Seputar informasi teknologi internet dan Android

Keuntungan Dari Smartphone dengan OS IDOS

blogger templates


Keuntungan Dari Smartphone dengan OS IDOS


Dengan semakin berkembangnya teknologi, terutama yang berhubungan dengan Smartphone, maka  tingkat manfaat dari perangkat smartphone pun terus meningkat. Namun meskipun begitu, masih saja terjadi pencurian data

Seiringnya dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tingkat kegunaan dari smartphone pun terus semakin meningkat. Akan tetapi, semakin canggihnya dari sistem perangkat smartphone ternyata dimanfaatkan pula oleh para penjahat cyber dengan melakukan aksi pencurian data pada perangkat smartphone. Salah satu kejahatan yang dilakukan yaitu dengan menyisipkan malware kedalam sebuah aplikasi. 

Hal ini tentu saja menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna smartphone saat ini. Sebabnya, bisa saja para pelaku kejahatan cyber melakukan pencurian data seperti  kontak telepon bahkan bisa juga  menjebol sistem transaksi perbankan dari pengguna smartphone.
Bisa dikatakan, smartphone sekarang telah menjadi tempat kedua di mana pengguna smartphone menyimpan  seluruh data-data yang bersifat pribadi.Harus diingat bahwa hampir semua aktivitas seseorang sekarang ini dilakukan melalui perangkat smartphone.

Untuk itulah, menjadi sangat penting bagi Anda untuk memilih perangkat smartphone yang canggih dalam usaha menjaga keamanan data dari perangkat smartphone.

Berdasarkan hal tersebut itulah menjadikan salah satu produsen smartphone lokal kini telah mempunyai sistem keamanan ganda pada OS perangkatnya, yaitu Advan G1 PRO. Sistem yang disematkan itu akan mampu memberikan keamanan pada smartphone melalui system operasi IDOS (Indonesia Operating System) 6.1 yang ditanam pada perangkat smartphone tersebut.

Namun timbul pertanyaan  apa saja Keuntungan Dari Smartphone dengan OS IDOS tersebut, bersumber dari situs Liputan6.com berikut dibawah ini coba dijelaskan alasannya.

Perlindungan ganda

Teknologi keamanan yang canggih sekarang ini banyak dicari oleh para pengguna smartphone. Mereka mencari fitur keamanan yang tidak mungkin bisa dijebol oleh orang yang tidak bertanggung jawab Namun memang hingga saat ini hampir disetiap perangkat smartphone sudah memiliki fitur untuk mengunci ponsel.

Namun hal tersebut dirasa belum cukup, pengguna smartphone  perlu memiliki perlindungan ganda demi menjaga kerahasiaan smartphone miliknya.

Antarmuka fitur XLocker di smartphone Advan G1 Pro. 

Akan tetapi, saat ini sudah hadir smartphone yang memiliki sistem penguncian ganda. Dengan disematkannya fitur XLocker, smartphone tersebut mempunyai dua pintu untuk membuka Smartphonenya. Pertama dengan melalui fitur Face Unlock. Dengan fitur ini anda bisa membuka aplikasi hanya dengan memindai wajah Anda sebagai pemiliknya. 

Dan yang kedua melalui Intruder Selfie. Fitur yang tersedia ini sangat menarik karena jika ada seseorang yang dengan sengaja membuka aplikasi pada perangkat smartphone Anda, maka secara otomatis smartphone akan membidik foto dari si pelaku. Dengan begitu, Anda akan mengetahui siapa orang yang ingin membuka smartphone tersebut. 

Menjaga data pribadi

Dengan memiliki perangkat smartphone sudah barang tentu Anda juga akan memiliki dokumen atau data yang bersifat rahasia, misalnya saja kartu kredit. Sudah barang tentu Anda akan menjaga kerahasian data penting tersebut.
Maka dari itulah, sekarang sudah tersedia fitur yang bisa menyembunyikan data-data  tersebut yaitu Ruang Privasi. Dengan fitur tersebut pengguna bisa menyimpan kontak pribadi, SMS, gambar, video, aplikasi dan juga file lainnya di Ruang privasi berfungsi untuk menjamin keamanan privasi  dengan sepenuhnya. Dan yang terpenting adalah hanya Anda saja yang bisa membuka file-file penting tersebut.

Ruangan khusus

Pernahkah Anda merasa cemas ketika suatu waktu meminjamkan perangkat smartphone Anda kepada seseorang termasuk juga kepada teman. Ya memang kecemasan takut data ataupun foto pribadi akan dicuri.
Kini sudah tersedia fitur pada smartphone untuk membagi space atau ruang bagi seseorang yang ingin meminjam perangkat smartphone anda. Fitur yang bernama Guest Mode, fitur ini akan memberikan ruang lebih untuk seseorang yang ingin meminjam smartphone tersebut. Debgan begitu mereka tidak akan bisa masuk atau pun membuka file dan juga gambar milik Anda. 

Aman dari peretas

Kasus pencurian data melalui aplikasi atau malware dilaporkan sering dialami oleh beberapa orang. Terkadang seseorang akan merasa terjebak karena tanpa sengaja membuka aplikasi yang sudah disusupi oleh malware. Bukan tak mungkin, hal ini perlu penanganan secara khusus agar smartphone tidak terkena malware.

Salah satu keunggulan dari system operasi IDOS ialah mampu memproteksi data pembayaran disaat bertransaksi secara online dengan mengenkripsi data dari pengguna smartphone
Beberapa dari produsen perangkat smartphone sudah memiliki cara agar perangkatnya tidak bisa ditembus oleh malware, akan tetapi salah satu fitur yang dijamin aman dari pencurian itu adalah dengan sistem enkripsi data.

Fitur itu mampu menuliskan dengan kode sehingga seluruh data menjadi sulit untuk ditembus oleh para penjahat cyber. Bukan hanya itu, bagi Anda yang sering berbelanja secara online, Dengan melalui system operasi ini mampu melindungi data pengguna smartphone dengan sistem enkripsi serta menggunakan password ketika anda bertransaksi atau berbelanja secara online, sehingga dengan begitu data-data yang terkirim hanya bisa dibuka oleh penerima saja.

Semua itu fitur  sudah tersemat pada Smartphone Advan G1 PRO. Dengan harga yang dibanderol Rp1,799.000 smartphone tersebut sudah memiliki sistem operasi IDOS 6.1 dan dinilai dapat memberikan keamanan yang lebih bagi pemilik perangkat smartphone tersebut.

0 Response to "Keuntungan Dari Smartphone dengan OS IDOS"

Post a Comment