Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Jitu Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Tidak Berfungsi Normal

blogger templates



Kalau di masa yang lalu Smartphone yang kita kenal menggunakan tombol Qwerty, maka dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat  berpengaruh juga pada perkembangan teknologi Smartphone, dengan hadirnya fitur Touchscreen  atau layer sentuh pada smartphone android masa kini,, fitur ini semakin memanjakan para pengguna perangkat Smartphone Android, fitur ini berfungsi sama seperti pada tombol Qwerty yaitu untuk mengetikkan berbagai pesan dan juga nomor telepon yang akan kita hubungi.
Akan tetapi fitur touchscreen yang ada pada Smartphone masa kini jika digunakan secara terus menerus umumnya akan mengalami kerusakan, gejala yang terjadi biasanya touchscreen menjadi macet  dan kurang sensitif ketika dipergunakan untuk mengetik maupun untuk membuka aplikasi.
Maka dari itu jika anda mengalami hal tersebut alangkah baiknya anda jangan terburu-buru untuk membawa smartphone kesayangan anda ketempat service, karena mengatasi mengatasi Touchscreen Smartphone yang tidak berfungsi normal bisa dengan mudah kita perbaiki dengan cara-cara manual.
Berikut ini ada 5 cara  yang bias anda coba untuk mengatasi Touchscreen Smartphone yang tidak berfungsi normal

5 Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Tidak Berfungsi Normal

1. Bersihkan Memory RAM

Yang mesti anda ketahui adalah dengan banyaknya aplikasi atau juga game yang anda install di Smartphone Android anda maka memory RAM yang terdapat didalam perangkat Android akan menjadi cepat penuh, yang akan terjadi adalah jika memory RAM sudah melebihi kapasitas maka akan menjadi kelebihan beban, hal tersebut yang menjadi penyebab pernagkat smartphone anda tidak berfungsi maksimal begitu juga fungsi fitur touchscreennya menjadi kurang optimal. Cara mengatasinya adalah dengan selalu membersihkan memory RAM pada perangkat Smartphone anda secara teratur.

2. Kalibrasi

Langkah selanjutnya adalah dengan cara meng-install aplikasi kalibrasi pada smartphone android anda guna mengatasi masalah kerusakan pada touchscreennya, kelebihan dari aplikasi kalibrasi ini adalah selain dapat menyesuaikan tingkat mode kesensitivitannya juga dapat memperbaiki fitur touchscreen pada smartphone anda yang macet.
Pada perangkat Smartphone Android umumnya aplikasi kalibrasi ini bias ditemukan pada opsi atau pengaturannya, akan tetapi jika di smartphone anda tidak menemukannya maka sebaiknya anda unduh dahulu secara gratis di Google Play Store. 

3. Ubah Pengaturan Launcher

Cara mengatasi touchscreen smartphone yang rusak adalah dengan mengubah launcher pada perangkat smartphone anda, atau sebaiknya anda hapus saja launcher nya yang menggunakan efek atau animasi bergerak dengan kapasitas yang berat.
Launcher dengan kapasitas yang berat umumnya penggunaanya hampir sama dengan aplikasi yang berat yang banyak menggunakan memori RAM, ketika launcher bergerak berupa animasi  akan menyebabkan memori RAM terpakai dengan jumlah besar.
Maka dari itu untuk mengatasi touchscreen Smartphone yang tidak berfungsi normal, sebaiknya ubah launcher pada perangkat Smartphone Android anda. Dan jika mau menggunakan wallpaper sebaiknya gunakan yang tidak bergerak  dan memiliki kapasitas yang ringan sehingga tidak banyak memakan memori RAM.

4. Restart Smartphone

Cara selanjutnya untuk memperbaiki  Touchscreen Smartphone yang tidak berfungsi normal dan tidak optimal ketika dipergunakan adalah dengan merestart smartphone anda, coba matikan atau restart pernagkat smartphone tersebut. Kemudian tunggu beberapa detik lalu anda hidupkan kembali, namun jika cara tersebut belum juga berhasil dalam mengatasi touch screen yang  error maka langkah selanjutnya adalah dengan memperbaikinya ke Service center.

5. Factory Reset

Alternatif cara terakhir untuk mengatasi touchscreen smartphone yang tidak berfungsi dengan normal adalah dengan melakukan Factory Reset atau kembalikan ke pengaturan  awal dari pabrik pembuatnya, pada umumnya cara ini sangat efektif untuk memperbaiki program touchscreen yang gagal system, jika anda ingin melakukan cara terakhir ini jangan lupa sebaiknya anda backup atau cadangkan dulu semua data -data dan aplikasi yang dirasa penting di perangkat smartphone anda, Karena semua data tersebut akan hilang jika anda melakukan factory reset, jangan sampai anda menyesal kemudian.

Cukup kiranya penjelasan diatas tentang cara mengatasi Touchscreen Smartphone yang tidak berfungsi normal, dan semoga dapat diambil manfaatnya, selamat mencoba.

0 Response to "5 Cara Jitu Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Tidak Berfungsi Normal"

Post a Comment