Seputar informasi teknologi internet dan Android

Seriusnya Bahaya yang Mengancam Pada Fitur Terbaru dari Snapchat

blogger templates
Seriusnya Bahaya yang Mengancam Pada Fitur Terbaru dari Snapchat

https://manggadget.com/wp-content/uploads/2016/04/Cara_Main_Snapchat.jpg
 Sumber : manggadget.com

Dikutip dari Detik.com- Bagi pengguna Snapchat di Indonesia, sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, ada ancaman serius di fitur baru aplikasi ini. Jika lengah, bisa-bisa keselamatan Anda dalam bahaya.

Fitur baru yang dimaksud adalah Snap Map yang telah resmi dirilis pekan lalu. Untuk bisa menggunakan fitur baru berbagi lokasi di layanan peta ini, pengguna cukup memperbarui aplikasinya saja.

Namun pada fitur Snap Map ini, tak semua pengguna sadar. Begitu pengguna setuju untuk berbagi lokasi di peta, itu artinya lokasi Anda di manapun dan kapan pun, akan langsung muncul di peta, setiap kali membuka aplikasinya.

Memang, pada awalnya, Snap ingin memanjakan penggunanya untuk urusan kemudahan dalam berbagi lokasi setiap kali penggunanya menggunakan fitur Snaps to Our Story. Tujuannya agar pengguna lainnya bisa mendapatkan rekomendasi tempat asyik yang dikunjungi temannya, misalnya.

Sayangnya, tak semua pengguna paham betul akan fitur ini, dan tidak melakukan setting privasi di awal-awal. Alhasil, setiap kali pengguna membuka aplikasi ini, Snap akan otomatis memberitahu ke semua pengikut maupun daftar teman sang pengguna, lokasi terakhir ia berada.

Bayangkan jika kita sedang berada di rumah sendirian, dan iseng membuka aplikasi itu karena ada pesan masuk atau notifikasi lainnya, fitur geotagging lokasi sang pengguna akan langsung tersebar secara otomatis.

Celakanya, fitur ini jelas rentan disalahgunakan. Rumah sang pengguna Snapchat bisa disatroni maling, atau lebih seram lagi, orang yang berniat mencelakakan kita. Semua mungkin saja karena data lokasi pengguna sudah demikian terekspos.

Kekhawatiran ini sudah mulai disuarakan oleh sejumlah media teknologi ternama di luar negeri begitu menjajal aplikasi ini. The Verge, misalnya, seperti dikutip detikINET, Sabtu (1/7/2017), sampai membuat tulisan khusus untuk memperingatkan para pengguna Snapchat.

Pasalnya, aplikasi buatan Evan Spiegel dkk ini begitu digemari remaja saat ini. Bukan tak mungkin karena lengah dan ketidaktahuan mereka dalam menggunakan layanan aplikasi ini, mereka malah membuka celah untuk mencelakakan diri sendiri.

The Verge pun langsung mengontak pihak Snapchat untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Dari penjelasan perwakilan Snap, diakui memang peta lokasi pengguna masih akan muncul dari saat terakhir ia membuka aplikasinya, misalnya 1 jam atau 2 jam yang lalu.

Lokasi geotagging itu katanya hanya akan bertahan dalam beberapa waktu saja. Begitu lewat dari 8 jam, lokasi pengguna akan otomatis hilang dari peta--sampai sang pengguna membuka kembali aplikasi Snap.

Jadi, bagi Anda pengguna Snapchat yang ingin menonaktifkan Snap Map, sebaiknya pilih mode 'Ghost Mode' di bagian ikon pengaturan yang posisinya ada di sebelah kanan atas. Ingatkan juga teman-teman kalian akan potensi bahaya ini

Sumber.Detik.com

0 Response to "Seriusnya Bahaya yang Mengancam Pada Fitur Terbaru dari Snapchat"

Post a Comment