Seputar informasi teknologi internet dan Android

Guys, Perhatiin Nih 4 Hal Terlarang Selagi Ngecas Baterai

blogger templates

Guys, Perhatiin Nih 4 Hal Terlarang Selagi Ngecas Baterai

Di era digital sekarang ini, penggunaan perangkat komunikasi seperti Smartphone telah menjadi suatu keharusan, karena dengan perangkat pintar ini semua kegiatan sehari-hari dapat terbantukan.

Seperti misalnya untuk kebutuhan berkomunikasi dengan rekan bisnis, karena dengan adanya perangkat ini dapat memperlancar komunikasi sehingga memudahkan penggunanya untuk melebarkan bisnisnya.

Dan salah satu aktifitas yang tidak pernah lepas dari penggunaan perangkat pintar seperti Smartphone ini yaitu proses pengisian daya baterainya. Hal yang demikian itu memang terlihat simple dan sangat mudah, namun ada beberapa hal yang patut diperhatikan dan seharusnya tidak dilakukan oleh pengguna Smartphone saat sedang dalam proses pengisian daya baterai.

Cara pengisian daya baterai yang tepat dan benar, tentu akan membuat smartphone anda lebih terawat. Oleh sebab itu, sebaiknya pengguna tidak sembarangan ketika melakukan pengisian baterai smartphone.

Untuk pengguna smartphone sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ketika mengisi daya baterai, mulai dari kondisi baterainya sampai dengan penempatan smartphone yang ideal. Berikut dibawah ini ada 4 hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pengguna smartphone saat sedang mengisi daya baterai:

1. Jangan tunggu baterai hingga 0%


Setiap baterai smartphone mempunyai batasan siklus pengisian daya yang akan mempengaruhi kinerjanya. Disaat anda mengisi daya baterai dalam kondisi 0 persen, maka kemungkinan besar akan membuat performanya menjadi menurun.

Pada sebuah tes ketika pengisian daya baterai smartphone dalam kondisi 25 persen, siklus dayanya bisa mencapai 1.000 sampai dengan 2.500. Akan tetapi ketika sisa daya baterainya tinggal 0 persen, maka siklus pengisian daya baterai hanya sekitar 300-500 saja.

Melihat hasil dari pengujian tersebut, solusinya adalah sebaiknya anda lakukan pengisian baterai smartphone ketika sudah mencapai kondisi 30 persen.
2. Jangan lakukan pengisian baterai pada malam hari
Banyak pengguna selalu melakukan pengisian daya baterai smartphone nya pada malam hari, dengan tujuan agar dapat menggunakannya esok hari dalam kondisi daya 100 persen.
Padahal, sebaiknya anda tidak mengisi daya baterai smartphone semalaman karena kapasitasnya bisa menjadi berlebihan.

Kapasitas pengisian baterai yang berlebihan tentu akan dapat mendatangkan bahaya. Ada beberapa kejadian karena hal tersebut yang bisa menimbulkan panas dan juga ledakan.

3. Jangan pakai charger palsu

Dengan menggunakan charger palsu, tidak akan menjamin keamanan baterai dan juga smartphone anda. Selain kualitasnya yang rendah, hasil output  daya dari charger palsu biasanya tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertulis. Contohnya, output pada charger tertulis 2A, namun sebenarnya tidaklah demikian.

Solusinya disarankan agar anda menggunakan charger yang asli  atau yang telah memiliki sertifikasi dari vendor terkait. Harga dari charger palsu memang lebih murah, namun bisa merugikan smartphone anda dalam jangka panjang.
4. Jangan lakukan pengisian baterai di atas kasur
Beberapa orang mempunyai kebiasaan buruk ketika mengisi daya baterai smartphone, salah satu contohnya yaitu meletakkan perangkat ponsel di atas kasur atau diatas kursi yang empuk. Padahal, sesungguhnya hal tersebut dapat berdampak buruk pada baterai dan juga ponsel.

Panas yang dihasilkan saat mengisi daya baterai, akan menjadi semakin bertambah ketika diletakkan di tempat yang empuk. Maka sebaiknya, lakukan pengisian daya baterai ponsel di tempat yang keras seperti misalnya meja ataupun lantai.

0 Response to "Guys, Perhatiin Nih 4 Hal Terlarang Selagi Ngecas Baterai"

Post a Comment