Seputar informasi teknologi internet dan Android

Hati-Hati! Adanya Modus Penipuan, Jangan Klik Pesan Teks Ini di WhatsApp

blogger templates


Hati-Hati! Adanya Modus Penipuan, Jangan Klik Pesan Teks Ini di WhatsApp


WhatsApp merupakan aplikasi pengirim pesan yang paling popler saat ini, oleh karena itulah banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kepupuleran dari aplikasi ini untuk tujuan yang tidak baik, seperti untuk menipu dengan mengatas namakan dari WhatsApp.

Maka dari itulah baru-baru ini beredar kabar adanya suatu modus penipuan yang bisa merugikan pengguna WhatsApp.

Dengan adanya modus baru ini dihimbau kepada para pengguna WhatsApp untuk lebih berhati-hati jika menemukan suatu teks pesan palsu yang berbunyi "subscription will be ending soon".
Jika pengguna WhatsApp menglik link yang muncul pada layar, maka dikhawatirkan trik penipuan ini berhasil untuk mencuri informasi perbankan dari pengguna WhatsApp.

Seperti yang dilansir dari situs Express, pada Minggu (19/11/2017), para pengguna aplikasi WhatsApp sudah diberikan peringatan akan adanya pesan teks penipuan yang mengklaim berasal dari pembuat aplikasi tersebut. 

Seperti  yang telah diketahui, aplikasi WhatsApp ini telah dipergunakan oleh lebih dari satu miliar orang setiap harinya di hampir seluruh dunia.

Pengguna setia WhatsApp baru-baru ini melaporkan telah menerima pesan yang isinya memperingatkan kepada mereka bahwa subscription will be ending soon atau dengan kata lain  langganan akan segera berakhir. Melalui pesan yang dikirimkan tersebut para pengguna WhatsApp ini seakan dipaksa untuk segera mengklik tautan yang diduga akan memverifikasi akun mereka dan kemudian membeli langganan seumur hidup.

Akan tetapi ternyata hal tersebut hanyalah suatu tipuan belaka dan merupakan modus untuk mengelabui pengguna WhatsApp agar supaya menyerahkan informasi detail perbankan mereka dan kemudian menginfeksi perangkat milik mereka.

 Pada waktu sebelumnya, pengguna dari aplikasi Twitter dalam beberapa hari terakhir juga sudah melaporkan telah menerima pesan bernada penipuan. 

Salah seorang pengguna dari aplikasi WhatsApp menuliskan keluhannya, "Hati-hati dengan penipuan @WhatsApp. Saya baru saja menerima pesan dari seseorang yang mengaku berasal dari #WhatsApp #SCAM". 

Cyber Protect, yang bertugas melindungi publik dan bisnis dari adanya kejahatan cyber, ditanya tentang  adanya penipuan di aplikasi Twitter. “Ini memang tipuan”, kata mereka. 

Untuk informasi, perusahaan penyedia layanan pesan ini mengatakan bahwa pihak  WhatsApp tidak membebankan biaya untuk berlangganan. "WhatsApp tidak membebankan biaya berlangganan dan kami mendapatkan banyak laporan tentang teks palsu yang identik dengan ini. Kami menyarankan orang untuk tidak mengklik tautan atau menghubungi nomor yang ada dalam pesan yang tidak diminta seperti ini," tegasnya. 

Untuk itulah sebaiknya anda sebagai pengguna setia dari WhatsApp ini untuk selalu berhati-hati akan adanya suatu penipuan yang mengatasnamakan WhatsApp, yang akhirnya akan merugikan kita sebagai pengguna.

Semoga artikel ini bisa membawa manfaat.

Sumber : https://techno.okezone.com/read/2017/11/19/207/1816733/hati-hati-jangan-klik-pesan-teks-ini-di-whatsapp

1 Response to "Hati-Hati! Adanya Modus Penipuan, Jangan Klik Pesan Teks Ini di WhatsApp"