Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ciri Yang Harus Diwaspadai Ketika Balita Kecanduan Gadget

blogger templates


 Ciri Yang Harus Diwaspadai Ketika Balita Kecanduan Gadget 


Bersumber dari Daily Mail mengungkapkan sebuah penelitian yang mecengangkan bahwa satu dari tiga balita sudah mengenal dan menggunakan teknologi Gadget masa kini seperti Tablet, Smartphone ataupun Laptop, bahkan sebelum mereka bisa mengucapkan kata.

Sekarang dengan kemajuan teknologi yang menjadi fenomena masa kini telah dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia.
Bukan hanya bisa memudahkan semua urusan juga dapat mempersingkat waktu jika kita ingin mencari berbagai informasi, kita tinggal browsing melalui internet dengan menggunakan berbagai gadget.Dengan kemajuan teknologi sekarang ini dapat memberi kesempatan pada kita untuk berkomunikasi satu sama lain walau berada di suatu tempat yang berbeda jauh, bahkan dengan seseorang atau sesuatu yang sebelumnya kita tidak mengenalnya.

Walaupun membawa keuntungan bagi berbagai pihak, ternyata teknologi juga bisa berdampak buruk utamanya bagi anak balita., Teknologi yang berbentuk Video game, tablet ataupun Smartphone
Teknologi dalam bentuk video game, tablet, ponsel, atau sarana media sosial lainnya  merupakan substitusi untuk televisi bagi mereka.

Tidak sedikit jumlah generasi millenium yang sekarang ini terlihat sangat bergantung pada gadget mereka. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa 1 dari 3 balita menggunakan gadget sebelum mereka bisa mengucapkan kata-kata Pasalnya, perangkat teknologi ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan mental mereka.

Tentunya anda tidak ingin si buah hati tergolong sebagai salah satu dari mereka yang terbukti ketagihan pada teknologi. Apa saja tanda-tandanya, baik yang terlihat secara jelas maupun tidak, yang mengindikasikan bahwa anak anda sedang  ketergantungan gadget?

Berikut ciri yang harus diwaspadai ketika balita kecanduan gadget menurut dua orang psikiater dan psikolog berkewarganegaraan Inggris, Richard Graham dan Jay Watts, seperti dikutipr dari Daily Mail, Rabu (10/8/2016):

  • Akan menolak untuk melakukan berbagai aktivitas lain yang tidak berhubungan sama sekali dengan teknologi, seperti yang kita lakukan sewaktu kita kecil dan belum ada teknologi secanggih sekarang seperti bermain kelereng, atau petak umpet.
  • Susah fokus, dipanggil tidak menjawab dan tidak peka akan apa pun yang ada di sekelilingnya, dikarenakan mereka lebih asyik bermain gadget sehingga tidak memperdulikan apa yang ada disekitarnya, walupun yang memanggil adalah orang tua mereka sendiri
  • Suasana hatinya menjadi cepat berubah dan sering melawan atau berargumen dalam pembicaraan.
  • Sering berbohong, bahkan kepada orang tuanya sekalipun
  • Akan nampak terlihat stres atau tidak nyaman ketika dijauhkan dari gadget miliknya.
  • Selalu yang mereka bicarakan adalah soal teknologi atau game secara terus menerus

Jikalau anak anda menunjukkan gejala-gejala yang disebutkan diatas, maka sebaiknya anda segera melakukan digital detox atau pembersihan pada otak dan mental anak anda.
Caranya bisa kita mulai dengan apa yang paling tidak disukai oleh mereka seperti menyembunyikan gadget mereka namun jika mereka mau melakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan gadget, baru mereka boleh kembali menggunakannya, .Aktivitas tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat ketergantungannya akan gadget.

Kita juga bisa mencoba cara lainnya yaitu dengan mengurangi waktu bermain gadget, akan tetapi itu bukanlah hal yang mudah, Karena akan membuat si anak menjadi marah dan kecewa, adapula yang menangis sejadi-jadinya tanpa berhenti, akan tetapi beberapa strategi ini penting anda terapkan untuk jangka panjangnya sehingga anak kita tidak kecanduan lagi akan gadget

Itulah beberapa ciri yang harus diwaspadai oleh para orang tua ketika balita kecanduan gadget ,semoga artikel ini membawa manfaat, wassalam.

0 Response to " Ciri Yang Harus Diwaspadai Ketika Balita Kecanduan Gadget "

Post a Comment