Seputar informasi teknologi internet dan Android

Istilah-istilah Populer Dalam Sistem Operasi Android

blogger templates


Istilah-istilah Populer Dalam Sistem Operasi Android :


Android saat ini merupakan nama yang sudah familiar dan sering kita dengar untuk saat ini, Android seakan  sudah menjelma menjadi salah satu sistem operasi yang digunakan untuk smartphone yang paling banyak peminatnya. 

Kita sebagai pengguna atau pecinta perangkat android ini tentu merasa kurang sreg jika tidak tahu dan mengerti istilah-istilah atau pula  singkatan-singkatan yang ada didalam perangkat Android tersebut.
Dengan mengetahui istilah-istilah ataupun singkatan yang ada akan membuat kita lebih mengerti apa itu Android, Karena kebanyakan dari kita hanya mampu menggunakan perangkatnya saja tanpa tahu arti atau istilah yang ada di perangkat Android itu.

Karena tentunya menggunakan android saja belum tentu dapat mengerti apa saja istilah yang ada di dalam android, dengan mengetahui lebih dalam lagi istilah-istilah tersebut akan membuat kita lebih memahaminya, ada banyak sekali istilah istilah penting yang terdapat pada android ini. Istilah ini akan membuat kita mengerti akan  kegunaan dari setiap istilah yang ada di Android itu tentunya.
Istilah dan singkatan ini diambil dari berbagai sumber terutama di Internet, Karena kita bisa dengan mudah mencari informasi apapun melalui internet, contohnya artikel yang sedang anda baca ini.

 Mungkin masih belum banyak orang yang mengtahuinya, terutama bagi orang yang masih newbi atau orang yang baru mengenal android, akan tetapi jika anda sudah mendalami android ini sudah sejak  lama pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada dibawah ini.
Berikut ini adalah beberapa istilah dan singkatan di android yang sudah dirangkum,silahkan anda simak…

A
ADB (Android Debug Bridge) adalah aplikasi yang berjalan di komputer (mirip command prompt) yang fungsinya  adalah untuk berkomunikasi dengan ponsel yang terkoneksi ke PC. Beberapa proses rooting Ponsel Android akan menggunakan ADB.
AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan layar display ponsel yang memiliki tingkat warna dan kecerahan yang sangat baik.
Android Market : Tempat dimana seluruh aplikasi Android dapat dilihat dan didownload, sekarang  dikenal Google Play Store setelah berganti nama.
APK file (application package file) adalah applikasi mentah (bisa disebut installer) dari OS Android.
Apps : Singkatan dari “applications” atau aplikasi. Program yang telah kita download dan jalankan di perangkat ponsel kita. Bisa berupa aplikasi gratis atupun juga bisa berbayar.

B
Backup : Cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yang di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore.
Bootloader adalah software paling dasar yang ada di ponsel yang berfungsi untuk menjalankan OS Android untuk pertama kalinya. Kebanyakan Bootloader akan terkunci sehingga membuat proses root lebih sulit. Bootloader yang sudah terbuka memungkinkan ponsel diroot dan juga ROM dapat di-flash.
Bootloop : Device melakukan boot terus menerus (berulang-ulang) / terjebak di bootanimation, tidak dapat masuk ke OS. Akibat kesalahan flashing atau ada file milik system yang tidak berjalan dengan baik.
BSOD : Blue screen of death.
BRICK(ed) : Kondisi dimana Device android tidak dapat digunakan lagi, akibat kesalahan ketika melakukan flashing Firmware atau karena kerusakan fisik sehingga bisa diibaratkan seperti batu-bata (brick).
Bug : Permasalahan (error) yang terjadi pada sistem atau aplikasi di ponsel. Digambarkan seperti bug (serangga) yang mengganggu.

C
Cache2SD : Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard.
Custom ROM adalah modifikasi dari OS Android. Biasanya akan terdapat fitur tambahan, tampilan yang berbeda, lebih cepat, ataupun versi Android yang belum dirilis secara resmi di ponsel. Contoh Custom ROM salah satunya adalah Cyanogenmod.

D
Data2SD : Mekanisme memindahkan otomatis semua data di /data/ internal memory ke /data/ di SD Card.
DLNA : Singkatan dari Dynamic Living Network Alliance, suatu metode untuk men-stream foto dan video secara nirkabel dari smartphone kita ke TV.

F
Factory Reset : Prosedur untuk mereset dan mengembalikan ponsel anda ke keadaan asal (bawaan dari pabrik).
Fastboot : Mode yang mirip dengan bootloader, dimana kita bisa memflash komponen low-level ke telepon kita.
FC (force close) : adalah suatu keadaan ketika suatu applikasi yang mendadak mati/error.

Firmware : Firmware sendiri dapat dikatakan sebagai versi dari operating system. Flashing Hanya dilakukan untuk advance user.Framework-res : File yang dipakai untuk tema di sistem Android.
Flash/Flashing : bisa diartikan menginstall ROM, kernel, ataupun apapun juga dalam format file ZIP.

