Seputar informasi teknologi internet dan Android

Strategi Waze agar Pengguna Tak Jenuh di Tengah Kemacetan Dan hadirnya Fitur Navigasi Sepeda Motor

blogger templates

Strategi Waze agar Pengguna Tak Jenuh di Tengah Kemacetan Dan hadirnya Fitur Navigasi Sepeda Motor



Seperti berita yang dikutip dari Liputan6.com- Waze belum lama telah merilis sebuah laporan yang menyebutkan Jakarta menempati  urutan keempat sebagai kota termacet di dunia. Menempati urutan pertama sebagai kota termacet di dunia adalah Manila. Lalu kemudian disusul oleh kota Bogota dan kota Sao Paulo-Brazil.

Terlepas dari berbagai kota yang termacet di dunia itu, ternyata tersimpan potensi yang cukup besar sehingga dimanfaatkan oleh Waze sebagai aplikator untuk dapat menghasilkan pundi-pundi uang diberbagai kota didunia.

Potensi besar yang dilirik pihak Waze adalah data dan trafik para penggunanya. Oleh karena itu, Waze merilis Waze for Brand yang dapat difungsikan sebagai sebuah 'alat' untuk menghasilkan pendapatan. Fitur baru dari Waze ini juga diklaim tidak akan membuat penggunanya merasa bosan dan jenuh ketika terjebak di tengah kemacetan.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan rekaman data mobilitas dari penggunanya yang dapat digunakan oleh para pengiklan.

"Untuk media luar ruang, paling Out of Home (OOH) sebagai medianya. Kemudian selain itu ada radio kalau di dalam kendaraan. Nah, Waze for Brand ini menghadirkan ikon-ikon brand di dalam navigasinya," ungkap Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan.

Lebih lanjut lagi, dikatakannya, dengan fitur Waze for Brand, pengguna akan dapat langsung diarahkan oleh sistem jika ingin menuju tempat yang dituju.

"Tinggal diklik ikon dari brand tersebut, lalu kemudian pengguna langsung diarahkan menuju tempat yang dituju," tegasnya.

Walaupun aplikasi ini dapat mempromosikan seluruh brand, akan tetapi Marlin menegaskan hanya akan mengincar pasar dari industri yang berkaitan dengan Waze. Misalnya pada brand otomotif maupun ritel. Untuk sejauh ini sudah ada beberapa brand yang menjalin kerja sama seperti salah satunya  adalah Toyota.

"Tapi kalau ditanya berapa brand yang bekerja sama, kita tidak bisa menyampaikannya," ujar Marlin.

Untuk saat ini di Indonesia,aplikasi  Waze  sudah dipakai oleh lebih dari empat juta pengguna setiap bulannya. Aplikasi Waze for Brand sendiri, sudah mulai beroperasi di berbagai negara, di antaranya, adalah  Malaysia, Singapura, Indonesia, dan juga Filipina.
Hadir dengan Navigasi Sepeda Motor
Waze kini hadir dengan fitur navigasi sepeda motor

Pada bulan Desember 2017 lalu, Waze baru saja mengeluarkan pengumuman kehadapan public akan kehadiran fitur anyar dalam layanannya. Sebagai penyedia aplikasi berbagi informasi lalu lintas, Waze baru saja menambahkan daftar kendaraan sepeda motor pada list nya sebagai salah satu jenis kendaraan yang bisa digunakan.

Melalui penambahan dalam list pilihan kendaraan ini, para pengguna pengendara sepeda motor bisa mengetahui jalur lalu lintas mana saja yang lebih cepat dan aman untuk dilalui. Selain dapat menikmati fitur standar Waze, para pengguna sepeda motor juga bisa menemukan beberapa kemampuan tambahan dari aplikasi ini. 

Salah satunya adalah mengenai informasi kondisi jalanan terbaru yang dibagikan oleh sesama pengendara sepeda motor. Selain itu pengguna juga bisa mengetahui perkiraan waktu tempuh yang sudah tentu berbeda dari kendaraan mobil sehingga hasilnya menjadi lebih akurat.

Bukan cuma itu saja, informasi mengenai jalur alternatif yang mungkin tidak bisa dilalui oleh pengendara mobil juga turut hadir dalam modus ini. Selain itu Waze juga membenamkan fitur perintah suara sehingga memudahkan para pengendara sepeda motor dan tak perlu lagi menyentuh layar smartphone disaat mengemudi.

"Penambahan jenis kendaraan sepeda motor pada sistem navigasi menjadi bentuk dukungan Waze untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih disesuaikan kebutuhan pengguna," ungkap Waze dalam sebuah keterangan resmi yang dilansir dari  Liputan6.com Sabtu (2/12/2017).

Bukan hanya itu, adanya penambahan tipe kendaraan pada daftar pilihan,juga bisa membantu Waze dalam mengumpulkan data yang lebih akurat. Sehingga dengan begitu, pengemudi dari berbagai jenis kendaraan bisa merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi ini.
Cara Mengaktifkan
Untuk dapat mengaktifkan fitur navigasi khusus ini, pengguna bisa mengaksesnya melalui menu 'Settings'. Setelah itu buka menu 'Vehicle type' dan kemudian pilih 'Motorcycles'
Fitur navigasi untuk sepeda motor di Waze ini sudah bisa dinikmati secara global sejak 29 November 2017 lalu. Selain itu fitur ini juga hadir dalam semua bahasa, yang dapat di akses baik untuk sistem operasi iOS dan juga Android.

Pada periode sebelumnya, Waze juga telah merilis fitur yang didesain khusus untuk memudahkan pengguna kendaraan di ibu kota. Sebab, pengguna kendaraan kini dapat mengetahui pembatasan lalu lintas dengan adanya aturan ganjil genap yang diterapkan oleh pemerintah.

Langkah untuk dapat mengaktifkan fitur ini cukup mudah, yaitu Pertama, pengguna Waze masuk ke dalam menu Setting -> Navigasi -> License plate restriction -> lalu kemudian masukkan dua digit (angka) terakhir dari nomor pelat kendaraan pengguna.

Setelah itu,maka secara otomatis Waze akan me-rerouting dan kemudian memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi aturan Ganjil Genap.

Sumber : http://www.liputan6.com/tekno/read/3416118/strategi-waze-agar-pengguna-tak-jenuh-di-tengah-kemacetan

0 Response to "Strategi Waze agar Pengguna Tak Jenuh di Tengah Kemacetan Dan hadirnya Fitur Navigasi Sepeda Motor "

Post a Comment