Seputar informasi teknologi internet dan Android

"Panic Mode" Fungsi tersembunyi dari OS Android Nougat 7.1

blogger templates
"Panic Mode" Fungsi tersembunyi dari OS Android Nougat 7.1

Jika anda saat ini memiliki sebuah ponsel pintar maka bersiaplah akan adanya aplikasi yang merugikan bagi software anda, aplikasi tersebut bersifat merusak, aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Malware, banyak pengguna ponsel pintar android yang melaporkan adanya aplikasi perusak pada ponselnya. 

Google menyadari hal tersebut dan untuk membantu mengatasi masalah tersebut maka Google melengkapi OS Android Nougat versi 7.1 dengan mode panik atau "panic mode". Kegunaaan dari mode panik ini adalah sebagai fitur anti-malware yang akan membantu pengguna ponsel pintar untuk keluar dari aplikasi yang sudah membajak tampilan pada Android miliknya dan membantunya kembali ke tampilan homescreen.

Namun ada hal yang menarik, ketika OS Android Nougat 7.1 resmi diluncurkan, Google tidak pernah menyebutkan akan kehadiran dari fitur 'Panic Mode" ini.

Akan tetapi google menyatakan cukup puas karena fitur ini dapat melindungi para penggunanya dari aplikasi malware maupun iklan-iklan yang berbahaya dengan selalu memasukkan fitur keamanan kedalam sistem operasi Androidnya.

Kali pertama fitur ini ditemukan oleh pengembang XDA, selain itu fitur ini bukan sesuatu aplikasi yang dapat digunakan secara aktif juga anda tidak akan bisa mengaksesnya sendiri. Ketika perangkat ponsel android anda muncul aplikasi malware maka fitur yang tersembunyi ini akan segera bekerja secara otomatis.


Dengan "panic mode" ini akan otomatis membantu penggunanya karena layar ponsel akan kembali diaktifkan oleh google dan juga secara otomatis memaksa aplikasi malware agar mundur.

Pada beberapa kasus aplikasi pengganggu dapat menyerang beberapa fungsi dari ponsel anda seperti tidak aktifnya tombol back, tombol home juga tombol lainnya, sehingga menyebabkan ponsel anda tidak bisa kembali ke home screen maupun keluar dari aplikasi tersebut. Dan pada saat itulah anda akan mulai merasa panik dan tidak tahu apa yang terjadi pada ponsel anda tersebut, anda akan bertanya-tanya mengapa ponsel milik anda tidak merespon apa yang diperintahkan untuk keluar dari aplikasi tersebut.
 
Pada saat itulah mungkin anda akan secara terus-menerus menekan tombol back maupun tombol lainnya dan berharap tampilan pada ponsel anda kembali keasal.

Dalam keadaan begitu fitur mode panik akan segera meresponnya, Google akan segera merekam aktivitas yang anda kerjakan dan segera mengetahuinya kalau aktifitas pada penekanan tombol pada ponsel anda dilakukan secara tidak normal

Fitur panic mode ini akan otomatis bekerja jika ada penekanan pada tombol back selama 0,3 detik berturut-turut lebih dari empat kali, maka mode panic yang ada di Android Nougat 7.1 ini akan segera menyingkirkan aplikasi apapun yang ada di android anda dan segera mengembalikannya pada mode home screen.

Menemukan file aplikasi

Sudah barang tentu keberadaan dari fitur ini harus anda ketahui, karena jika tidak begitu mungkin anda kira tombol back pada ponsel anda telah rusak.

Dan kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari apa yang terjadi pada ponselnya sehingga tidak langsung menghapus aplikasi malware yang sudah menyerang ponselnya. Pengguna cenderung tidak menghapus aplikasi malware setelah google mengaktifkan mode panik adalah karena tidak mengetahui tentang fitur mode panik ini.
 
Jadi anda sekarang mengetahuinya ketika perangkat android anda terbebas dari aplikasi dan iklan-iklan yang mengganggu maka anda harus dengan segera menemukan file aplikasi malware pengganggu tersebut dan segera menghapusnya dari perangkat android. 

Dengan semakin pesatnya perkembangan pada sistem operasi Android yang semakin canggih, maka segala usaha yang dilakukan oleh Google untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh penggunanya patut diapresiasi dan diacungi jempol.

0 Response to ""Panic Mode" Fungsi tersembunyi dari OS Android Nougat 7.1"

Post a Comment