Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Amankan WhatsApp Setelah Smartphone Hilang

blogger templates

5 Tips Amankan WhatsApp Setelah Smartphone Hilang


Ketika anda mengalami suatu kejadian perangkat Smartphone hilang, rusak karena jatuh atau telah dicuri orang memang suatu hal yang tidak menyenangkan.

Sebagai pengguna Smartrphone anda bisa saja kehilangan kontak yang ada di WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang kini semakin populer dan digunakan oleh jutaan penggunanya di seluruh dunia. 

Ketika perangkat Smartphone hilang, itu berarti pula anda telah kehilangan kendali atas aplikasi WhatsApp ini. Beruntung pula jika pengguna telah terlebih dahulu mem-backup seluruh riwayat percakapan dengan menggunakan Google Drive, iCloud dan  berbagai layanan lainnya sebelum mengalami kejadian smartphone nya hilang. Setidaknya anda sebagai pengguna perangkat Smartphone bisa bernafas lega data dari perangkat ini aman tersimpan. 

Akan tetapi  berbeda ceritanya, jika anda tidak melakukan backup data sebelum perangkat smartphone hilang. 

Maka dari itulah, untuk mengamankan akun WhatsApp Anda pada pernangkat smartphone yang telah hilang, maka bisa anda lakukan dengan memakai berbagai cara. Salah satu hal yang paling penting, ketika perangkat smartphone anda hilang, entah itu karena dicuri, maka sebaiknya sesegera mungkin anda mengontak tim dari WhatsApp. Langkah yang lainnya yaitu dengan memastikan kartu SIM Anda telah dinonaktifkan. 

Berikut dibawah ini beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengguna perangkat Smartphone yang berguna untuk mengamankan berbagai data dari WhatsApp Anda ketika perangkat smartphone anda hilang, Seperti yang dikutip dari  laman Gadgetsnow.

1.    Kunci kartu SIM

Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mengunci kartu SIM pada perangkat smartphone Anda yang telah hilang. Caranya yaitu dengan mengontak provider dari kartu SIM milik Anda.

Dengan cara mengontak provider, maka dengan begitu akan menutup langkah dari orang yang tidak bertanggung jawab untuk masuk ke dalam akun WhatsApp pada perangkat  smartphone Anda yang hilang karena tercuri atau hilang terjatuh.

Ketika kartu SIM telah di nonaktif kan, maka orang yang menggunakan perangkat smartphone Anda menjadi tidak bisa dengan mudah untuk menggunakan akun whatsapp Anda. 

2. Hidupkan lagi WhatsApp 

Langkah kedua, ketika telah menonaktifkan kartu SIM pada perangkat smartphone Anda yang hilang, selanjutnya segeralah untuk mengaktifkan aplikasi WhatsApp dengan menggunakan perangkat mobile anda yang lain. 

Caranya yaitu anda gunakan kartu SIM dengan nomor seluler yang sama pada perangkat smartphone yang hilang. Ini merupakan cara yang singkat. Karena untuk mendapatkan kartu SIM yang baru dengan menggunakan nomor lama membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, maka dari itu anda harus sabar menunggunya karena tidak ada pilihan yang lain. 

Yang mesti anda Ingat, WhatsApp hanya bisa diaktifkan pada satu perangkat dengan menggunakan satu nomor saja. 

3. Kontak segera tim WhatsApp

Langkah ketiga yang paling penting yaitu segeralah anda kontak tim dari WhatsApp dengan melalui email. Jika benar, pastikan anda sertakan kalimat penegas pada badan email yaitu berupa: 'Lost/stolen: Deactivate my account'. Kalimat ini digunakan untuk menarik perhatian dari tim WhatsApp dan mereka akan bertindak segera. 

Selain itu jangan lupa pula, dalam laporan melalui email, sertakan nomor telepon seluler Anda yang ada pada perangkat smartphone yang hilang, disertai juga dengan kode negara asal. Untuk Indonesia kode negara yang digunakan yaitu  +62 ingat ya !. 



4. WhatsApp bisa aktif dengan WiFi

Yang harus anda Ingat pula, WhatsApp dapat pula diaktifkan tanpa menggunakan kartu SIM di dalamnya. Karena dengan memakai jaringan WiFi maka orang yang telah menguasai dari perangkat Smartphone Anda dapat pula mengendalikan akun pada smartphone yang hilang tersebut.

Untuk itulah pentingnya untuk mengontak tim WhatsApp agar segera menonaktifkan akun WhatsApp Anda. Langkah ini perlu anda lakukan, karena menonaktifkan WhatsApp tidak dapat dilakukan dari perangkat yang lain. 
5. Manfaatkan waktu 30 hari

Pengguna dari aplikasi Whatsapp mempunyai waktu 30 hari guna mengaktifkan kembali akun WhatsApp nya, ketika mengalami kejadian smartphone nya hilang. Jika telah lewat dari waktu sebulan,  maka akun WhatsApp anda akan sepenuhnya terhapus. Maka dari itulah manfaatkanlah waktu 30 hari yang diberikan.

0 Response to "5 Tips Amankan WhatsApp Setelah Smartphone Hilang"

Post a Comment