Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Memotret Obyek di Malam Hari Dengan Menggunakan Smartphone Android

blogger templates


5 Cara Memotret Obyek di Malam Hari Dengan Menggunakan Smartphone Android


Jika anda penggemar fotografi mungkin memotret pemandangan ataupun objek di malam hari dengan smartphone Android bukanlah hal yang mudah. Tak jarang, hasil foto yang kita dapatkan menjadi tidak maksimal karena kurangnya pencahayaan atau pula spesifikasi kamera smartphone kita yang tidak mendukung. 
Dan untuk menyiasati hal tersebut, terkadang mereka mengggunakan flash sebagai solusi mengatasi pencahayaan yang kurang maksimal.
Padahal penggunaan flash juga belum tentu menjadi jalan keluar yang terbaik untuk mendapatkan gambar yang bagus dan sesuai keinginan. Malah penggunaan flash yang tidak tepat akan membuat hasil foto tidak memuaskan. 
Pada kali ini akan coba mengulas lima cara memotret obyek di malam hari dengan Smartphone Android, seperti dikutip dari Make Tech Easier, berikut ini: 

1. Modus HDR
Anda bisa mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). Modus ini dapat menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat dengan jelas. Anda bisa menentukan sendiri jarak dan angle terbaik agar hasilnya tidak terlalu gelap.

Untuk mengaktifkan fitur ini,  caranya anda tinggal tekan opsi "Mode", lalu kemudian klik "HDR". Pada sebagian perangkat smartphone Android, modus HDR langsung tampil saat membuka kamera. Namun sayangnya, ukuran file foto HDR relatif menjadi lebih besar bila dibanding ukuran file foto biasa.

2. Self-Timer
Cara kedua yaitu dengan menggunakan self-timer saat malam atau bahkan siang hari, itu merupakan ide yang bagus. Bukan hanya akan membantu anda menentukan angle terbaik, tapi juga dapat menghindari hasil foto yang blur.

Lebih baik jika Anda menggunakan waktu mundur 5 atau 10 detik. Waktu ini dinilai paling cocok untuk mencari posisi yang tepat tanpa membuat Anda menunggu terlalu lama.

3. Modus Pro
Ketika anda menekan opsi "Mode" di kamera Smartphone, anda akan menemukan opsi "Pro". Di modus ini anda bisa mengatur pencahayaan pada kamera smartphone secara manual. Jika anda mengerti konsep dasar fotografi, sebaiknya anda pakai modus ini untuk menghasilkan foto yang lebih baik saat malam hari.

4. Tingkatkan ISO
ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO,maka akan  semakin cerah pula hasil fotonya. Begitu juga sebaliknya. Apabila smartphone anda memungkinkan untuk mengatur ISO, anda bisa mengaturnya menuju angka 400 untuk mendapat gambar yang lebih cerah  lagi tanpa bantuan  flash.
Namun anda jangan lupa, jikalau terlalu sedikit cahaya di sekitar objek, hasilnya foto akan terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, maka hasilnya pun akan menjadi over-exposure.

Jika anda sudah menaikkan ISO pada kamera smartphone anda tetapi hasil fotonya masih terlihat buram, bisa jadi anda masih mengaktifkan modus "Anti-Shake" dan HDR. Segera matikan kedua fitur tersebut maka foto akan menjadi terlihat normal.

5. Gunakan Cahaya di Sekitar
Kalau anda masih kesulitan mengambil foto saat malam hari, cara selajutnya adalah gunakan sumber cahaya yang ada di sekeliling anda seperti lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apapun yang memungkinkan obyek gambar anda terkena cahaya.
Itulah 5 cara yang bisa anda coba untuk memotret obyek di malam hari dengan menggunakan Smartphone Android..Semoga berhasil..

0 Response to "5 Cara Memotret Obyek di Malam Hari Dengan Menggunakan Smartphone Android"

Post a Comment