Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ini Alasan Kenapa Bandara Soekarno-Hatta Melarang Penumpang Bawa Powerbank ke Pesawat

blogger templates

Ini Alasan Kenapa Bandara Soekarno-Hatta Melarang Penumpang Bawa Powerbank ke Pesawat

Baru baru ini bandara Soekarno Hatta telah mengeluarkan peraturan baru mengenai ketentuan untuk membawa perangkat powerbank ke dalam pesawat, hal tersebut terkait dengan adanya insiden powerbank yang meledak didalam kabin pesawat. Aturan  baru ini didasarkan pada  kebijakan yang dikeluarkan oleh  pihak International Air Transport Association (IATA).

Berdasarkan informasi yang dikutip dari akun Twitter Bandara Soekarno-Hatta, perangkat powerbank yang bisa masuk kedalam kabin pesawat dibatasi yaitu di bawah 100Wh. Sementara itu untuk jenis powerbank  yang memiliki kapasitas daya di atasnya memerlukan persetujuan dari maskapai penerbangan yang bersangkutan.

"Powerbank di bawah 100Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin, di atas 100Wh dan di bawah 160Wh perlu persetujuan pihak maskapai untuk dibawa ke bagasi kabin, sedangkan di atas 160Wh dilarang," seperti yang ditulis akun Twitter Soekarno-Hatta seperti @CGK_AP2.



Aturan tentang adanya pembatasan kapasitas daya dari perangkat powerbank ini masuk kedalam aturan Annex 17 doc 8973 dan Annex 18 dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan juga pihak IATA.

Pihak Kementerian Perhubungan menurunkannya dalam sebuah Peraturan Menteri Perhubungan no 80 tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Sipil Nasional (PKPN).

"Isi dalam aturan tersebut di antaranya terkait korek dan powerbank yang dibawa masuk kedalam kabin pesawat, ada yang boleh dibawa masuk dan ada pula yang tidak. Jadi, semua peraturan tersebut haruslah dimengerti oleh petugas dan juga masyarakat," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso seperti yang dikutip dari situs resmi Kemenhub, pada Jumat (9/3/2018).
Menghitung Kapasitas Powerbank yang Dilarang

Lalu, sebenarnya berapa  sih kapasitas dari powerbank yang dilarang untuk dibawa masuk dalam sebuah penerbangan pesawat? Dijelaskan lebih lanjut oleh pihak Dirjen Perhubungan Udara, untuk powerbank dengan kapasitas 100Wh sebenarnya adalah setara dengan daya 27 .000mAh, satuan yang biasanya selalu digunakan sebagai suatu penanda kapasitas daya dari sebuah powerbank.

Cara untuk mengatahui kapasitas dari Wh itu sendiri yaitu penggunanya hanya tinggal mengalikan kapasitas nya (mAh) dengan voltase (V) powerbank tersebut lalu dibagi 1.000. Tapi tenang rata-rata kapasitas Wh dari powerbank yang ada di pasaran saat ini tak melebihi  dari 100Wh.

Apabila anda tidak mau ribet dalam menghitung apakah powerbank milik anda cukup aman untuk dibawa masuk kedalam kabin pesawat, bisa secara langsung melihatnya yang biasanya tertulis di bodi produk. Umumnyanya, perusahaan dari pembuat powerbank akan menuliskan spesifikasi dari produknya di bagian tersebut.


 Kasus Meledaknya Powerbank di Pesawat
Aturan yang diterapkan ini dikeluarkan oleh pihak bandara bukannya tanpa alasan. Sebab sebelumnya, sempat memang terjadi adanya kasus powerbank yang meledak di dalam kabin pesawat China Southern Airlines.
Insiden yang terjadi pada hari Minggu 25 Februari  2018 waktu setempat itu terjadi ketika para penumpang tengah naik pesawat di Bandara Internasional Guangzhou Baiyun China.

Insiden tersebut mengakibatkan adanya penundaan untuk terbang pesawat selama tiga jam pada penerbangan dengan nomor CZ3539. Pesawat yang tertahan tersebut seharusnya dijadwalkan untuk segera berangkat menuju Bandara Internasional Hongqiao Shanghai  China sekitar waktu tengah hari.

Pihak China Southern Airlines menuliskan di situs microblogging China Weibo bahwa sebuah tas yang ada di kabin penumpang telah mengeluarkan asap dan api ketika sedang proses boarding.

"Namun insiden kebakaran tersebut  bisa dengan cepat dipadamkan oleh pihak petugas pemadam kebakaran bandara dan juga oleh petugas keamanan," Seperti yang diungkap oleh pihak maskapai penerbangan China Southern Airlines dan dikutip dari Asia One

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Bandara Soekarno-Hatta Melarang Penumpang Bawa Powerbank ke Pesawat"

Post a Comment