Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Jitu Mengatasi Masalah Smartphone yang Tidak Bisa di Charge

blogger templates

Tips Jitu Mengatasi Masalah Smartphone yang Tidak Bisa di Charge
  
Sekarang ini Smartphone menjadi suatu perangkat yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di era digital ini.
Ketika anda telah menggunakan sebuah perangkat ponsel atau smartphone dalam waktu yang lama maka secara perlahan namun pasti anda akan mulai menemukan kerusakan-kerusakan yang mungkin bisa mengganggu kinerja dari smartphone tersebut. Kerusakan tersebut bisa muncul dari berbagai macam sumber baik hardware ataupun software nya.
Masalah pada baterai ponsel adalah salah satu jenis kerusakan yang paling sering dan banyak di temukan. Beragam kerusakan pada baterai bisa ditemui. Yang paling umum dan mungkin sangat merugikan penggunanya yaitu disaat baterai tidak bisa mengisi daya saat di charge atau sedang di cas. Atau masalah lainnya adalah ketika ponsel atau hp tidak bisa di charge ketika dalam keadaan mati. Kenapa hal tersebut sangat merugikan? Ya karena apalah gunanya sebuah perangkat smartphone ketika ia tidak memiliki daya maka perangkat tidak akan bisa digunakan? 
Jika masalah tersebut sedang dialami oleh smartphone anda, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sendiri ponsel anda yang bermasalah dengan baterai tanpa harus memperbaikinya ke tempat servis.
1. Matikan Ponsel
Langkah awal yang dapat anda lakukan untuk mencoba memperbaiki sendiri masalah kegagalan dalam pengisian daya adalah dengan cara mematikan ponsel anda Karena ponsel khususnya smartphone yang terus menyala ketika di charge tanpa pernah dimatikan  maka akan mempengaruhi kinerja baterai.
Oleh sebab itu cobalah untuk mematikan perangkat smartphone anda untuk beberapa saat lalu kemudian hidupkan kembali dan cobalah lagi untuk melakukan pengisian daya baterai. Sebagian besar dengan cara ini akan berhasil mengatasi masalah anda.
2. Periksa Baterai Ponsel
Jika dengan cara mematikan perangkat ponsel tidak membantu anda maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah memeriksa keadaan baterai. Apakah kondisi baterai masih dalam keadaan layak pakai atau telah berada dalam kondisi layak untuk dibuang. Cara untuk mendeteksi kerusakan pada baterai cukup mudah, yaitu dengan cara memperhatikan bentuk dari permukaan baterai. Jika baterai terlihat tidak lagi rata atau terlihat telah menggembung itu berarti baterai telah mengalami kerusakan.
.
Jika demikian itulah penyebab mengapa baterai tersebut tidak lagi bisa mengisi daya ketika sedang di cas. Untuk mengatasi masalah tersebut,satu-satu nya cara yang bisa anda  lakukan untuk memperbaikinya hanya lah dengan mengganti baterai ponsel dengan yang baru.
3. Periksa perangkat Charger
Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan masalah baterai sehingga tidak bisa melakukan pengisian daya terletak pada perangkat pengisi daya itu sendiri. Untuk mengetahui hal itersebut anda bisa melakukan uji coba dengan menggunakan perangkat pengisi daya baterai pada perangkat ponsel lain. Jika ternyata pada ponsel lain tersebut tidak bisa juga untuk melakukan pengisian daya maka dapat dipastikan masalahnya memang terletak pada perangkat pengisi daya tersebut.
Untuk jenis smartphone biasanya perangkat pengisi daya terdiri dari 2 bagian yaitu Power adaptor dan kabel USB. Anda bisa melakukan pengecekan satu-persatu pada ke dua perangkat ini. Akan tetapi sayangnya masalah tersebut hanya bisa diperbaiki dengan cara mengganti perangkat yang sudah rusak tersebut. Entah itu pada kabel USB atau pun power adaptor atau mungkin saja keduanya.
Satu hal yang mesti anda perhatikan disaat membeli dan sebaiknya gunakanlah perangkat pengisi daya yang asli dan yang sesuai dengan perangkat ponsel anda. Karena adanya ketidak cocok kan pada perangkat pengisi daya juga bisa menimbulkan masalah kedepannya.
4. Periksa Port USB
Untuk perangkat smartphone ketika masalah dalam pengisian daya ini terjadi dan anda telah melakukan pemeriksaan pada baterai dan juga pada perangkat pengisi daya. Seperti yang telah di sebutkan pada poin sebelumnya dan tidak ditemukan adanya masalah, maka hal berikutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan memeriksa port USB.
Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk melakukan perbaikan sendiri dengan cara mengeluarkan baterai dari perangkat smartphone. Lalu kemudian gunakan benda kecil dan tumpul misalnya tusuk gigi / lidi untuk mendorong secara perlahan Port USB ke dalam agar dapat kembali pada posisi semula. Karena mungkin saja port USB telah bergeser posisinya ketika anda terlalu sering bongkar pasang perangkat charger.

