Seputar informasi teknologi internet dan Android

Inilah Penampakan Smartphone Tertua di Dunia yang Mempunyai RAM 1 MB dan Stylus

blogger templates


Inilah Penampakan Smartphone Tertua di Dunia yang Mempunyai RAM 1 MB dan Stylus



Di era digital sekarang ini perangkat Smartphone telah menjadi suatu alat yang wajib dimiliki oleh semua orang, karena perangkat ini memiliki berbagai kelebihan yang dapat mempermudah segala akitivitas manusia dewasa ini.

Sekarang ini perangkat smartphone telah banyak menggantikan peran beberapa perangkat elektronik lain. Contohnya keberadaan dari kamera saku sudah mulai tersingkir karena sekarang ini umumnya perangkat smartphone telah dilengkapi dengan adanya kamera. 

Selain dari itu, dahulu ada suatu pemutar music yaitu walkman dan ternyata telah tergantikan fungsinya dengan adanya perangkat smartphone yang saat ini bahkan telah dapat melakukan streaming jutaan music hanya melalui sebuah aplikasi. Bahkan bukan cuma itu saja, beberapa pekerjaan yang biasanya hanya bisa dilakukan di perangkat laptop hebatnya sekarang sudah bisa dikerjakan melalui perangkat smartphone ini.

Karena itulah dengan hadirnya perangkat smartphone cukup membantu segala aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang mungkin mengira ponsel BlackBerry dan iPhone merupakan perangkat smartphone yang pertama muncul di dunia. Namun ternyata anggapan tersebut keliru. 

Untuk diketahui perangkat Smartphone telah muncul sejak tahun 1992 atau telah ada sejak 25 tahun lalu.Adalah Simon Personal Communicator, ternyata perangkat smartphone ini 15 tahun lebih dulu hadir sebelum perusahaan Apple memperkenalkan perangkat iPhone pertamanya. Dan dapat dikatakan inilah smartphone tertua didunia yang pernah ada.

Simon Personal Communicator yang dikeluarkan oleh IBM sebenarnya adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai telepon seluler dan juga PDA. Ketika itu harga dari perangkat smartphone ini di sekitar USD899.  Dan bila kita bandingkan dengan harga perangkat smartphone sekarang ini yang lebih canggih,pastinya terasa sangat mahal. 

Seperti yang dikutip dari situs Business Insider, Simon Personal Communicator mempunyai lebar layar LCD sebesar 4,5 inci. Sebab di katakan sebagai sebuah smartphone karena layarnya telah memiliki kemampuan sebagai layar sentuh. Selain itu tersedia pula stylus yang dapat digunakan. 

Di samping berfungsi sebagai alat komunikasi seperti mengirim suatu pesan singkat dan juga telepon, Simon Personal Communicator ini pun ternyata bisa pula dimanfaatkan untuk mengirim dan menerima, fax, pages, dan juga email. Selain itu tersedia pula fitur catatan yang berguna untuk menyimpan alamat, kalender, jam, dan mencatat jadwal pertemuan. 

Selain berbagai fitur sederhana, pada perangkat ini tersedia pula aplikasi dari pihak ketiga yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone ini. Apabila kapasitas memori penyimpanan nya sudah mulai penuh, pengguna dari perangkat ini dapat menambah kapasitasnya dengan menggunakan kartu memori PC yang di masukkan ke dalam perangkat smartphone ini. 

Perangkat Smartphone namanya ini memang tidak sepopuler BlackBerry maupun iPhone yang hingga kini masih bisa kita temukan. Karena IBM sebagai produsen dari perangkat ini, hanya memproduksinya sebanyak 50.000 unit saja. Maka tidaklah mengherankan jika  perangkat smartphone ini cukup langka ditemukan dipasaran.

Pihak IBM telah menghentikan produksi  dari Simon Personal Communicator ini pada tahun 1995. Perangkat Smartphone yang memiliki berat sekitar 500 gram dan menggunakan CPU NEC V30HL 16 MHz, dengan memiliki RAM 1 MB, memori internal  sebesar1 MB, dan kapasitas baterai  sebesar 7,5V.

0 Response to "Inilah Penampakan Smartphone Tertua di Dunia yang Mempunyai RAM 1 MB dan Stylus"

Post a Comment