Seputar informasi teknologi internet dan Android

"Canggihnya" Ponsel Jadul yang Ngagenin

blogger templates
"Canggihnya" Ponsel Jadul yang Ngagenin

Jika anda yang mengalami masa muda di tahun 2000-an pasti tidak asing lagi dengan berbagai merk hp jadul seperti contohnya Nokia 3310 atau Siemens A55 dan yang lainnya. Hanset yang dikeluarkan padan jaman itu sangat unik dan mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan smartphone yang ada sekarang



"Canggihnya" Ponsel Jadul yang Ngagenin
Hasil gambar untuk siemens a55 Sumber.Amazon.co.uk

Seperti yang dikutip dari laman Detik.com - Ponsel yang dulu ada memang tak secanggih ponsel sekarang, malah sangat jauh tertinggal bila dibandingkan dengan smartphone yang ada pada masa kini. Tapi kadang kita rindu beberapa hal yang ada pada ponsel jaman dulu.


 Fitur apa saja dari berbagai merk hp jadul yang sering dirindukan, mari kita simak diantaranya yaitu

    
1. Ganti Logo Operator

Dalam keterbatasan yang dimiliki ponsel jadul yang masih berwarna hitam putih bisa memunculkan ide kreatif dan menghadirkan keasyikan tersendiri bagi penggunanya.

"Canggihnya" Ponsel jadul yang Ngagenin

Hasil gambar untuk permainan nokia3310 dulu
Sumber.Kaskus.co.id

Misalnya pada bagian menu utama ponsel. Biasanya, tulisan yang tampil di sana salah satunya adalah logo operator yang dipakai. Untuk mempercantik penampilan, logo operator ini bisa diganti dengan gambar atau tulisan. Desainnya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Tampaknya sederhana saja dibanding kustomisasi layar yang sangat beragam pada ponsel zaman sekarang. Namun kala itu sudah menimbulkan hiburan tersendiri.

2. Casing Ponsel Bisa Diganti

Ponsel pada masa lalu tidak banyak yang bisa diunggulkan, dengan keterbatasan perangkat hardware dan sofwarenya, namun salah satu produsennya melakukan gebrakan dengan menghadirkan casing pada ponsel yang bisa kita ganti.

Salah satu produsen ponsel yang gencar menawarkan ponsel yang bisa diganti casing nya adalah Nokia, juga Siemens yang kini gulung tikar pernah juga beberapa kali membuat hal yang serupa.


Malah, Nokia pernah punya ide kreatif. Yakni merilis ponsel di mana casingnya bisa dimasuki kertas yang didesain sesuai dengan keinginan penggunanya.

Memang saat ini, beberapa smartphone juga bisa diganti casingnya. Namun gaung fitur tersebut tidak lagi seheboh zaman dahulu.

3. Baterai Tahan Lama

Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh ponsel jaman sekarang adalah baterainya yang mampu bertahan lama,berbeda dengan smartphone sekarang yang menyedot baterai dengan cepat.

Fitur sederhana dan layar hitam putih membuat ponsel masa lalu garang dalam soal baterai. Cukup sekali isi ulang bisa bertahan sampai berhari-hari. Philips pernah membanggakan seri Xenium yang dibekali baterai sangat tahan lama. Seri keluaran Nokia, Samsung ataupun Motorola juga rata-rata punya baterai awet.

Jadi, tidak perlu kesusahan jika charger ketinggalan. Tidak perlu juga membawa bawa power bank.

4. Snake & Space Impact

Game ponsel masa lalu jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan ponsel masa kini yang dibekali grafis maupun sistem permainan tingkat tinggi. Namun jangan salah, game masa lalu bisa juga bikin kecanduan.

"Canggihnya" Ponsel jadul yang Ngagenin
Hasil gambar untuk permainan nokia3310 dulu
Sumber.eksisbanget.com

Sebut saja Snake atau Space Impact. Keduanya adalah game yang biasanya sudah terinstall dalam ponsel Nokia. Dalam Snake, pemain bertugas membuat tubuh ular menjadi panjang tanpa menabrak. Space Impact menghadirkan pesawat terbang yang menembaki musuh.

Keduanya menjadi fitur yang banyak digunakan. Pada masa itu, sudah cukup menarik untuk menghabiskan waktu luang.

5. Ringtone Composer

Ponsel jadul biasanya hanya memiliki nada suara sederhana atau monoponik. Meski ala kadarnya, nada suara ini pernah menghadirkan keasyikan tersendiri.

Yakni dalam fitur yang disebut sebagai ringtone composer. Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa membuat nada dering yang bermacam-macam. Bahkan, ada buku yang berisi khusus cara membuat nada dering dengan irama lagu-lagu terkenal. Dulu, buku semacam ini cukup laris.

Biasanya, ringtone composer sudah ada sebagai fitur bawaan di ponsel zaman dulu. Terutama di handset-handset keluaran Nokia.

6. Tahan Banting

Tanpa dilabeli tahan banting pun, ponsel jaman dulu biasanya punya desain yang cukup tangguh. Terjatuh berkali kalipun, si ponsel biasanya selamat sehat wal afiat.

Beda dengan smartphone masa kini yang biasanya bikin cemas yang empunya. Jika terjatuh ke lantai, bukan tidak mungkin layar sentuhnya yang mahal rusak. Beda kejadiannya dengan ponsel masa lalu, sebut saja Nokia 3310. Bahkan sampai beberapa generasi dan terjatuh berkali kalipun, masih ada yang mampu bertahan hidup.

Jika bentuknya menjadi tidak karuan atau casingnya merenggang, jaman itu menjadi hal yang biasa. Bahkan ada pengguna yang mengakalinya dengan memasang karet atau selotip untuk merekatkan bodi ponsel.Sangat kreatif...

7. Desain Nyeleneh

Ponsel, terutama smartphone masa kini boleh dibilang punya desain yang sama. Biasanya dengan layar sentuh berukuran besar dan sedikit tombol saja.


"Canggihnya" Ponsel jadul yang Ngagenin
Hasil gambar untuk нокиа 3310
Sumber.Amazon.co.uk


Beda dengan ponsel dari jaman dahulu kala. Desainnya sangat beragam, malah beberapa terlihat aneh. Terutama Nokia yang ketika itu berstatus produsen ponsel terbesar di dunia. Mereka sangat rajin merilis ponsel dengan desain nyleneh.

Tengok saja Nokia 6800. Desainnya memadukan ponsel candybar dipadukan keybard full qwerty. Unik bukan dan menarik.

Sumber.https://inet.detik.com/consumer/d-3546047/kecanggihan-ponsel-jadul-yang-bikin-kangen

0 Response to ""Canggihnya" Ponsel Jadul yang Ngagenin"

Post a Comment