Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Fungsi Tersembunyi Dari Tombol power Pada Android yang harus anda tahu

blogger templates


5 Fungsi  Tersembunyi Dari Tombol power Pada Android yang harus anda tahu


Ketika pertama kali memakai Smartphone Android kebanyakan orang langsung jatuh cinta dan merasa nyaman dibandingkan ketika memakai ponsel generasi sebelumnya yang masih dengan tombol Qwerty nya, jadi sangat wajar jika saat ini banyak yang beralih dan menggunakan Smartphone Android untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai sarana komunikasi messenger lewat aplikasi chat Whatsapp atau pun melalui jejaring social semisal Facebook dan lain sebagainya. 

Yang menjadi keunikan dari Smartphone Android  adalah pada penggunaan tombol navigasi fisik yang sedikit seperti pada tombol power on/off, home, back, menu (recent) dan volume, tetapi ternyata system operasi pada Smartphone Android begitu mudah digunakan atau dengan Bahasa lain User Friendly sehingga anak kecil sekalipun akan mampu mengoperasikannya.
Jika kita berbicara akan fungsi dari masing-masing tombol navigasi fisik pada Smartphone Android tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Akan tetapi anda mungkin belum mengetahui salah satu tombol Smartphone Android memiliki multifungsi, pertanyaannya tombol apakah itu?Tombol yang dimaksud adalah tombol Power.
Dan bagi anda pengguna smartphone yang selama ini masih mempunyai anggapan kalau tombol power Android hanya sebatas untuk menghidupkan dan mematikan Smartphone Android saja, anda mungkin salah.
Tetapi setelah anda membaca artikel tentang fungsi yang tersembunyi dari tombol power Android ini anda menjadi lebih tahu fungsi dan kegunaannya diantaranya adalah :
1. Untuk Mengunci Layar (Lock Screen)
Fungsi utama dari tombol power ini adalah untuk menghidupkan dan mematikan perangkat Smartphone Android anda, akan tetapi masih ada fungsi yang lain dari tombol power ini yaitu digunakan untukmengunci layer, Maksud dan tujuannya adalah untuk mencegah agar supaya layar smartphone tidak tersentuh secara tidak disengaja.
Akan tetapi jika anda ingin lebih dari sekedar untuk mengunci layar untuk keamanan smartphone, anda bisa dengan menambahkan pengunci layar dalam bentuk Pola ataupun PIN/Password, caranya adalah masuk dulu ke menu pengaturan yang ada di dalam Smartphone Android anda.
2. Untuk Mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Caranya adalah anda hanya cukup menekan tombol power pada perangkat Android selama beberapa detik, setelah itu anda bisa langsung mengaktifkan Mode Pesawat, dengan kata lain tombol power pada perangkat Android ini bisa dijadikan jalan pintas untuk mengaktifkan fitur Mode Pesawat (Airplane Mode).
Fungsi dari fitur mode Pesawat (Airplane Mode) ini adalah untuk keselamatan pada maskapai penerbangan pesawat,selain itu fungsi dari fitur mode pesawat yang lainnya adalah :

  1. Bisa menghemat pemakaian batera
  2. Dapat mempercepat dalam pengisian daya baterai
  3. Merefresh sinyal (jaringan internet) 
  4.   Juga untuk mempercepat kinerja pada perangkat Smrtphone Android, dan lain sebagainnya


3. Untuk Mengambil Gambar Layar (ScreenShot)
Ketiga, fungsi yang lain dari tombol power adalah jika kita kombinasikan atau ditekan secara bersamaan dengan tombol Volume Up/Down maka perangkat Smartphone akan menagkap gambar yang ditampilkan dilayar Android yang kemudian akan tersimpan secara otomatis pada menu gallery.

Namun yang perlu diketahui adalah penggunaan tombol power untuk mengambil gambar screenshot diperangkat android akan berbeda-beda tergantung jenis dan merek dari Smartphone anda, selain kombinasi antara tombol power dan tombol volume, ada pula yang mengkombinasikannya dengan tombol home.
.
4. Untuk Masuk ke Recovery Mode

Pada system Android terdapat menu Recovery Mode  yang berguna untuk memperbaiki  kerusakan pada software Android itu sendiri.,dan untuk dapat masuk ke menu recovery mode kita harus menggunakan kombinasi tombol antara tombol power  ditambah  tombol volume dan tombol menu.


5. Untuk Mengaktifkan ke Mode Aman (Safe Mode)

Fungsi tersembunyi dari tombol power pada Android
lain yang kelima  adalah dapat kita manfaatkan untuk masuk ke fitur safe mode dengan cara:
  1. Matikan terlebih dahulu perangkat Smartphone Android Anda
  2.  Lalu tekan dan tahan tombol power
  3.  Setelah proses boot sedang berjalan, silahkan Anda tekan dan tahan tombol volume Up dan      Down secara bersamaan

Fitur safe mode ini diyakini mampu untuk menghilangkan file-file yang terinfeksi virus maupun aplikasi malware yang berbahaya, sehingga dapat meningkatkan kinerja dari pada Smartphone Android itu sendiri.

Demikianlah 5 fungsi  tersembunyi dari tombol power pada Android yang harus anda tahu
Semoga bermanfaat,terima kasih

0 Response to "5 Fungsi Tersembunyi Dari Tombol power Pada Android yang harus anda tahu"

Post a Comment