Seputar informasi teknologi internet dan Android

3 Tips Jitu Merubah Smartphone Android Menjadi Remote TV

blogger templates
3 Tips Jitu Merubah Smartphone Android Menjadi Remote TV

Jika dahulu perangkat ponsel hanya digunakan sebagai alat komunikasi untuk sekedar menelpon ataupun mengirim pesan singkat saja, maka di era digital ini perangkat pintar atau yang lebih dikenal sebagai Smartphone mempunyai berbagai kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah penggunanya di kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah penggunaan Smartphone sebagai remote TV yang bisa dimanfaatkan untuk pengganti remote asli nya yang mungkin sudah rusak atau hilang.
Dengan menggunakan ponsel yang berbasis android anda bisa merubah nya menjadi remote TV dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda unduh secara gratis pada google play store.

Berikut dibawah ini akan di jelaskan 3 cara mudah dan jitu untuk merubah smartphone anda menjadi remote TV, mari kita simak bersama. 
Namun sebelum membahas ke 3 aplikasi yang terbaik untuk membuat smartphone menjadi remote TV, sebaiknya anda harus pula memperhatikan syarat apa saja yang harus di miliki smartphone anda untuk menjadikannya remote TV , karena jika spesifikasi dari smartphone kita tidak mendukung maka cara berikut dan aplikasi yang anda unduh ini tentunya tidak akan berjalan dengan lancar.
Apa saja syarat agar smartphone anda bisa di gunakan sebagai remote TV ? Hal pertama tentunya adalah harus memiliki sensor Infra Red, karena dengan menggunakan sensor ini maka anda dapat merubah-rubah chanel dan fungsi lainnya di semua jenis merek TV,.
jika ingin mengetahui sensor dari smartphone anda, maka anda bisa mendownload aplikasi Android Sensor Box. Mari kita langsung bersama-sama  untuk bahas 3 aplikasi rekomendasi terbaik dan terampuh untuk membuat perangkat smartphone anda menjadi remote TV beserta langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. IR Universal TV Remote
Aplikasi terbaik pertama yang bisa membantu untuk membuat perangkat smartphone anda agar bisa di gunakan sebagai remote TV adalah aplikasi IR Universal TV Remote, aplikasi ini bisa anda download dengan mudah di google play store secara gratis, selain itu aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak terlalu begitu  membebani memori penyimpanan dari perangkat smartphone anda karena memori yang dibutuhkan hanya sebesar 2.84 MB saja,
Berikut dibawah ini langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi terbaik ini untuk menjadikan perangkat smartphone anda menjadi remot TV.
  • Pertama anda download terlebih dahulu aplikasi ini di google play store
  • Setelah selesai anda download lalu instal aplikasi tersebut di perangkat smartphone anda
  • Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut, kemudian akan muncul pilihan menu dari berbagai brand atau merek TV
  • Kemudian pilih salah satu merek TV yang sesuai dengan merek TV milik anda
  • Maka berikutnya akan muncul tampilan tombol remote TV di perangkat smartphone anda
  • Selesai sudah langkah terakhir, kini anda sudah bisa merubah maupun mengganti chanel maupun volume TV anda cukup dengan menggunakan perangkat smartphone

  1. Samsung IR – Universal Remote
Aplikasi selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk merubah perangkat smartphone atau ponsel android anda agar bisa di gunakan sebagai remote TV adalah aplikasi Samsung IR – Universal Remote, aplikasi ini sebenarnya adalah merupakan aplikasi bawaan dari smartphone Samsung tipe tertentu, namun anda dapat pula mendownload nya di goole play store secara cuma-Cuma alias gratis.
Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ini untuk membuat smartphone anda menjadi remote TV.
  • Langkah pertama sudah pasti anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi ini.
  • Langkah kedua Instal aplikasi tersebut pada perangkat smartphone anda
  • Selanjutnya jalankan aplikasi yang sudah anda install tersebut, kemudian akan muncul tampilan menu dari aplikasi tersebut, berikutnya anda tinggal pilih menu Quick Remote Control
  • Langkah terakhir anda akan di arahkan untuk memilih merek TV yang anda gunakan
  • Selesai sudah, kini perangkat smartphone anda sudah bisa di gunakan sebagai remote TV

  1. Aplikasi Bawaan Smartphone
Mungkin ada sebagian produsen dari smartphone tertentu memiliki aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk mengganti chanel, maupun mengatur volume TV atau bahkan juga bisa digunakan sebagai perangkat remote AC, vendor yang mempunyai aplikasi bawaan tersebut salah satunya adalah raksasa teknologi seperti samsung dengan smartphone serie Galaxy S4 dan juga seri Galaxy Note, untuk mengaktifkan aplikasi bawaan dari smartphone ini yaitu aplikasi WatchOn, berikut dibawah ini langkah-langkahnya.
  • Pertama buka aplikasi WatchOn yang ada di perangkat smartphone anda
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu, lalu pilih Select Country or Region
  • Kemudian pilih negara asal anda yang sesuai, contohnya Indonesia
  • Pilih tipe TV yang anda gunakan seperti berbayar, misalnya indovision
  • Lalu anda pilih Skip & Agree
  • Maka kemudian akan muncul tampilan beberapa tombol seperti yang umum nya ada pada remote TV
  • Selanjutnya anda pilih setting TV dan kemudian pilih continue
  • Langkah berikutnya pilih merk TV yang anda gunakan, jika tidak muncul tampilan dari merk TV yang anda gunakan, anda pilih saja Show Other Brands
  • Lalu coba apakah perangkat smartphone ini sudah berfungsi dengan sempurna untuk menyalakan, mengganti chanel ataupun mengatur volume TV anda
 Jika memang di rasa sudah sesuai dengan keinginan anda selanjutnya pilih Yes, This Code One Work, namun jika tidak sesuai, anda tinggal ulangi cara tersebut dengan cara memilih Send This Code One Again, sampai settingan sudah sesuai dengan TV yang anda gunakan.

Itulah 3 Tips Jitu Merubah Smartphone Android Menjadi Remote TV, Akhir kata , selamat mencoba dan semoga ulasan diatas  bisa membantu anda.

0 Response to "3 Tips Jitu Merubah Smartphone Android Menjadi Remote TV"

Post a Comment