Seputar informasi teknologi internet dan Android

Wow,,Begini Ternyata Untuk Mempercepat Android Yang Lemot dengan Cara Mengurangi Animasi

blogger templates


Wow,,Begini Ternyata Untuk Mempercepat Android Yang Lemot dengan Cara Mengurangi Animasi 


Anda yang memiliki perangkat yang berbasis android tentu akan merasa jengkel ketika mengalami kejadian dimana perangkat android kita tersebut menjadi semakin lamban .

Pada perangkat Android versi lama seringkali mengalami kejadian menjadi lamban dalam merespon berbagai perintah.

Dan bisa jadi, hal yang demikian itu dikarenakan media penyimpanan aplikasi sudah terlalu penuh oleh berbagai file 'sampah' yang menumpuk.

Beberapa cara pasti telah sering diterapkan oleh sebagian para pengguna Andorid, seperti contohnya dengan cara menghapus cache aplikasi, menghapus ataupun uninstal aplikasi yang memang sudah tidak dipergunakan lagi, dengan menghapus widget, bahkan mungkin telah melakukan factory reset atau dengan mengembalikan kondisi software pada perangkat android ke kondisi semula yaitu setelan pabrik.

Menerapkan cara yang terakhir diyakini memang sangat ampuh, akan tetapi sedikit repot karena para pengguna Android ini harus mencadangkan semua data-datanya yang ada didalam perangkat kemudian mengunduh kembali berbagai aplikasi yang mungkin hilang. Terus, apakah ada cara yang lebih cepat tanpa repot? 

Maka dari itulah melalui tulisan ini diungkap salah satu cara termudah dan cepat guna mempercepat sistem Andorid lama yaitu dengan cara mengurangi atau dengan menon-aktifkan pada sistem animasi transisi.

Salah satu manfaat yang didapat dengan menggunakan sistem Android adalah para penggunanya dapat menyesuaikan sistem operasinya. Beberapa perubahan pengaturan pada system operasi dapat dilakukan, salah satunya yaitu developer mode yang juga mengatur pada sistem animasi.

Animasi yang ada pada perangkat Android menjadikan semua transisi lebih 'mengalir' dan akan menimbulkan kesan cepat dan juga canggih. Akan tetapi, lambat laun animasi akan terlihat seperti video stop motion dikarenakan kinerja Andorid yang semakin melamban. 

Dengan cara mengurangi atau dengan menon-aktifkan animasi, Perangkat Andorid 'tua' yang sudah mulai lelet akan kembali mulai bekerja dengan lebih cepat.Berikut dibawah ini adalah langkah guna mengurangi ataupun menon-aktifkan sistem animasi yang telah dikutip dari kompasTekno melalui CNet.

1. Aktifkan developer mode

Langkah pertama adalah pilih menu setting atau pengaturan kemudian anda pilih developer option atau opsi untuk pengembang aplikasi Android. Jika anda belum menemukan opsi pengembang, maka coba buka menu About phone selanjutnya anda pilih menu Device Information atau System.


Lalu anda cari menu Build Number dan kemudian ketuklah pada layar sebanyak 7 kali agar fitur developer mode menjadi aktif

2. Mengurangi skala animasi

Setelah developer mode anda aktifkan, maka akan muncul kolom menu 'window animation scale', 'transition animation scale', dan menu 'animation duration scale'. Anda dapat mengurangi skala pada yang ada dimasing-masing kolom dengan cara memilih skala 0,5x.



3. Menon-aktifkan animasi transisi

Selain dengan cara mengurangi skala, Anda pun dapat menon-aktifkan animasi jika memang dirasa perlu, agar supaya performa perangkat Andorid menjadi lebih cepat. Caranya adalah, anda pilih opsi animation off yang ada pada pilihan pertama animasi transisi.



4. Restart perangkat Andriod

Berikutnya langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan restart pada perangkat Android anda. Jika telah mengikuti semua langkah-langkah yang ada di atas, lalu anda coba bandingkan kecepatannya sebelum dan sesudah sistem animasinya dikurangi atau  sudah di non-aktifkan.

Cara ini pun dapat anda gunakan di perangkat smartphone Android baru yang bisa memungkinkan kinerjanya menjadi lebih cepat.

0 Response to "Wow,,Begini Ternyata Untuk Mempercepat Android Yang Lemot dengan Cara Mengurangi Animasi "

Post a Comment