Seputar informasi teknologi internet dan Android

Pengertian Cache, Fungsi dan Efek Hapus Cache di Android

blogger templates


Pengertian Cache, Fungsi dan Efek Hapus Cache di Android


Di Era millenium ini penggunaan ponsel pintar atau smartphone yang berbasis Android adalah menjadihal yang umum, hampir semua kalangan menggunakannya, dari mulai pelajar, pegawai kantoran, karyawan pabrik sampai dengan ibu rumah tangga bahkan sekarang abang penarik beca pun sudah menggunakannya.

Akan tetapi masih banyak pengguna Smartphone ini hanya bisa mengoperasikannya saja namun jika di tanya apa fungsi yang terdapat didalam sistem operasi Smartphone Android mungkin banyak yang belum paham, salah satunya adalah istilah Cache di Android.

Mungkin perangkat Android pernah mengalami masalah memori internal penuh sehingga akhirnya tidak bisa install berbagai aplikasi atau menyimpan file karena selalu muncul error tidak cukup ruang penyimpanan padahal anda tidak terlalu banyak menyimpan data di Smartphone Android tersebut. Setelah di cek dan ditelusuri, ternyata penyebab memori internal penuh karena besarnya cache yang ada di Android, dengan terpaksa andapun akhirnya harus melakukan clear atau hapus cache secara rutin pada perangkat smartphone. Lalu pertanyaannya apa efeknya jika menghapus cache di Android? Apakah kita harus secara rutin menghapus cache tersebut?

Dimulai dari pengertian cache, fungsi, hingga cara membersihkan cache beserta efeknya.maka dari itu kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai hal tersebut. Mari kita simak bersama....

Apa itu cache?

Apa itu Cache Android? Secara sekilas cache adalah memori penyimpanan sementara yang fungsinya untuk lebih mempercepat akses dari aplikasi yang sering kita pakai di Android.Ketika anda pernah membuka aplikasi, game, dan browser di Android, cache ini akan merekam semua data hasil dari aktivitas yang pernah anda lakukan pada aplikasi atau browser tersebut.

Apa fungsi cache?
Dengan adanya cache maka proses loading aplikasi akan lebih cepat tanpa harus menunggu waktu lama, dan fungsi cache adalah sebagai perekam data pada suatu aplikasi yang terinstall di semua perangkat seperti Android dan PC.
Namun di sisi lain adanya cache tersebut tentu saja akan membuat memori internal Android kamu menjadi lebih cepat penuh karena digunakan untuk cache atau penyimpanan sementara tersebut.
Sebagai contoh, jika anda mempunyai aplikasi browser yang terpasang di android dan browser tersebut sering anda gunakan untuk browsing apapun itu dan masuk ke berbagai situs yang menampilkan jawaban dari apa yang anda cari di internet, maka situs-situs tersebut datanya (berupa gambar dan lainnya) akan tersimpan secara otomatis ke dalam cache di aplikasi browser tersebut.
Efeknya, ketika anda kembali mengunjungi situs yang sebelumnya pernah anda kunjungi dalam keadaan cache yang belum terhapus, maka akses menuju situs tersebut akan lebih cepat. Ini dikarenakan data situs tersebut sudah terekam atau tersimpan dalam cache.

Cara menghapus cache di Android
Ada 2 cara menghapus cache di Android secara manual tanpa menggunakan bantuan aplikasi.

1). Cara menghapus cache pada aplikasi tertentu
Pilih Settings > Application manager > pilih aplikasi > tap Clear cache.
Clear cache


2). Cara menghapus cache pada semua aplikasi di android
Pilih Settings > Storage/Penyimpanan > tap Cached data > OK.
Cached data



Apa efek menghapus cache?

1. Cache yang tidak dihapus dalam jangka waktu lama akan membuat cache tersebut menyimpan data yang ukurannya semakin membesar jika dibiarkan, Menghapus cache di aplikasi Android salah satu efek langsungnya adalah akan membuat memori internal pada perangkat android anda menjadi lebih lega atau kosong lagi. Seperti kita ketahui beberapa aplikasi Android terkadang menyimpanan cache sampai dengan ratusan MB, dan dengan melakukan hapus cache maka tentu saja nantinya memori internal pada perangkat android anda akan bertambah lagi kapasitasnya.

2. Efek hapus cache di Android akan memperlambat akses atau buka tutup aplikasi atau game di Android. Begitulah, disisi lain ternyata efek menghapus cache secara rutin akan mengakibatkan proses loading atau membuka sebuah aplikasi maupun game menjadi lebih lama. Kenapa? sebabnya adalah aplikasi tersebut akan memulai dari awal kembali untuk proses loading seluruh file yang diperlukan, berbeda jika anda tidak menghapus cache, maka proses loading akan lebih cepat karena yang diakses adalah file cache tersebut.

3. Manfaat dari menghapus cache adalah untuk mengatasi error saat membuka sebuah aplikasi. Pernahkan anda mengalami masalah saat membuka sebuah aplikasi?, ternyata aplikasi tersebut tidak mau dibuka dan kembali lagi ke menu utama? maka dari itu, dengan melakukan proses hapus cache, maka anda bisa dengan mudah dan cepat untuk mengatasi masalah error tersebut.

4.Hapus cache pada perangkat Android tidak akan membuat anda logout, atau kehilangan data level game. Kebanyakan orang takut untuk menghapus cache karena khawatir data di aplikasinya tersebut hilang semisal kontak BBM hilang ataupun data lainnya. Perlu anda ingat bahwa menghapus Cache berbeda dengan menghapus Data. Jadi proses menghapus cache di aplikasi Android tidak akan menghapus data aplikasi tersebut.

Jadi jika anda mengalami masalah ketika membuka sebuah aplikasi atau game tertentu, semisal ngehang atau malah kembali lagi ke menu utama, juga apabila memori internal Android anda tiba-tiba saja penuh tanpa sebab, maka proses hapus cache Android bisa mengatasi masalah anda tersebut namun tentunya resikonya bahwa proses loading aplikasi tersebut akan sedikit lambat.

Akhirnya, itulah pembahasan singkat mengenai Pengertian Cache, Fungsi dan Efek Hapus Cache di Android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dalam mengoperasikan android.

0 Response to "Pengertian Cache, Fungsi dan Efek Hapus Cache di Android "

Post a Comment