Seputar informasi teknologi internet dan Android

6 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart/Mati Sendiri

blogger templates


6 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart/Mati Sendiri


Ketika perangkat Smartphone kita bermasalah yaitu sering restart sendiri membuat kita jadi jengkel, apalagi ketika sedang ada keperluan penting atau sedang terburu-buru untuk mengirimkan suatu berita atau menelpon tiba-tiba ponsel kita mati mendadak tanpa diketahui penyebabnya. 

Saat ini OS Android memang terbilang sebagai system operasi yang canggih, namun walau begitu tetap ada Batasan dalam penggunaan Smartphone Android tersebut, Berbagai macam merek Smartphone yang beredar dipasaran seperti misalnya Samsung Galaxy atau yang lainnya tetap memiliki keterbatasan. 

Kebanyakan orang yang menggunakan perangkat Smartphone Android ini tidak memperdulikan batasan tersebut, yang dimaksud batasan disini adalah batasan kemampuan dari Smartphone Android dalam menginstall berbagai aplikasi atau game didalamnya, seperti misalnya batasan RAM yang dimiliki atau memory internalnya,  Ketika menemukan suatu aplikasi atau game yang menurut mereka bagus segera diinstall tanpa menghapus aplikasi lama yang sudah jarang dipakai.

Terkadang tidak hanya menginstall aplikasi saja, banyak juga yang melakukan proses root Android, merubah tampilan ataupun mengganti tampilan bawaan dari Smartphone Androidnya, disinilah awal mula permasalahan terjadi yaitu ketika Smartphone atau Tablet tiba-tiba mati sendiri, jika seperti itu bagaimana mengatasinya?
Sebelum membahas cara memperbaiki ponsel yang sering mati sendiri baiknya kita cari tahu terlebih dahulu penyebab Smartphone Android sering Restrart sendiri, dengan begitu kita jadi mengetahui akar pokok masalahnya.

Penyebab Smartphone Android Sering Restart/Mati Hidup Sendiri

Banyak faktor yang menyebabkan Smartphone Android sering restart/mati hidup sendiri tanpa kita sentuh sekalipun, Diantara penyebab masalah ini adalah :
  1. Terjadi error/kerusakan pada sistem atau perangkat lunak/ software Smartphone itu sendiri. Android menemukan banyak error pada saat sedang menjalankan perintah baik yang dilakukan secara manual ataupun oleh aplikasi yang berjalan di latar. Perintah tersebut mengakibatkan banyak permasalahan sehingga membuat OS Android tidak bisa bekerja dengan baik dan pada akhirnya akan muncul keterangan “Force Close” kemudian Smartphone akan restart sendiri. Dan tidak jarang  ada yang sampai mengakibatkan Smartphone  android menjadi  blank screen atau layar menjadi hitam tidak terlihat menu apapun.
  2. Terjadinya error/kerusakan pada hardware/ perangkat kerasnya. Hardware adalah bagian yang sangat vital dari sebuah ponsel, jadi sudah sangat jelas dipastikan  jika terjadi kerusakan pada hardware maka akan sangat jelas efeknya pada ponsel kita. Misalnya ketika anda memasang aplikasi atau custom ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan ketahanan yang ada pada Smartphone anda.
Dari penjelasan tentang berbagai penyebab Smartphone Android sering Restart/Mati hidup sendiri, maka sekarang kita akan membahas cara mengatasinya.
Cara mudah mengatasi Smartphone Android yang sering Restart/Mati sendiri

  1.  Lepas baterai dan memori external di Smartphone anda. Sebelumnya anda matikan dahulu ponsel kemudian baru anda lepaskan baterai dan microSD setelah itu diamkan beberapa saat biarkan chipset berhenti menerima energy, setelah itu coba anda nyalakan kembal perangkat Smartphone Android anda.
  2. Bersihkan cache atau data aplikasi dan juga game yang tersimpan.Patut anda ketahui jika Cache dan data yang menumpuk dari banyak aplikasi atau game bisa juga menjadi penyebab Smartphone Android restart sendiri terus menerus.
  3. Update aplikasi yang ada di perangkat Smartphone Anda.Caranya masuk terlebih dahulu ke Google Play Store lalu klik My apps  setelah itu Klik Update, namun apabila masalah masih saja terjadi coba hapus aplikasi yang berukuran besar yang ada di perangkat Smartphone Android anda.
  4. Hapus aplikasi yang tidak penting.Seperti contohnya aplikasi penghemat baterai, aplikasi antivirus, karena aplikasi ini berjalan di belakang layar dan sangat menguras memori pada  RAM Smartphone Android anda, karena aplikasi ini akan terus bekerja.
  5. Ganti memori eksternal. Jalan terakhir adalah dengan memformat memori eksternal microSD  pada perangkat Smartphone Android anda atau menggantinya dengan memori eksternal baru yang masih kosong, 
  6.   Namun jika semua cara sudah anda tempuh dan masih saja tidak bisa diatasi dengan  sangat terpaksa anda harus segera memperbaikinya  di servis center terdekat.


Itulah tadi beberapa Cara mudah mengatasi Smartphone Android yang sering Restart/Mati sendiri dan semoga setelah melakukan cara-cara di atas Smartphone Android atau tablet yang anda miliki bisa normal kembali.

0 Response to "6 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart/Mati Sendiri"

Post a Comment