Seputar informasi teknologi internet dan Android

Wow..! Ini yang Harus Anda Ketahui Mengenai SDcard

blogger templates


Wow..! Ini yang Harus Anda Ketahui Mengenai SDcard


Sudahkah Anda mengetahui jika SD card terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang disesuai kan dengan kapasitas dan juga kecepatan transfer datanya. Jika Anda mempunyai rencana untuk membelinya, Maka Anda perlu untuk memperhatikan beberapa spesifikasi dari  kartu memori tersebut agar supaya tidak salah untuk memilihnya. 

Bisa-bisa jika anda salah memilihnya maka yang terjadi adalah performa dari SD card menjadi  tidak maksimal, bahkan mungkin saja menjadi tidak kompatibel dengan perangkat gadget yang anda miliki. Kalau begitu apa saja hal yang perlu diperhatikan jika anda berencana membeli kartu memori? Mari kita simak bersama, seperti yang telah dilansir dari situs Techinasia.

Sejarah Kartu SD
 
Kartu SD atau Secure Digital merupakan media penyimpanan data portabel yang untuk pertama kalinya dicetuskan pada tahun 1999. Pembuatan SD card adalah sebuah proyek gabungan dari tiga perusahaan elektronik besar dunia, yaitu terdiri dari SanDisk, Panasonic (Matsushita), dan Toshiba.

Kartu SD sebenarnya bukan merupakan barang baru, tapi hasil evolusi dari MultiMediaCard (MMC) yang dulu pernah dibuat oleh SanDisk bersama dengan perusahaan Siemens. Ketiga perusahaan para pencetus SD card kemudian membentuk sebuah asosiasi dan juga perusahaan yang berwenang untuk melisensi hak paten dan juga menetapkan standar SD card yang beredar di pasaran. 

Salah satu bagian terpenting yang mereka anut adalah backward compatibility. Jadi walaupun tipe SD card baru telah bermunculan, maka semua perangkat tersebut harus sudah dipastikan kompatibel dengan SD card lama. 

Pada saat ini asosiasi SD (SD Association atau disingkat SDA) sudah mempunyai sekitar 1.000 perusahaan anggota. Yang juga termasuk di antaranya yaitu Compaq, Hewlett-Packard, LG Electronics, Motorola, Samsung, NEC, Sharp, dan masih banyak lagi perusahaan lainnya. Standardisasi memang telah menjadi salah satu kelebihan dari SD card yang membuatnya menjadi terkenal, di samping portabilitas dan juga kapasitas yang setara tentunya. 

Jenis-Jenis Utama SD Card
Secara umum, ada tiga jenis SD card yang saat ini beredar yang bisa Anda peroleh di pasaran, yaitu jenis SDSC, SDHC, dan juga SDXC. Perbedaannya hanyalah ada pada format file sistem bawaan yang digunakan, dan juga kapasitas maksimum dari tiap jenis kartu tersebut. 

SDSC (Secure Digital Standard Capacity) merupakan tipe SD card paling pertama. Tipe SD card ini mempunyai kapasitas maksimal 4 GB dan juga menggunakan file system FAT16. SDHC (Secure Digital High Capacity) dikeluarkan pada tahun 2006, dan telah mengusung kapasitas maksimalnya sebesar 32 GB serta menggunakan file system FAT32. Sementara itu kartu jenis SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) adalah merupakan  versi terbaru yang telah  menggunakan file system exFAT, dengan kapasitas terbesar hingga mencapai 2 TB. 

Dan tipe file system ini mesti Anda perhatikan, terutama terutama jika anda menggunakan SDXC. exFAT merupakan standar file system buatan dari Microsoft yang umurnya masih terbilang  baru. Jika andaberniat membaca SDXC di perangkat komputer dengan menggunakan sistem operasi lama (generasi sebelum SO Windows Vista) dan juga Linux, Maka anda akan membutuhkan update khusus atau memerlukan bantuan aplikasi dari pihak ketiga. 

Varian-Varian lainnya
 
Ada tiga jenis SD card utama yang juga telah dipruduksi dalam bentuk yang lebih kecil, yaitu miniSD serta microSD. Tidak ada perbedaan fitur di antara  kedua varian tersebut, hanya saja ketika artikel ini dibuat belum ada microSDXC yang memiliki kapasitas sebesar 2 TB. Kapasitas terbesar dari microSDXC yang dibuat SanDisk baru mencapai 400 GB yang dikeluarkan pada Agustus 2017. 

Selain dari tiga jenis SD card utama tadi, Anda mungkin saja akan menemukan jenis varian-varian lainnya yang mungkin kurang lazim di pasaran. Seperti contoh, Perusahaan Toshiba memiliki produk nya dengan nama FlashAir, yaitu jenis SD card yang telah  dilengkapi dengan adapter wireless LAN, jadi Anda bisa mentransfer konten secara langsung melalui jaringan WiFi. Selain itu SanDisk dan juga Transcend pun memiliki produk dengan fitur yang sama. 

Varian yang terbilang “aneh” lain misalnya adalah media yang disebut sebagai smartSD, yaitu jenis kartu microSD yang berisi fitur-fitur pintar seperti adanya fitur keamanan dan NFC. Selain itu ada juga SD card yang mempunyai dua tipe colokan sekaligus, yaitu contohnya SD dan USB, sehingga Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari card reader lagi. Salah satu perusahaan elektronik  yang berasal dari Taiwan, A-DATA, bahkan pernah mengeluarkan produk SD card yang dilengkapi dengan layar. Demikian seperti yang telah dilansir dari situs Techinasia

Sumber :https://techno.okezone.com/read/2017/10/20/57/1799387/ini-dia-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-sd-card

0 Response to "Wow..! Ini yang Harus Anda Ketahui Mengenai SDcard"

Post a Comment