Seputar informasi teknologi internet dan Android

Fakta Dibalik Baterai Smartphone yang Harus Anda Ketahui

blogger templates


Fakta Dibalik Baterai Smartphone yang Harus Anda Ketahui


Di era modern ini kita sebagai pengguna smartphone Android tentunya dituntut untuk mengetahui seluk beluk setiap sudut dari smartphone kita agar dapat menggunakan perangkat tersebut secara maksimal. Hal tersebut kita lakukan guna mencegah terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan.
Maka dari itu salah satu bagian dari smartphone Android yang seringkali jarang kita perhatikan adalah baterai. Banyak dari pengguna Smartphone Android yang tidak mempunyai pengetahuan lebih untuk mengetahui seluk beluk tentang baterai. Meskipun terkesan sepele hal tersebut dapat membuat baterai yang tertanam di Smartphone Android akan cepat mengalami kerusakan bahkan bisa sampai membahayakan penggunanya, misalnya baterainya meledak.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, berikut ada beberapa fakta penting seputar baterai Smartphone Android yang wajib diketahui oleh para pengguna smartphone agar nanti tidak menyesal menyesal. Apa saja fakta tersebut? dikutip dari Merdeka.com

Baterai tidak akan pernah terisi penuh

 Dikala anda telah selesai melakukan pengisian daya baterai smartphone Android, pasti akan muncul indikator atau presentase yang menyatakan jika baterai smartphone anda telah terisi penuh atau sudah mencapai 100 persen. Namun, ternyata itu hanya tipuan saja. Betul sekali, hampir disemua baterai smartphone sesungguhnya tidak akan pernah mencapai daya hingga 100 persen setelah anda men-chargenya. Daya paling besar yang diatur untuk dapat ditampung dalam sebuah baterai ternyata hanya sampai 80 persen saja.
Jadi hal tersebut perlu dilakukan oleh setiap produsen baterai tujuannya adalah agar produk mereka dapat terus stabil dan menjadi tidak mudah rusak. Apabila baterai diatur sehingga mampu menampung daya hingga 100 persen, akan terdapat kemungkinan baterai tersebut nantinya akan cepat rusak atau bahkan meledak jika terlalu  overcharge.
Oleh sebab itu, ada baiknya anda tidak perlu memaksa baterai smartphone terus diisi dayanya tujuannya agar baterai tidak cepat rusak

Isi ulang daya sebelum baterai benar-benar habis
Lupakan semua  anjuran yang menyatakan kalau anda harus mengisi daya baterai dikala indikator baterai smartphone sudah sampai di titik kritis atau di bawah 15 persen,bahkan 10 persen. Semua itu adalah salah.
Baterai smartphone yang diproduksi sekarang kebanyakan adalah baterai berjenis Lithium-ion yang justru mampu menghasilkan performa maksimalnya disaat dayanya mencapai 50 persen. Oleh karena itu, anda bisa langsung mengisi daya baterai smartphone disaat indikator baterai sudah menunjukkan angka 30 persen misalnya.
Denga mengisi baterai dari daya yang paling rendah dan dilakukan secara terus menerus, misalnya di bawah 10 persen justru bisa merusak baterai dan mengurangi umur atau masa pakainya. Akan tetapi, anda juga tidak harus mengisi  dayanya sepanjang waktu karena baterai Lithium-ion dapat mengalami overheat atau menjadi kepanasan yang akan dapat membuatnya meledak

Baterai atau charger murah itu berbahaya

Apakah baterai smartphone android anda sudah menunjukkan akan tanda-tanda kerusakan seperti mudah drop dayanya atau sudah menggelembung? Nah, jika hal tersebut terjadi maka saatnya anda harus menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi, andapun tidak boleh asal saja  membeli baterai baru yang biasanya dijual dengan harga yang murah di pasaran. Kenapa?
Sebagian besar baterai smartphone yang diproduksi dari selain pabrikan aslinya biasanya tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang sesuai standar.
Banyak terjadi kasus-kasus baterai meledak yang ternyata awal mulanya dari baterai dengan harga murah. Hal ini dapat juga berlaku pada charger atau alat pengisi daya smartphone anda.
Charger dengan harga yang murah pun banyak yang tidak memberikan sistem perlindungan di dalamnya, sehingga seringkali dapat memberikan energi listrik yang berlebih di baterai smartphone Anda. Dan ujung-ujungnya bukan baterai smartphone anda kembali terisi penuh tapi baterainya akan mengalami kerusakan atau bahkan bisa meledak.

Baterai tidak akan cepat habis gara-gara banyak membuka aplikasi

Bagi anda yang gemar menggunakan smartphone untuk berbagai kegiatan multitasking pasti akan sering mengeluhkan daya baterai smartphone yang cepat terkuras habis. Oleh sebab itu mereka biasanya akan langsung menutup berbagai aplikasi yang dijalankan saat tidak dibutuhkan, termasuk dengan memasang aplikasi pengelola baterai.
Sebenarnya hal itu tidak perl dilakukan, sebabnya adalah sistem operasi Android telah selangkah di depan dengan  adanya kemampuan pengelolaan baterai sendiri. Misalnya, sistem akan secara otomatis menutup aplikasi yang terbuka setelah selang beberapa detik anda berpindah ke aplikasi yang lain.
Kebanyakan dari kegiatan multitasking tersebut hanya akan berpengaruh pada pemakaian memori RAM yang berakibat akan membuat kinerja smartphone menjadi agak lemot.

Wallpaper animasi, Wi-Fi, hingga GPS tidak berpengaruh pada baterai

Sebagian besar orang  akan menyarankan para pengguna Amartphone Android agar tidak memasang wallpaper gerak atau animasi di smartphone androidnya dengan bertujuan agar baterai tidak cepat terkuras habis. Begitu pula hal nya dengan fitur konektivitas lain seperti Wi-Fi, GPS, dan juga Bluetooth.
Perlu anda ketahui jika wallpaper animasi hanya berpengaruh terhadap pemakaian daya baterai hanya sekitar 2 persennya saja. Sementara untuk penggunaan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth tidak akan memakan daya baterai smartphone android anda saat diaktifkan.
Yang sebenarnya banyak menguras daya baterai smartphone android anda adalah banyaknya aplikasi yang dengan sengaja diatur berjalan di latar belakang smartphone, termasuk aplikasi yang memiliki fitur pop up notifikasi seperti misalnya aplikasi chat WhatsApp, BBM, atau jejaring sosial lainnya.
Oleh karena itu anda tidak perlu takut untuk menghidupkan Wi-Fi agar terkoneksi dengan internet. Cara tersebut justru menguntungkan karena dapat  membuat anda menghemat paket data yang dimiliki.

0 Response to "Fakta Dibalik Baterai Smartphone yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment