Seputar informasi teknologi internet dan Android

Waspadalah, Ada 5 Tanda Kalau Smartphone Anda Telah Diretas

blogger templates

Waspadalah, Ada 5 Tanda Kalau Smartphone Anda Telah Diretas
 

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi maupun koneksi internet yang semakin mudah untuk di akses oleh berbagai kalangan di era milenial ini, semakin merubah gaya hidup dari masyarakat di beberapa negara menjadi lebih mobile.

Melalui sebuah perangkat pintar yang diberi nama smartphone, para penggunanya bisa melakukan berbagai hal dalam kehidupannya sehari-hari mulai dari bertransaksi perbankan, berkirim surat elektronik atau email, update status di berbagai media sosial sampai dengan menyimpan berbagai data penting sekalipun bisa dilakukan lewat perangkat Smartphone.

Akan tetapi, jika anda berpikir kalau sebuah perangkat smartphone adalah suatu tempat yang aman untuk menyimpan semua data-data pribadi, maka anda salah besar.

Sebabnya, setiap perangkat smartphone memiliki celah keamanan yang dapat disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu kalau perangkat smartphone Android milik kita telah diretas? Berikut dibawah ini adalah 5 tandanya seperti yang telah dikutip dari Brightside.

1. Baterai Smartphone Berkurang Drastis Secara Tiba-Tiba


Setiap perangkat smartphone biasanya mempunyai kapasitas baterai yang berbeda-beda satu sama lainnya. Jika anda telah terbiasa menggunakan suatu perangkat smartphone yang digunakan saat ini, sudah barang tentu anda pasti telah hapal berapa lama waktu pemakaian normalnya sampai dengan baterainya benar-benar terkuras habis.

Akan tetapi jika tiba-tiba daya baterai anda menjadi berkurang secara drastis padahal dalam pemakaian yang wajar saja, anda patut untuk waspada. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya aplikasi yang tidak dikenal yang berjalan dibelakang layar.

Aplikasi tersebut bisa saja sejenis malware yang dapat mencuri data-data penting dari perangkat smartphone anda. Terdengar cukup mengerikan, bukan? Solusi yang bisa anda terapkan adalah jangan sembarangan untuk meng-install aplikasi  yang berasal dari sumber yang tak dikenal.

 2. Suhu Smartphone Panas Tiba-Tiba

Seperti pada poin di atas, tanda lainnya jika ada suatu aplikasi yang berjalan dibelakang layar adalah suhu pada perangkat smartphone yang tiba-tiba menjadi semakin panas.

Jika memang iya, maka tidak ada salahnya jika anda mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan terutama dibelakang layar melalui pengaturan. Untuk anda pengguna Android, bisa masuk ke dalammenu Settings > Developer options > Running services.

Apabila anda menemukan adanya aplikasi yang tidak dikenal, solusinya segera hapus aplikasi tersebut dan jangan pernah lagi untuk meng-install aplikasi  yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

3. WiFi Aktif dengan Sendirinya.

Ketika anda sedang berada di tempat umum, dan WiFi anda tiba-tiba aktif dengan sendirinya, maka anda patut waspada. Karena hal demikian bisa jadi perangkat Smartphone  anda sedang disadap. Melalui koneksi jaringan WiFi yang ada tempat umum, para peretas dapat dengan mudah menginfeksi dan juga melakukan transfer data ke dalam perangkat dari target yang mereka inginkan.

4. Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Panggilan.


Salah satu tanda jika perangkat smartphone anda sedang disadap adalah munculnya suara bising dan juga aneh selama anda sedang melakukan panggilan telepon.
Kalau hal tersebut terjadi, anda mesti waspada, apalagi jika lawan bicara anda merasa suara panggilan baik-baik tanpa ada gangguan saja.

5. Kuota Internet Boros.

Selain dari daya baterai yang tiba-tiba saja berkurang secara drastis, kuota internet yang tiba-tiba menjadi boros adalah salah satu tanda adanya aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan anda.

Jika anda sering menggunakan paket data, anda pastinya telah hapal betul berapa lama biasanya kuota internet anda bertahan. Akan tetapi jika tiba-tiba menjadi lebih boros , maka anda patut waspada dan solusinya anda harus segera mengecek berbagai aplikasi apa saja yang telah ter-install di perangkat smartphone anda.

0 Response to "Waspadalah, Ada 5 Tanda Kalau Smartphone Anda Telah Diretas"

Post a Comment