Selain itu, terkadang debu ataupun kotoran pada port USB juga bisa menjadi salah satu sumber masalah. karenanya cobalah untuk membersihkan port USB secara perlahan dengan menggunakan kain lembut agar bersih dari debu dan juga kotoran.
5. Periksa Sumber Daya
Kekurangan sumber daya listrik juga bisa menjadi salah satu penyebab akan kegagalan dalam pengisian daya baterai ponsel. Kekurangan akan sumber atau asupan daya ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena perangkat charger yang tidak competible atau tidak sesuai dan yang kedua adalah berasal dari sumber daya itu sendiri.
Untuk masalah pertama dapat diatasi dengan cara menggunakan perangkat yang sesuai dengan ponsel dan untuk sumber masalah yang kedua usahakanlah untuk mengisi daya baterai secara langsung pada sumber listrik dan bukan dengan menghubungkannya pada perangkat lain seperti Komputer PC atau Laptop. Karena daya yang disalurkan oleh PC ataupun Laptop lebih kecil dan tidak stabil jika di bandingkan dengan sumber ataupun jala-jala listrik.
Selain itu usahakanlah untuk menghubungkan perangkat pengisi daya langsung pada sumber listriknya tanpa menggunakan cok sambung atau menggunakan perangkat penghubung lainnya.  
6. Periksa System atau Software Android
Kegagalan dalam proses pengisian daya juga bisa di sebabkan adanya ketidak cocok kan versi Sistem Operasi atau software pendukung lainnya dengan versi perangkat smartphone anda. Jika masalah ini baru muncul setelah anda melakukan pembaruan system atau pembaruan aplikasi smartphone maka kemungkinan besar inilah yang menjadi penyebab utamanya. Dalam hal ini untuk mengatasinya maka anda cukup mengembalikan atau menggunakan kembali sistem atau aplikasi ke versi semula sebelum di upgrade atau dipembaharui.
Akan tetapi terkadang masalah yang muncul malah sebaliknya. Di mana perangkat Smartphone membutuhkan versi Sistem Operasi atau aplikasi yang lebih update. Jika perangkat  smartphone anda memang belum pernah di upgrade maka kemungkinan besar hal tersebut memang perlu dilakukan guna mendapatkan kinerja yang lebih optimal dan untuk mengatasi masalah pengisian daya.
Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah pada pengisian daya. Cara-cara tersebut diatas bisa anda lakukan sendiri tanpa harus membawa perangkat ponsel kesayangan anda ke tempat servis.
Sumber : https://www.andre.web.id/mengatasi-hp-tidak-bisa-di-charge/

0 Response to "Tips Jitu Mengatasi Masalah Smartphone yang Tidak Bisa di Charge"

Post a Comment