Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Fungsi Kamera Smartphone Android Yang Tersembunyi

blogger templates


5 Fungsi Kamera Smartphone Android Yang Tersembunyi
Smartphone selain sebagai alat komunikasi  juga sebagai sarana untuk berbagi kenangan momen berharga berupa foto yang diabadiakan lewat kamera, namun selain berfungsi sebagai alat untuk mengabadikan momen, kamera smartphone khususnya pada Android ternyata memiliki banyak fungsi lain yang jauh lebih bermanfaat.
Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya fungsi yang lainnya sehingga kamera hanya dipergunakan sebatas untuk foto narsis atau foto selfie saja.
Dan ternyata perangkat smartphone memiliki banyak fungsi dan keunggulan sehingga dikatakan sebagai ponsel pintar. Dengan kata lain jika selama ini anda hanya menggunakan kamera ponsel Android sekedar untuk berfoto selfie saja, itu artinya ponsel Android yang anda miliki masih difungsikan sebagai Fitur Phone saja.
Padahal Jika kita berkeinginan untuk mempelajari dan berkeksplorasi dengan beragam aplikasi yang ada dan bisa kita dapatkan dengan mudah dan gratis di Google Play Store, kita bisa mengkombinasikan kamera kita sehingga menjadi jauh lebih bermanfaat. Berikut ini 5 fungsi dari kamera Smartphone Android yang tersembunyi yang dikutip dari The Verge :
Menerjemahkan bahasa (translater)



Selain untuk berfoto ria ternyata kamera Android dapat pula difungsikan sebagai alat translater visual. Caranya, cukup mudah yaitu dengan menginstall aplikasi Google Translate/Word Lens yang ada di Google Play Store, setelah itu untuk menerjemahkan sebuah gambar/visual pilih ikon kamera di aplikasi tersebut. Selanjutnya arahkan kamera smartphone anda pada tulisan visual yang ingin diterjemahkan. Maka secara otomatis aplikasi akan menerjemahkan kata yang ada pada gambar tersebut sesuai dengan bahasa yang kita inginkan.
Menemukan venue (lokasi) menarik


Selain itu fungsi menarik lainnya dari  kamera android  adalah memiliki kemampuan untuk dapat menemukan tempat tempat atau lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Caranya, adalah pertama kita harus menginstal terlebih aplikasi yang bernama Yelp yaitu sebuah aplikasi penanda lokasi. Jika kita sedang berjalan jalan disuatu tempat yang menarik, lalu kita ambil gambar sebuah tempat makan/lokasi tersebut maka akan terlihat review atau ulasan tentang tempat itu.Dengan begitu kita bisa memilih tempat yang paling bagus berdasarkan review terbanyak.
Pencarian visual


Fungsi canggih pada kamera smartphone android lainnya adalah sebagai alat pencarian visual. Seperti yang ada dalam film film robot produksi luar negeri, kita bisa memanfaatkan kamera untuk mencari informasi tentang segala sesuatu yang kita foto. Caranya, install aplikasi Google Goggles. Setelah diinstal kita tinggal jalankan aplikasi tersebut dan mengarahkan kamera ponsel pada objek. Dalam sekejap Google akan memberikan informasi terkait dengan objek yang kita bidik tersebut.
Scanner



Resolusi tingginya pada kamera smartphone android dapat juga kita manfaatkan untuk melakukan pemindaian terhadap dokumen cetak yang kemudian dapat kita konversi ke dokumen digital dalam bentuk word, text, atau pdf. Caranya,adalah pertama kita harus menginstall aplikasi OCR Instanly terlebih dahulu, kemudian potret dokumen yang ingin kita pindai melalui kamera android tersebut.

Membaca kode QR


Kode QR (Quick Responsive) adalah bentuk gambar yang memuat info tentang sebuah produk. Kita juga dapat memanfaatkan kamera android sebagai pembaca kode QR sehingga dapat menemukan info lebih cepat dan mudah. Caranya kita install terlebih dahulu aplikasi pembaca QR Code dan kemudian mengarahkan kamera android anda pada kode tersebut.

Itulah 5 fungsi dari Smartphone Android yang tersembunyi yang mungkin belum anda ketahui semuanya. Dengan bantuan beragam aplikasi tambahan kita dapat memaksimalkan fungsi setiap fitur kamera smartphone Android yang kita miliki. Selamat mencoba.

0 Response to "5 Fungsi Kamera Smartphone Android Yang Tersembunyi "

Post a Comment