G
Gesture : Pada dasarnya kata gesture yang berarti gerakan. Namun dalam istilah dunia gadget khususnya Android kata “Gesture” sendiri berarti input gerakan jari pada layar untuk menjalankan perintah tertentu, seperti mengetik dengan “Gesture Control” misalnya, dimana pengguna hanya cukup menyapu jari tangannya pada huruf-huruf yang tersedia pada keyboard dilayar ponsel hingga membentuk sebuah kata yang diinginkan.
Google Now : Aplikasi asisten yang dapat membantu untuk memberikan banyak informasi yang berada di sekitar seperti lokasi, cuaca, jadwal film
Google Play merupakan pusat repository/toko aplikasi resmi buatan Google dimana user dapat mendowload game, aplikasi, musik, video dan ebook baik yang berbayar ataupun gratis. (catatan : sebelum bulan  Maret 2012 nama sebelumnya yang dipakai adalah Android Market).
Gorilla Glass adalah layar kaca tipis buatan Corning yang kuat, anti gores yang biasa dipakai oleh smartphone ataupun tablet kelas high-end, namun sekarang sudah disematkan juga pada smartphone low-end
GPU : Graphics Processing Unit adalah hardware yang berfungsi khusus membaca grafik, detail pixel, detail warna, rendering, dan semua yang berhubungan dengan pengolahan gambar dan video.

H
Hard reset adalah tindakan mengembalikan kondisi ponsel ke konfigurasi awal sama saat ponsel pertama kali kita beli. Proses ini akan menghapus semua data user, setting custom, dll.

K
KERNEL : Menyediakan akses hardware dari OS. Kernel yang terinstall di Android dan berasal dari Linux.

L
Launcher : Bagian User-Interface dari Android Home screen yang memungkinkan anda melakukan panggilan telepon, menjalankan applikasi, dll.
LBS (Location Based Sistem) : Merupakan sistem yang berbasis lokasi, seperti halnya aplikasi foursquare dan facebook places di smartphone Android.

M
MTP : Kependekan dari Media Transfer Protocol untuk melakukan file transfer lebih mudah dimana Android tidak perlu melakukan mouting pada Memori Eksternal sehingga memori Android jadi lebih aman.
Multitouch : Sebuah fitur touchscreen yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

N
NFC (Near-field communication) memiliki fungsi menghubungkan handphone dengan device lain (handphone, alat pembayaran instan). NFC di Android saat ini dipakai bersamaan dengan Google Wallet sebagai alat pengganti kartu kredit.

O
OTA (Over the Air) biasanya dipakai untuk mendownload data ataupun proses upgrade applikasi ataupun OS.
OVERCLOCK : Meningkatkan kecepatan prosesor, GPU, ataupun memory dari standar bawaan yang diset oleh vendor. Tindakan ini akan membuat ponsel berjalan lebih cepat dengan resiko baterai akan lebih boros, ataupun kerusakan hardware. Sedangkan Underclock merupakan kebalikannya.


P
PPI : Pixels per Inch. Satuan untuk tingkat kerapatan pixel (density). Semakin besar angkanya berarti semakin banyak jumlah pixel setiap inchi berarti semakin baik tampilan grafik/gambar.
Proximity sensor adalah sensor yang mampu mendeteksi keberadaan suatu benda yang mendekat tanpa perlu ada kontak fisik. Fungsi Proximity sensor di Android akan membuat layar ponsel meredup / mati saat didekatkan ke wajah untuk menghemat baterai.

R
Recovery Mode merupakan sistem OS terpisah dari Android yang biasa dipakai untuk administrasi sistem Android (backup data, flash ROM, dan perubahan sistem). Contoh:
Clockwork dan Amon Ra.
Reset(hard,soft) : Adalah pengaturan ulang sistem setting pada Android supaya kembali pada pengaturan awal.
Root : Arti Root Android adalah memodifikasi Android sehingga memberikan pengguna akses penuh ke handphone Android. Mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux. Ada dua cara untuk me-root, pertama dengan menginstall applikasi Superuser atau men-flash Custom ROM yang sudah menyertakan akses Root.

S
SDK kependekan dari Software Development Kit adalah alat untuk membuat software atau aplikasi untuk para developer app di Android.
Sideload adalah menginstall aplikasi dari luar Google Play baik melalui file APK ataupun dari repository lain.
Soft reset : Mereset ponsel tanpa mengubah / menghapus data. Soft reset bisa dilakukan oleh aplikasi ataupun dengan cara melepas baterai.

T
Tethering adalah membagi (share) akses internet yang ada di smartphone Android ke device seperti Smartphone, ataupun laptop  baik dengan kabel USB (Wired Tether) ataupun Wifi (Wireless Tethering).
TouchWiz adalah tampilan muka (user interface) yang terinstall secara default di semua handphone atau tablet terutama buatan Samsung.
Tweak : Sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi atau proses yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi.

U
UI (User Interface) : Tampilan pada HH (sama seperti Interface).
Underclock : Lawan dari OverClock, menurunkan kecepatan clock prosesor HH, Kinerja prosesor akan menurun, dengan konsekuensi penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Underclock sepertinya bisa dilakukan pada stock rom dengan syarat HH sudah di root
.
Unlock Bootloader : Membuka kunci bootloader.
Unrooting/Unroot : Lawan dari proses rooting, mengembalikan priveledge/hak akses Android ke posisi semula, mengembalikan status garansi di Device anda (dengan syarat garansinya memang masih berlaku) , Jika ada aplikasi yang memerlukan akses root, setelah unroot, aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan lagi.

W
Widget : Aplikasi mini yang ditaruh di layar Home Screen dan dipakai untuk menunjukkan info tertentu (weather widget, currency widget dll)

Itulah sebagian dari Istilah-istilah Populer Dalam Sistem Operasi Android  yang diharapkan anda akan lebih memahami arti dan istilah tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Istilah-istilah Populer Dalam Sistem Operasi Android "

Post a Comment