbeda, sangat lah penting untuk  anda ketahui bahwa kinerja perangkat lama masih bisa untuk lebih dimaksimalkan dengan menggunakan beberapa cara. 

Jangan terburu-buru mengganti perangkat gadget yang lebih baru lagi, maka hal yang terpenting untuk dilakukan dan juga menghemat biaya adalah dengan cara menghapus add-ons atau software tambahan yang tidak di perlukan,Selanjutnya melakukan proses reset ulang setelah semua data dalam perangkat di backup terlebih dahulu, dan sebaiknya memasang software yang diperlukan saja

0 Response to "Cari Tau, Kenapa Gadget Semakin Lama Dipakai Menjadi Makin Lambat"

Post a Comment