Seputar informasi teknologi internet dan Android

Mengintip Perjalanan Perkembangan Power Bank Hingga Kini

blogger templates

Mengintip Perjalanan Perkembangan Power Bank Hingga Kini



Dalam sejarahnya di tahun 2001, sebuah perangkat power bank pertama kali nya dirakit oleh sekelompok mahasiswa dengan menggunakan baterai AA dan sirkuit kontrol. Power bank hasil rakitan para mahasiswa itu kemudian dipamerkan di acara CES 2001.

Ketika itu, baterai yang digunakan memiliki ukuran yang besar namun kapasitas yang dihasilkan masih sangat kecil . Power bank diciptakan mungkin karena teknologi pembuatan baterai yang belum matang. Pangsa pasar yang efisien belum begitu terbentuk di negara China, walaupun banyak perusahaan teknologi terkenal yang terlibat dalam pembuatan power bank.
Selanjutnya selama periode tahun 2004-2006, maka dimulailah fase konsep pasar. Salah satu perusahaan yaitu Huaqi secara resmi merilis power bank terbaru, yang diberi nama  Engine Compartment. Dan ketika itu, industri power bank terlihat mulai bangkit dari tidurnya kembali, sementara itu power bank dengan merek seperti Aigo dan Anytone mulai muncul ke permukaan.
Selama  kurang lebih satu tahun, teknologi yang sedang berkembang ini pada akhirnya membuat rudiment pada perangkat power bank, yang mempunyai sirkuit manajemen, IC, baterai applicable, dan berbagai teknologi-teknologi lainnya yang saling terkait satu sama lain.
Ketika itu industri pembuatan power bank tersebut memang benar-benar sedang meningkat pesat. Akan tetapi, pasar domestik belum begitu menampakkan respons yang menggembirakan. Banyak perusahaan  teknologi yang kemudian beralih ke perdagangan luar negeri.
Pasar  dari industri teknologi ini mulai mengalami perkembangan pada periode tahun 2006-2007. Ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan pembuatan peralatan asli atau Original Equipment Manufacturer (OEM) terkenal yang terlibat dalam bisnis tersebut, kemudian bersama-sama meluaskan pasar power bank. Sehingga perlahan-lahan namun pasti, power bank mulai diakui oleh masyarakat luas.
Pada tahun 2007, Apple sebagai perusahaan teknologi asal Amerika kemudian meluncurkan mode iPhone dengan  membenamkan fungsi mengagumkan dari perangkatnya yang mencuri perhatian besar dari pasar ponsel global. Akan tetapi, baterai pada perangkat iPhone tidak bisa dibuka dan diubah oleh penggunanya. Selain dari itu, daya baterainya hanya  mampu bekerja selama empat jam setelah diisi ulang.
Karakter pada perangkat iPhone tersebut kemudian menjadikan para pengguna dari iPhone sebagai target utama untuk pemasaran power bank. Ketika itu, terdapat kurang lebih 50 merek yang beredar di pasaran.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, pasar power bank juga kemudian tumbuh dengan cepat pada tahun 2009-2012. Terdapat dipasaran lebih dari 500 merek power bank yang siap dalam memenuhi kebutuhan ponsel penggunanya. Pada saat itu, HELOIDEO telah meraup keuntungan USD40 juta dan kemudian meningkat 20% per tahunnya.
ELOIDEO berdedikasi dalam menginovasi sebuah produknya seperti car battery charger atau pengisi daya baterai ponsel di mobil, dan membuat power bank dengan kemampuan tinggi untuk meningkatkan daya baterai ponsel.
Jika dilihat dari perkembangan power bank hingga saat ini, bahwa peningkatan kemampuan power bank tergantung pada faktor dari perangkat itu sendiri (terutama pada teknologi baterai) dan faktor pasar (terutama pada pasar smartphone).
Hingga kini, power bank masih terus diminati dan dibutuhkan oleh para pengguna perangkat smartphone. Pasar dari perangkat power bank saat ini lebih kompetitif, berbagai merek telah menghadirkan power bank dengan berbagai varian daya hingga desain yang lebih bervariasi.
Berbagai fitur dan model pada power bank ditawarkan oleh pembuatnya. Mulai dari kapasitas baterai berkisar 500 mAh sampai dengan di atas 20.000 mAh, jumlah dari port USB, adanya senter, WiFi, dan penggunaan baterai lithium-ION dan baterai lithium-polymer, sampai dengan multiple users, perangkat power bank  telah memungkinkan para penggunanya memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

0 Response to "Mengintip Perjalanan Perkembangan Power Bank Hingga Kini"

Post a Comment