Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ternyata Main Smartphone Sebelum Tidur Bisa Bikin Badan Gemuk Lho!

blogger templates


Ternyata Main Smartphone Sebelum Tidur Bisa Bikin Badan Gemuk  Lho!

Di jaman serba canggih ini bagi sebagian orang bermain Gadget atau Smartphone menjelang tidur malam menjadi suatu kewajiban atau ritual yang mesti dijalankan, Berbagai alasan mereka ungkapkan seperti update status di media social, ng-cek email yang masuk atau pun sekedar browsing atau bermain game, karena mereka beranggapan kalau malam hari adalah waktu yang tepat karena tidak banyak aktifitas yang dikerjakan. Akan tetapi tahukah and ajika terlalu sering main Smartphone Android sebelum tidur bisa bikin tubuh seseorang jadi gemuk, emang bisa?

Dilansir dari Tech Insider (12/6/2017) baru-baru ini para peneliti kesehatan mengungkapkan jika salah satu akibat dari terlalu lama bermain Smartphone sebelum tidur adalah berkurangnya waktu tidur. Ini, berakibat secara langsung akan memicu rasa lapar bagi pengguna Smartphone. Hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam sekali pun.,Maka jika hal tersebut anda lakukan secara rutin maka mau tak mau,, tubuh akan menerima kandungan makanan di luar batas yang telah ditetapkan,akan berakibat tubuh menjadi obesitas.Bahkan dalam beberapa kejadian banyak juga pengguna gadget yang bermain smartphone atau tablet di malam hari menjelang tidur sambil makan makanan ringan sebagai cemilan..

Akibatnya jika kebiasaan makan dimalam tersebut anda lakukan terus menerus  maka akan memicu pada kenaikan berat badan anda, apalagi kalau tidak diimbangi dengan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup maka anda tidak perlu heran kalau dalam jangka waktu yang tidak  lama maka berat badan anda  akan bertambah dan menyebabkan celana anda tidak muat lagi dipakainya.
Akan tetapi ternyata bukan hanya obesitas atau kegemukan yang menjadi bahaya akibat bermain smartphone menjelang tidur. Ada resiko lain bagi kesehatan anda yang akan di alami jika kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur ini tidak segera anda hentikan.

Yang menjadi salah satu penyebab utama mengapa bermain smartphone dalam jangka waktu yang lama sebelum tidur akan membahayakan kesehatan anda adalah akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone anda. Cahaya ini sebenarnya berfungsi untuk membantu pengguna Smarphone agar dapat melihat layar ponsel dengan nyaman di bawah terik sinar matahari. Namun jika layar digunakan dalam ruang gelap, maka efek dari cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan mata anda.


Selain berakibat tidak baik untuk kesehatan mata anda, bermain smartphone sebelum tidur juga bisa menimbulkan resiko kesehatan yang lain, berikut ini penjelasan akibat dari menggunakan Smartphone sebelum tidur menurut para ahli:
  • Kelelahan Otak
Terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur ternyata dapat membuat otak pengguna Smartphone kelelahan. Resiko bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur yang singkat, akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.
  • Gangguan Syaraf
Akibat dari seringnya bermain Smartphone terlalu lama di malam hari menyebabkan kurangnya tidur sehingga akan membuat neurotoxin meningkat.( Neurotoxin, yaitu jenis racun yang menyerang sistem saraf. Racun jenis ini melumpuhkan sistem pernafasan dan merusak otak korbannya yang menyebabkan kematian). mengakibatkan, saraf-saraf  pada tubuh akan terganggu jika kebiasaan ini anda lakukan secara terus menerus.


  • Mengakibatkan Depresi


Dari semua dampak buruk yang disebutkan di atas, risiko terberat yang akan dialami jika pengguna Smartphone terus-menerus melakukan kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur ini adalah bahaya akan depresi.Depresi atau stress bisa saja terjadi akibat kekurangan tidur sehingga hormon melatonin  akan terganggu dan merusak mood atau suasana hati.( hormon melatonin merupakan hormon yang berperan paling penting dalam regulasi fungsi biologis tubuh ).Itulah beberapa akibat yang ditimbulkan oleh bermain Smartphone sebelum tidur, salah satunya adalah menyebabkan obesitas atau kegemukan.

0 Response to "Ternyata Main Smartphone Sebelum Tidur Bisa Bikin Badan Gemuk Lho!"

Post a Comment